Blogger Jateng

Posisi Pemain Sepak Bola (Plus Nama-Nama Top Di Tiap Posisi)

Banyak lho, yang ngaku kegemaran bola. Tapi ga tahu posisi-posisi pemain bola dan tugasnya. Untuk itulah goresan pena ini saya posting.
Jumlah anggota tim dari sebuah squad sepakbola ada 11 orang. Makanyan diberi nama kesebelasan. Dari satu tim kesebelasan itu terdiri atas satu kiper dan sepuluh pemain yang dibagi menjadi banyak sekali tugas sesuai posisinya dalam gugusan tim.
Dari masing-masing posisi tersebut tentu saja mempunyai peran yang berlainan. Dimana dari tiap posisi tersebut mempunyai andil masing-masing dalam mengungguli permainan sepak bola tim yang dibelanya.
Yang kesemuannya itu memerlukan kerja sama tim dan  mesti kompak satu sama lain.
Dalam permainan sepak bola ada beragam posisi pemain dengan tugas yang berlawanan-beda. 
Pada pembahasan kali ini kami memaparkan apa saja posisi pemain dalam permainan sepak bola beserta tugas dari masing-masing pemain tersebut.
Berikut ini beberapa macam posisi pemain dan tugasnya. 

Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Jumlah anggota tim dari sebuah squad sepakbola ada Posisi Pemain Sepak Bola (Plus Nama-Nama Top Di Tiap Posisi)
Dari banyak sekali macam posisi pemain sepak bola, mari kita bahas lebih mendalam perihal macam-macam nama posisi pemain sepak bola beserta tugasnya secara lengkap dan terang.

Penjaga Gawang (Goal Keeper)

Pemain yang berada pada baris pertama inilah yang dinamakan penjaga gawang atau goal Keeper. Goal keeper mempunyai empat peran adalah: mengarahkan pertahanan, saving, clearing dan menunjukkan bola.
Seorang keeper wajib mempunyai tendangan yang berpengaruh mengenang tugasnya ialah mengarahkan bola ke para pemain timnya.
Secara fisik, lazimnya postur seorang keeper berbadan tinggi dan punya kecepatan, serta refleks yang elok dalam menangkap atau mengusir bola yang mengancam gawangnya.
Nama-nama penjaga gawang terbaik sepanjang kala, masing-masing pakar bola punya usulan. Namun kiranya tidak jauh dari nama-nama ini: Gianluigi Buffon, Lev Yashin, Peter Schmeichel, Gordon Banks, Dino Zoff, Edwin Van Der Sar.

Pemain Bertahan/ Bek/ Defender

Pemain bertahan bertugas selaku benteng pertahanan permulaan dari serangan musuh yang mengancam gawang.
Jadi pelindung kiper, memblok tendangan musuh, dan menahan arus serangan musuh. Selain itu, defender juga menjadi motor permulaan dalam membangun serangan.
Biasanya para bek memiliki postur fisik yang kokoh (bek tengah) dan cepat dalam menanggulangi pergerakan dan membangun serangan (bek sayap). Juga, seorang bek tengah dituntut untuk handal dalam setiap duel udara.
Pemain bertahan/ bek sendiri dibagi-bagi lagi tergantung formasinya. Kadang bek dibagi menjadi 2 center-back dan 2 full-back (wing back kanan dan kiri). Kadang 2 center-back dan 1 libero/ sweeper.
Walaupun di periode sepak bola modern ini, hampir sangat jarang tim yang mengusung libero pada deretan pertahanan mereka.
Untuk jenis-jenis deretan bek/ defender, mampu kamu lihat skema di bawah ini…
Jumlah anggota tim dari sebuah squad sepakbola ada Posisi Pemain Sepak Bola (Plus Nama-Nama Top Di Tiap Posisi)
Jumlah anggota tim dari sebuah squad sepakbola ada Posisi Pemain Sepak Bola (Plus Nama-Nama Top Di Tiap Posisi)
Jumlah anggota tim dari sebuah squad sepakbola ada Posisi Pemain Sepak Bola (Plus Nama-Nama Top Di Tiap Posisi)

Untuk nama-nama top di posisi ini ialah: Paolo Maldini (ini mungkin yang terhebat), Franz Beckenbauer, Franco Baresi, Daniel Pasarella, Frank Rijkard, Roberto Carlos, Sergio Ramos.

Posisi Gelandang Sepakbola

Posisi pemain yang mempertemukan  pemain bertahan dan pemain serang disebut gelandang. 
Mencegah serangan musuh hingga ke tempat pertahanan dan membawa bola hingga ke depan saat melakukan penyerangan yaitu peran utama dari posisi ini.
Macam-macam pemain posisi gelandang:


Gelandang Bertahan

Berada di depan garis pertahanan yakni peran dari posisi ini untuk menghalangi bola semoga tidak melebihi garis pertahanan.

Gelandang Tengah

Posisi gelandang tengah pastinya ada di tengah lapangan. Menghentikan serangan lawan dan membuat peluang bagi striker yakni tugas seorang gelandang tengah. Posisi ini umumnya ditempati oleh pemain yang bakir, besar lengan berkuasa dan cepat.

Gelandang Serang

Berada di tengah yakni posisi gelandang serang. Posisi ini ditempati oleh pemain yang bakir utamanya dalam melakukan penyerangan. Pemain pada posisi ini juga memiliki teknik penguasaan dan kesanggupan kendali yang anggun.

Gelandang Sayap

4-5-1 dan bentuk 4-3-3 yaitu deretan yang sering digunakan pada posisi ini. Sifat pemain pada posisi gelandang sayap fleksible, ia mampu selaku penyerang. Pemain pada posisi gelandang sayap wajib memiliki kemampuan dribbling yang manis. Tugas dari posisi ini yaitu melaksanakan serangan dari sisi lapangan baik kiri maupun kanan.
Para gelandang top dunia sepanjang periode, ini nama-namanya...Johan Cruyff, Zinedine Zidane, Xavi, Iniesta.

Peyerang/ Forwards

Posisi pemain sepak bola yang satu ini yaitu posisi pemain yang kedudukannya sungguh berpengaruh dalam terciptanya keberhasilan gol. Ketepatan tembakan, kelincahan dan kecepatan serta pengendalian bola yang bagus sungguh diperlukan dalam posisi ini.
Cuma adakala yang sering salah kaprah, orang sering menyamakan antara penyerang dan striker. Padahal ini seperti namun tidak sama. Seorang striker telah niscaya dia yakni penyerang (forward). Tapi seorang forward belum tentu seorang striker.
Tugas striker sungguh spesifik, yaitu mencetak goal. Sedangkan penyerang, tidak harus mencetak goal. Tapi lebih ke posisi bermain yang secara umum dikuasai untuk membantu terciptanya goal.
Posisi forward/ penyerang formasinya beragam. Sama halnya dengan posisi bertahan/ defender. Tergantung dari masing-masing strategi, strategi dan deretan tim secara utuh.
Berikut beberapa gugusan posisi penyerang sepakbola…

Jumlah anggota tim dari sebuah squad sepakbola ada Posisi Pemain Sepak Bola (Plus Nama-Nama Top Di Tiap Posisi)

Pemain depan terbaik sepanjang kala tidak terlepas dari nama-nama ini...Diego Maradona, Pele, Lionel Messi, Ronaldo (Brazil), Christiano Ronaldo. 

3 Nama terdepan (Maradona, Pele, Lionel Messi) dianggap sebagai pemain bola terbaik sepanjang era. Selalu menjadi perdebatan siapa yang terhebat di antara mereka bertiga.

Demikianlah macam-macam posisi pemain dalam permainan sepak bola dan tugasnya. Yang perlu kamu garis bawahi, berita di atas tidak baku atau saklek.
Karena pada faktanya pada masing-masing tim (tergolong tim top dunia) dengan masing-masing instruktur, mempunyai strategi dan selera masing-masing.