Blogger Jateng

Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Geografi Memahami Peta

Oke sahabat-teman kali ini aku akan berikan acuan soal AKM geografi dan pembahasannya. Pemerintah ketika ini akan mengubah UNBK menjadi AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum.
Apa bedanya UNBK dan AKM?. Soal AKM lebih menekankan pada pemahaman literasi dan membaca data. Makara tampaksoalnya sungguh panjang, atau banyak disediakan data.
Siswa diminta mendeteksi tanggapan yang sempurna dengan melihat data tersebut, jadi bila malas membaca maka akan sukar. Kuncinya cuma satu, ialah mau membaca data. Simak contoh soal AKM Geografi berikut. Baca juga: Soal AKM Dinamika Litosfer

1. Gambar berikut menunjukkan salah satu negara di Afrika. Simak data yang tersedia dan jawablah pertanyaannya.
Soal AKM Geografi
Pertanyaan 11. Wilayah Mali pecahan mana yang memiliki populasi paling rendah?2. Deskripsikan dua fitur geografis kawasan dimana populasinya lebih dari 10 jiwa per km persegi!
3. Jelaskan mengapa populasi Mali tidak tersebar merata!
Kunci JawabanPertanyaan 1Untuk menjawab soal ini, kau harus menyaksikan legenda peta di kiri bawah. Populasi paling rendah berwarna putih debu-abu (halus) fewer than 1. Lalu lihat garis astronomis di peta, daerah yang berwarna terperinci ada di kisaran lintang 20 derajat LU keatas. Kaprikornus daerah dengan populasi paling rendah di Mali berada di sekeliling 20 derajat LU ke atas, yang curah hujannya (lihat garis isohyet) 100 mm per tahun (paling sedikit)

Pertanyaan 2Untuk menjawab soal ini, kau lihat peta dan lihat legenda dan simbol-simbol pada peta. Daerah paling padat adalah yang berwarna hitam. Fitur geografis apa saja yang terdapat pada daerah berwarna hitam?. Wilayah padat ini terdapat bandara dan sungai Niger. Bandara ialah pusat pintu masuk insan sementara sungai adalah salah satu daerah yang banyak dihuni penduduk sebab jalan masuk air yang melimpah dan transportasi. Baca juga: Soal hots biosfer

Pertanyaan 3Untuk menjawab soal ini kalian mesti paham lokasi negara tersebut. Penduduk di Mali tidak merata sebab faktor kenampakan geografis yang bermacam-macam. Lihat peta inset, kawasan Mali utara adalah gurun Sahara sementara di selatan yaitu bertipe hutan tropik. Makara pastinya daerah gurun akan minim populasi dibanding daerah hutan atau yang dilalui sungai. Cek peta geografisnya di bawah ini.
Peta Geografis Mali
Bagaimana tertantang untuk menjawab soal-soal AKM Geografi?. Gak sulit kan?. Follow blog ini untuk menerima update soal-soal AKM geografi lainnya. Jangan sungkan untuk share postingan dan blog ini ke rekan-rekan guru, grup siswa dan kerabat lainnya. Salam
 Disadur dari Cambridge Geography 
Baca juga: Soal AKM Dinamika Penduduk