Blogger Jateng

Jenis Template Blog Paling Cocok Untuk Adsense

Oke sahabat-sahabat udah lama nih saya gak bahas tentang dunia blog karena memang basic aku bantu-membantu gak di dunia itu.

Saya akan kisah tentang penggunaan template blog adsense yang paling cocok dan mampu meningkatkan klik iklan.

Kenapa penyeleksian template blog itu penting?. Karena template yang jelek hanya akan membuat blog anda menjadi sia-sia. Visitor akan urung datang dan pendapatan adsense atau iklan lain akan jauh dari keinginan.

Jenis template blog adsense memang khusus dan harus sesuai karateristiknya yakni menyebarkan klik iklan alias CTR (click through rate), itu kuncinya bukan?.

Saya tidak akan bahas panjang lebar, jadi to the point saja dan mudah-mudahkan agan-agan tidak terlampau lama baca dan yang penting eksklusif dapat poinnya lalu praktik. Berikut jenis template blog dengan potensi klik adsense tinggi.

1. Mobile Friendly
Salah satu tolok ukur template blog adsense yang wajib dipenuhi blogger adalah mobile friendly. Apa itu mobile friendly?.

Maksudnya blog anda mampu dibuka di device mobile alias handphone dengan baik. Beberapa tahun lalu smarthphone belum begitu masif penggunaannya.

Tapi ketika ini nyaris 90% warga dunia sudah punya handphone, tablet dll dan disanalah sumber trafik. Pilihlah template blog yang mobile friendly, banyak yang gratisan juga tetapi mending beli yang premiun bila punya dana lebih.

Untukcek template blog anda telah mobile friendly atau belum bisa cek di link berikut: cek mobile friendly test
 
Memilih template untuk blog adsense

2. Fast Loading
Template blog adsense mesti cepat alias fast loading dikala dibuka di banyak sekali jenis device. Pokonya kecepatan page blog anda ketika dibuka ahrus kurang dari 1 detik. Lebih dari 1 detik maka iklan-iklan memiliki peluang akan kabur dan bahkan gak timbul.

Itu akan merugikan potensi pendapatan anda, jadi cari template blog yang didesain fast loading. Hampir desainer template blog ternama tanah air sekarang telah menawarkan template yang super fast, tinggal diseleksi saja.

Coba banyak blogwalking ke blog yang udah terkenal, kamu mampu membanding-bandingkan sebelum membeli template fast loading. Cek kecepatan blog agan di link berikut: speed test

3. Posisi Iklan
Nah penempatan iklan adsense di blog harus sempurna. Carilah template blog yang bisa menempatkan iklan  adsense di posisi berikut ini:

- bawah header
- bawah judul postingan
- tengah artikel
- bawah postingan
- sidebar

Nah posisi-posisi iklan adsense di atas yaitu yang terbaik untuk mencoba menerima klik. Pengalaman saya CTR terbanyak ialah iklan adsense di bawah header dan di bawah judul postingan.

Kenapa dua posisi tersebut?. Saya buka rahasianya tanpa basa kedaluwarsa, alasannya adalah dikala seseorang bukan handphone maka scroll jempol pertama dan kedua ialah yang paling banyak klik entah itu sengaja atau gak sengaja.

Posisi scroll pertama dan kedua itu lazimjatuh di iklan bwah header dan bawah postingan (ditengahai oleh tulisan judul terlebih dahlulu). Gimana sampai paham kan?

4. SEO Structured
Nah yang keempat juga ngaruh banget, meski saya gak paham betul juga sepenuhnya. SEO pada template blog haruslah udah sesuai dengan kemajuan algoritma google.

Cari template yang sudah diisi meta tag yang paling kekinian. Gak tau meta tag?. Nanti akan saya ulas di artikel lain. Makara intinya struktur koding blog dari head (atas) sampai bawah (footer) mesti mampu dibaca oleh robot google dengan baik agar nanti blog anda bisa nangkring di halaman page one.

Itulah sedikit tips menentukan jenis template blog yang tepat untuk bermain adsense. Semoga membantu.