Blogger Jateng

Mengenali Ciri-Ciri Interior dan Eksterior Mobil Bekas Banjir

Saat ini pangsa mobil bekas kian menjamur dimana-mana khususnya di kota besar. Salah satu pendapatberbelanja mobil bekas yakni harganya yang lumayan miring.

Beberapa tips membeli kendaraan beroda empat bekas tentunya banyak dishare di berbagai susukan online mulai dari cek body, odometer, mesin, kaki-kaki sampai ban. 

Namun dibalik harga miring tadi, para pembeli mesti waspada jikalau ada yang memasarkan mobil bekas jauh di bawah pasaran. Bisa jadi mobil tadi bekas banjir.

Beberapa kota khususnya Bekasi dan Jakarta tentu sering dilanda banjir besar saat puncak penghujan. Nah banyak para pemilik kendaraan beroda empat lantas memasarkan mobil yang kebanjiran tadi biar kerugian tidak semakin banyak.

Dalam beberapa dilema, kerusakan kendaraan beroda empat alasannya banjir mungkin tidak muncul dalam riwayat kendaraan. Anda harus jeli melihat ciri-ciri fisik sederhana pada mobil bekas banjir untuk mengenali hal ini.
Hati-hati mobil bekas kebanjiran
Beberapa ciri atau bagian kendaraan beroda empat yang diidentifikasi sudah terkena banjir.
1. Bau Apek di Kabin
Bau apek atau jamur dalam interior kendaraan beroda empat mengambarkan ada penumpukan jamur hasil dari paparan air yang cukup lama. Coba buka jok mobil kemudian lihat apakah ada bekas karat atau jamur atau mungkin sisa lumpur di sela-sela rangka.

Waspada jika kabin kendaraan beroda empat mempunyai busuk parfum yang menyengat atau wangi larutan pembersih. Bisa jadi pedagang berupaya menutupi sesuatu. Jalankan AC, apakah anyir jamur itu berasal dari ventilasi atau bukan.

2. Karpet Mobil
Noda besar atau perbedaan warna antara cuilan jok bawah dan atas mampu menawarkan air pernah menggenang lama di area tersebut. Pelapis gres pada kendaraan beroda empat bekas juga mampu menjadi tanda anda harus hati-hati.

3. Tanda Penumpukan Air
Cara lain melihat mobil bekas kebanjiran adalah dengan melihat embun di beberapa titik seperti lampu utama, lampu belakang hingga di selang-selang mesin mobil.

4. Rangka
Kadang kita malas menyaksikan rangka kendaraan beroda empat sebab harus turun ke bawah, tetapi intinya dengan melihat rangka kita bisa melihat apakah karat kendaraan beroda empat sungguh banyak atau ada indikasi bekas lumpur mengendap.

Suspensi yang berkarat mampu menjadi indikasi mobil terendam air dalam waktu cukup lama. Kaprikornus tentukan anda cek serpihan bawah mobil.

5.Karat
Salah satu indikator yang menonjol dari kendaraan yang rusak akhir banjir adalah karat dan korosi. Periksa di bawah bangku untuk setiap logam berkarat, serta bagasi kendaraan. Juga pastikan untuk menyelidiki engsel pintu, perangkat keras logam, dan bahkan pintu itu sendiri. Korosi ialah masalah yang akan berlanjut usang sehabis air banjir surut, jadi itu yaitu langkah penting yang harus diambil di saat mencari gejala mobil yang rusak balasan banjir.

Itulah tips melihat ciri fisik kendaraan bekas banjir, jadi kalian pelanggan mesti terpelajar sebelum berbelanja supaya kerugian dapat dihemat.