Blogger Jateng

Contoh Gangguan Pada Otot Manusia

Halo sobat-teman sekalian kali ini kita akan belajar bahan biologi tentnag tata cara gerak terutama tentang otot.

Setiap mahluk hidup tak terkecuali insan tentu punya otot yang membungkus tulang. Tanpa otot maka kita tidak akan mampu bergerak.

Lalu mirip apa acuan-acuan gangguan pada otot?. Berikut penjelasannya.
1. Hipertrofi yakni sebuah gangguan akibat otot yang meningkat mejnadi lebih besar. Hipertrofi dapat diakibatkan oleh aktifitas otot yang kuat, berulang-ulang dan terus-menerus serta asupan nutrisi yang banyak. Hipertrofi terjadi pada orang yang sering berolahraga atau pekerja lapangan.

2. Atrofi yakni gangguan otot yang mengecil. Atrofi mampu terjadi bila otot jarang dipakai atau tidak digunakan sama sekali karena faktor kelumpuhan, pemasangan gips atau penyakit polio.

3. Distrofi otot ialah penurunan kemampuan otot lantaran dampak genetik.
Gangguan otot pada atlet olahraga
4. Tetanus yaitu penyakit kejang otot karena otot berkontraksi terus-menerus hingga tidak bisa lagi berkontraksi. Tentanus diakibatkan oleh kuman Clostridium tetani.

5. Kram ialah sebuah keadaan otot datang-tiba tegang, sukar digerakkan dan diikuti rasa nyeri. Kram otot terjadi karena tidak melaksanakan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga, kurang lancarnya anutan darah pada serpihan badan tertentu, kondisi udara hambar, ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh seperti kalium dan natrium dan kekurangan vitamin B1, B5 dan B6.

6. Miastenai gravis adala ketidakmampuan otot berkontraksi sehingga penderita mengalami kelumpuhan. Miastenia gravis yaitu penyakit autoimun atau kesemrawutan sistem kekebalan tubuh. Penyakit in idiakibatkan oleh kerusakan kelenjar timus.

7. Otot robek yakni keadaan robeknya serabut otot yang berakibat jerawat, rasa nyeri dan pendarahan. Hal ini alasannya adalah gerakan datang-tiba ketika berolahraga sehingga otot luka.

8. Otot terkilir atau strain yaitu robeknya otot belahan tendon karena gerakan yang berlebihan. Otot terkilir disebabkan pembebanan secara tiba-datang pada otot.

Itulah beberapa contoh gangguan pada otot manusia baik karena faktor genetik, penyakit maupun gerakan yang salah. Ada baiknya kita menjaga kesehatan otot kita dengan mempertahankan asupan nutrisi tubuh dan jangan lupa melakukan pemanasan sebelum berolahraga.