Blogger Jateng

Pengalaman Membuat Rekening Bank Khusus Sertifikasi Guru

Halo sahabat-sobat guru yang berbahagia, gimana kabarnya hari ini?. Semoga selalu sehat selalu dan tetap produktif.

Kali ini aku akan share pengalaman saya saat menjajal membuat rekening bank gres khusus sertifikasi guru. Memangnya tidak bisa pakai rekening yang sudah ada ya?.

Nah untuk itu aku akan coba berikan sedikit ceritanya. Jadi pada tahun kemudian aku telah mengikut acara pendidikan profesi guru atau PPG di salah satu akademi tinggi negeri.

Program PPG dalam jabatan ini bersubsidi jadi kita itu dibantu pemerintah untuk sekolah lagi (profesi). Besaran bantuan ongkos pendidikan profesi waktu itu 7,5 juta rupiah untuk satu semester.

Terus biaya lainnya gimana?. Nah yang lainnya ditanggung sendiri seperti kost, makan dan lainnya. Dana subsidi PPG tersebut dibayarkan eksklusif pemerintah sentra ke akademi tinggi pelaksanan, namun kita harus buat rekening bank dahulu.

Bank yang ditunjuk pemerintah untuk sertifikasi yaitu BNI. Jadi harus buat simpanan khusus lagi di BNI. Nanti dana akan dikirim otomatis lalu ditransfer lagi otomatis ke perguruan tinggi tinggi tinggi.

Jadi istilahnya kita buat rekening transit, setelah itu rekening kemanain?. Saya biarkan aja supaya hangus, alasannya adalah udah punya BNI sebelumnya. Masa harus nyimpen 2 no rekening bank yang sama.
Rekening bank khusus sertifikasi guru
Singkat kisah aku lulus PPG alhamdulillah dan menunggu untuk mendapatkan pencairan pertolongan sertifikasi. Nunggunya hampir 6 bulanan pemirsa sejak lulus UP PPG.

Lalu bagaimana proses pencairan dana sertifikasi itu?. Ternyata pemerintah akan mengembangkan rekening khusus kepada setiap guru untuk pencairan santunan triwulan.

Syarat pencairan ialah harus menyanggupi 24 jam mengajar linier. Untuk mengenali valid tidaknya tunjangan mampu cek di dapodik sendiri. Baca juga: Cara cek status sertifikasi

Di akun dapodik nanti akan tertera bank yang ditunjuk untuk mencairkan dana sertifikasi. Kebetulan saya mampu bank BNI sementara sobat-teman lain di Jawa Barat yakni Bank BJB.

Setelah itu aku bawa KTP dan print screenshoot dapodik ke bank BNI yang ditunjuk khusus untuk pembuatan rekening sertifikasi guru. Di kota Bekasi bank BNI yang ditunjuk adalah BNI Kemang Pratama.

Pagi hari lalu aku ke CS BNI untuk menciptakan rekening baru dan tidak lebih dari 1 jam, rekening telah jadi.

Tinggal menunggu sumbangan cair, silahkan cek pakai mobile banking saja semoga mudah. Ingat jangan hingga saldonya habis karena nanti akan lebih sukar lagi buatnya.