Blogger Jateng

Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Geografi dan Jawabannya

UNBK alias cobaan nasional sekarang udah gak ada lagi, tetapi jangan senang dahulu karena sekarang akan datang AKM alias Asesmen Kompetensi Minimum. Soal AKM ini membutuhkan konsentrasi lebih tinggi dibandingkan UNBK, hayo nyesel gak UN diganti AKM?. 
Jangan cemas dahulu ya, tujuan AKM ini yaitu untuk meningkatkan literasi bangsa kita yang KO sehingga gampang terjerumus hoax salah satunya.
Untuk menjawab soal AKM Geografi, kalian harus mampu membaca data, memeriksa kemudian menyimpulkan jawaban dari hasil telaah data tersebut. Kaprikornus kuncinya dalah membaca data yang tampil pada soal. Kita lihat acuan soal AKM Geografi berikut ini.
Soal AKM

Hasil sensus penduduk Tiongkok tahun 2010 memperlihatkan jumlah populasi masyarakatnegara tersebut 1,34 milyar jiwa dan jumlah masyarakatberusia 60 tahun ke atas berkembangpesat. Jumlah masyarakatyang berusia lanjut kini mencapai 13,3% atau naik 3% semenjak tahun 2000. Selain itu, sensus memberikan nyaris separuh masyarakatTiongkok kini tinggal di perkotaan. Meski hasil sensus menawarkan angka masyarakatyang mahir besar tetapi perkembangan masyarakatTiongkok sekarang lebih lambat dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Pertanyaan 1
Berdasarkan piramida diatas, pada kalangan umur manakah Tiongkok mempunyai jumlah masyarakatpaling besar pada tahun 2010?a. 20-24 tahunb. 35-39 tahun
c. 40-44 tahun
d. 45-49 tahun

KunciUntuk menjawab soal ini tinggal lihat grafik batang di piramida masyarakatyang tahun 2010 (kiri). Kelompok umur paling banyak ialah 20-24 tahun. Pelajari cara membaca diagram batang, bila kalian belum paham.
Pertanyaan 2Dari kemajuan jumlah penduduk laki-laki tahun 2010-2050, pada kisaran usia berapakah jumlah masyarakatmengalami kenaikan?
KunciLihat perbandingan grafik batangnya, lihat kolom usia di tengah diagram. Kenaikan berada di usia 60 ke atas (sampai 94 tahun).
Pertanyaan 3
Pernyataan 1 (Benar atau Salah)
Populasi penduduk laki-laki dan wanita pada tahun 2010-2050 mempunyai kecenderungan tetap pada usia kurang dari 25 tahun. 
>>>Jawabannya Salah, kecenderungan turun

Pernyataan 2 (Benar atau Salah)Antara tahun 2010-2050 kemajuan penduduk laki-laki usia 40-44 tahun mengalami penurunan lebih dari 20 juta.
>>>Jawabannya Benar, lihat statistik batangnya..cocokan dengan angka populasi di bagian bawah. Bisa dikira-kira mengkalkulasikan penurunannya dari pergeseran panjang grafik batang.
Gimana, soal AKM ini terkesan mudah hanya membaca suatu data atau berita kemudian menyimpulkan suatu fenomena. Tidak ada hitung-hitungan matematika, hanya menelaah dengan benar, jitu saja. Selamat berlatih supaya sudah biasa mengerjakannya.
Baca juga: Soal AKM Pemahaman Peta