Blogger Jateng

Cara Cek Validasi Tunjangan Profesi Guru/Sertifikasi

Halo sobat-sobat guru sebangsa dan setanah air Indonesia, kali ini saya membagikan sedikit info tentang sertifikasi nih.

Bagi guru Indonesia entah itu swasta atau PNS pasti sangat mendambakan dukungan profesi alias sertifikasi. Sertifikasi yakni program pemerintah yang mulai digulirkan tahun 2004.

Guru yang telah sertifikasi berhak menerima bantuan sesuai dengan amanah UUD Guru dan Dosen. Saat ini sertifikasi guru harus lewat Pendidikan Profesi Guru baik pra jabatan maupun dalam jabatan.

Saya ucapkan selamat bagi bapak ibu yang telah lulus sertifikasi atau PPG dan akan mendapatkan santunan profesi. Tunjangan profesi yaitu hak guru yang telah berlabel profesional dalam arti ikut serta dan lulus program PPG.

Setelah lulus PPG pastinya kita akan menanti tunjangan cair bukan?. Nah bagaimana syaratnya supaya tunjangan ini cair?. Anda harus cek ke akun dapodik masing-masing untuk menyaksikan valid tidaknya pinjaman profesi.

Oleh sebab itu rajinlah berkomunikasi dengan guru TU di sekolah anda. Selain itu anda juga harus bisa cek akun masing-masing melihat status kevalidan sertifikasi atau menyaksikan rekening mana yang harus dibuat.

Ingat guru yang sertifikasi akan mendapatkan no rekening gres dari pusat, jadi anda mesti lihat di dapodik dan menciptakan rekening baru ke Bank yang telah direkomendasikan di akun anda. Setiap guru mampu beda lho, ada yang BJB atau BNI jika yang domisili Jawa Barat.

Berikut ini bimbingan melihat status valid sertifikasi guru.
1. Pertama login ke akun dapodik SIM PKB anda. Tampilan login mirip di bawah ini.
2. Setelah itu akan akan masuk ke akun dapodik, gulir atau scroll ke bawah dan pilih hidangan Layanan Info GTK yang warna ungu
3. Anda lalu akan masuk ke tautan baru mirip di bawah ini. Isi akun login dengan email anda yang serupa mirip tercantum di SIM PKB dan password lazimnya tanyakan dulu ke TU di sekolah anda.
4. Setelah masukan aba-aba keamanan, lalu klik Login. Maka akan muncul isu ihwal dokumen kevalidan sertifikasi sebagai berikut

5. Jika status anda sudah VALID maka anda tinggal menunggu pencairan sertifikasi, namun ingat harus pergi dahulu ke bank yang ditunjuk pemerintah. Caranya scroll ke bawah kemudian liat ada sajian bank yang ditunjuk, mirip saya BNI. Nah tidak semua BNI namun ada beberapa bank yang memang ditunjuk khusus untuk melayani sertifikasi ini. Jadi pantau dan komunikasi dengan sesama guru di kawasan kau kuncinya, jangan main sendiri nanti resah gak tau arah kemana.
Jangan lupa untuk bawa patokan yang diminta dan print screen shoot halaman dapodik ini. Ada hidangan print kanan atas nanti. Kalau tidak mampu, nanti bisa pakai mode screen shoot aj. Klik kanan dan nanti ada screen shoot.

Makara itulah sedikit bimbingan cara melihat valid tidaknya dukungan profesi guru kita. Selamat bagi yang telah lulus dan bagi belum menerima potensi , agar segara menerimanya. Jangan menyerah dan tetap semangat memberikan pendidikan bagi anak bangsa. 

Wajib baca: Cara membuka rekening khusus sertifikasi