Blogger Jateng

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia

Dalam kehidupan sehari-hari kalian pasti sering beli barang keburuhan sehari-hari mirip pulsa, masakan, minuman, alat dapur dan yang lain.

Jika dilihat elbih jauh nih ternyata setiap manusia punya keperluan yang berlawanan satu sama lain. Seorang arsitek pasti memiliki keperluan yang bertentangan dengan seorang pemahat.

Arsitek akan lebih membutuhkan perangkat seperti meja, pena, penggaris sementara seorang pemahat akan lebih membutuhkan kayu, alat pahat, gergaji dan lainnya.

Ada beberapa hal yang mengakibatkan perbedaan keperluan seorang individu. Perbedaan keperluan insan dipengaruhi kondisi lingkungan, agama, budbahasa istiadat dan peradaban.

1. Lingkungan
Manusia yang hidup di lingkungan beriklim masbodoh pasti akan berbeda dengan insan yang hidup di iklim panas. Orang yang berdomisili di kawasan masbodoh akan menggunakan pakaian tebal dan kuliner yang berkalori tinggi agar badan mereka tetap hangat.

Sementara orang yang tinggal di kawasan beriklim panas akan condong memakai busana tipis dan menyingkir dari masakan berkalori tinggi.

2. Agama
Masyarakat beragama Islam tentu membutuhkan Al Qra, sajadah, mukena, tasbih untuk beribadah sementara agama Katolik membuthkan alkitab, salib atau keperluan lain sesuai yang ditugaskan agamanya.
Upacara ngaben di Bali
3. Adat Istiadat
Dalam sebuah kawasan pastinya punya akhlak istiadat bertentangan. Hal ini memiliki pengaruh pada perbedaan kebutuhan dan acuan hidup seseorang. Contohnya di Bali masyarakatnya punya adab upacara Ngaben yang memerlukan aneka macam keperluan upacara pembakaran jenazah. Sementara di masyarakat Toraja contohnya kebutuhan pemakaman utama ialah hewan kerbau dan mumifikasi.

4. Peradaban
Perubahan kehidupan manusia sekarang makin cepat dengan kemajuan ilmu wawasan dan teknologi. Jaman dulu orang bau tanah kita pasti kebutuhannya sangat sederhana karena belum ada alat-alat digital, sementara kita saat ini telah disuguhi banyak sekali macam alat-alat komunikasi mulai dari handphone, kuota internet, printer dan lainnya.

Gambar: Boombastis