Blogger Jateng

Cara Mengedit Green Screen di Power Director

Dunia digital khususnya video sekarang kian meningkat pesat seiring pertumbuhan medsos dan software editing video.

Di postingan kali ini saya akan sedikit berbagi wacana cara mengedit green screen menjadi background sesuai harapan anda.

Saya sendiri sekarang banyak mencar ilmu editing video karena di abad pandemi, guru-guru sekarang banyak membuat video berguru online untuk siswanya.

Software yang saya gunakan adalah Power Director di PC. Kenapa gak di android saja?. Tampilan Power Director di PC tampilannya lebih yummy, leluasa dan editornya lebih banyak.

Langkah pertama yakni anda sudah punya software Power Director. Silahkan download di situs-situs yang tentu saja kamu sudah tahu. Jangan lupa cracknya diinstal juga supaya ter-registered. Selanjutnya tinggal ikuti panduan mengganti green screen di Power Director berikut ini.

1. Buka Power Director lalu insert video yang ingin anda rubah backgroundnya. Setelah itu anda siapkan background yang ingin anda ganti, misalkan aku mau ganti background menjadi papan tulis..biar mirip video ruangguru atau quipper.
Merubah green screen di power director
2. Drag gambar papan tulis ke timeline pertama, artinya posisi gambar papan tulis mesti diatas. Setelah itu disusul drag video green screen anda ke timeline kedua. Geser gambar papan tulis semoga waktunya sama dengan video dengan cara klik ujungnya kemudian geser ke kanan.
Mengedit green screen di power director
3. Klik dua kali timeline video kemudian akan muncul penampilan editor seperti di bawah ini.
Merubah latar video di power director
 4. Klik Chroma Key kemudian klik icon pen di bawahnya, setelah itu pindah ke segi kanan dan klik di videonya. Maka otomatis gambar background akan berubah menjadi papan tulis.Tinggal atur color range dan denoisenya. Untuk ukuran muka biasa dikontrol sesuai harapan di layar sebelah kanan, tinggal perbesar atau perkecil saja.

Perhatikan gambar di bawah ini, tampakmasih ada noise di kanan bawah.
Mengubah green screen di power director
 5. Jika masih ada noise, tinggal add chroma key lagi di bawah untuk menghilangkan noise di beberapa belahan. Untuk mengurangi hal ini maka tipsnya ialah usahakan kain green screen yang anda pakai mulus tidak ada lipatan dan pencahayaan dikala merekam video sangat baik.

Jika kamu merekam video green screen di tekstur kain yang kusut maka potensi noise dikala editing akan besar. Makara usahakan disetrika dahulu kainnya sebelum kau rekam. Setelah semua noise dirasa suah clear maka tinggal klik Apply. Beres.

Sekian dulu tips merubah green screen di power director. Praktis bukan?. Jangan lupa share ke teman-sahabat lain bila berfaedah.