Blogger Jateng

Bagaimana Jika Tidak Ada Gunung Api di Bumi?

Gunung api, siapa yang tidak kenal salah satu fenomena menakjubkan berikut ini. Di info-info kita sering mendengar berita perihal gunung api meletus.

Tapi coba bayangkan apa kesannya bumi ini kalau tidak ada gunung api?. Pertanyaan ini tampaksepele, tapi jawabannya bisa sangat panjang, analitis dan hots pokoknya.

Gunung api adalah satu bentukkan alam yang timbul dari adanya vulkanisme atau penerobosan magma dari dalam bumi ke permukaan bumi.

Magma adalah cairan pijar panas di dalam bumi yang kental. Karena bersifat panas tentu saja magma ini mempunyai tekanan tinggi.

Tekanan inilah yang menimbulkan magma mengalir ke atas permukaan bumi, menerobos lapisan litosfer sehingga meletus dan menjadi gunung api.

Magma yang keluar permukaan bumi akan berinteraksi dengan udara sehingga membeku dan jadilah batuan beku. Batuan ini nantinya akan dipakai insan untuk banyak sekali keperluan hidup terutama berhubungan dengan bangunan.

Selain itu material lain seperti pasir vulkanik, energi geothermal sekitar gunung api juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain.
Gunung api meletus
Apakah gunung api cuma memuntahkan magma saja?. Selain mengeluarkan magma, peristiwa vulkanisme juga membantu mineral-mineral berguna di dalam bumi supaya bisa naik hingga permukaan bumi sehingga bisa ditambang.

Selain itu gunung api juga berfungsi sebagai wilayah tangkapan hujan sehingga daerah sekitarnya kaya mata air dan menjadi sumber kehidupan hingga kawasan hilir di perkotaan.

Semua batuan alias lapisan kerak bumi kita ini dibangun dari gunung api. Jadi pulau-pulau, daratan benua yang kita kenal ketika ini ialah hasil kerja gunung api atas perintah Allah pastinya. Memang iya atas perintah Allah?. Coba aja buka ayat Quran berikut ini:

وَاَلْقٰى فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِكُمْ وَاَنْهٰرًا وَّسُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
Dan Dia menancapkan gunung di bumi semoga bumi itu tidak goncang bareng kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan biar kamu mendapatkan instruksi , (QS. An-Nahl;15)

Udah terperinci dan shahih kan bahwa gunugn api itu diciptakan oleh Allah dengan tujuan yang jelas. Jadi ketika gunung api meletus, pada dasanya Tuhan sedang mengeluarkan anugerah bagi kehidupan.

Manusia cuma diminta untuk bersabar dan mengungsi sejenak sampai erupsi berhenti. Jika erupsi terus-menerus terjadi maka kita bisa mencari kawasan lain yang lebih kondusif atau relokasi.

Makara pada dasarnya bila tidak ada gunung api maka tidak akan ada kehidupan di bumi ini alasannya semua mahluk hidup dominan berkembang dan meningkat di tanah. Tanah berasal dari batuan yang melapuk sementara batuan berasal dari magma, itulah siklusnya.

Gunung api yaitu paku dunia sehingga pulau-pulau atau daratan bisa tetap stabil diatas laipsan mantel bumi yang tersusun magma cair. Itulah kuasa Allah SWT.