Blogger Jateng

Kunci Jawaban Evaluasi Erlangga Bab Interaksi Desa-Kota

Halo mitra-kawan kali ini aku akan coba berikan teladan kunci jawaban penilaian geografi buku erlangga bab interaksi desa-kota.

Sebelumnya aku ingatkan untuk tetap kroscek jawaban dengan membaca bahan, biar kamu mampu ilmunya juga. Saya akan berikan sedikit gambaran wacana interaksi desa-kota.

Desa dan kota yakni suatu kesatuan unit ruang yang memiliki karakteristik berlawanan tetapi saling melengkapi satu sama lain. Desa identik dengan kehidupan agraris sementara kota identifik dengan kehidupan materialistis.

Interaksi desa dan kota terjadi karena aspek permintaan dan penawaran. Desa ialah hinterland atau penyokong perkotaan. Pengaruh interaksi desa dan kota ini bisa faktual dan negatif.
Kunci penilaian geografi erlangga bagian interaksi desa kota
A. Pilihan Ganda
1.B 2.D 3.A 4.C 5.A 6.B 7.D 8.A 9.E 10.D 11.E 12.B 13.E 14.A 15.B 16.B 17.B 18.C 19.D 20.E

B. Isian
1. Menurut Bintarto kota adalah sebuah metode jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan masyarakattinggi dan diwarnai dengan strata sosial-ekonomi yang heterogen dengan corak hidup materialistis.
2. sekitar pedoman sungai
3. lokasinya terpencil, penduduknya terikat budpekerti, korelasi individu sangat bersahabat
4. kantor pemerintahan, komersial, industri, permukiman dan transportasi
5. fragmented
6. suburban
7. banyak sentra bisnis, kantor, jalur transportasi terhubung satu sama lain ke titik-titik strategis
8. hinterland
9. suburban fringe
10.  Sektoral

C. Esai
1. Desa secara fisik didominasi oleh lahan pertanian, udara segar, jauh dari hiruk pikuk. Kota secara fisik didominasi oleh gedung-gedung tinggi, jalur transportasi, kepadatan kendaraan dan pemukiman. Desa secara sosial memiliki korelasi tinggi dan adat istiadat masih kental sementara kota secara sosial tidak terikat budpekerti, kekerabatna rendah dan materialistis.

2. Karena kota dan desa saling melengkapi satu sama lain. Desa yakni penyokong kota dalam hal bahan mentah, pangan dan tenaga kerja sementara kota menyuplai kebutuhan barang jadi bagi desa mirip traktor, mesin penggilingan, barang elektro sampai transportasi.

3. Urban sprawl timbul karena kian tingginya laju urbanisasi sehingga lahan di kota makin menipis. Oleh karena itu perkembangan kota mulai mendesak dan menjalar ke daerah pinggiran sampai ke desa.

4. Untuk materi evaluasi dan memilih planning pengembangan tata ruang yang tepat sehingga tidak terjadi kesalahan pembangunan yang menimbulkan persoalan di masa depan.

5. Akan terjadi degradasi kota dan muncul fenomena urban sprawl atau pemekaran kota ke tempat pinggiran. Daerah pinggiran akan disulap menjadi kawasan pemukiman para kaum urban sehingga lambat laun akan menjadi padat mirip kota.

Baca juga: Contoh soal ulangan interaksi desa kota