Blogger Jateng

Kunci Jawaban Evaluasi Geografi Kelas X Erlangga Bab 1

Halo mitra-mitra sekalian, di artikel kali ini aku akan berikan teladan kunci jawaban penilaian geografi kelas X buku Erlangga bab 1.

Saya akan berikan sedikit ulasan perihal rancangan geografi, jadi jangan sampai cuma nyalin kunci ya. Coba sambil baca-baca agar paham materinya dan tidak hanya dapat nilai aja.

Geografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena di permukaan bumi dengan sudut pandang keruangan. Konsep utama geografi ialah lokasi alasannya kita berangkat dari satu titik lokasi/tempat di permukaan bumi.

Lokasi tersebut akan dianalisa menggunakan pendekatan dan prinsip geografi untuk menerima citra terperinci wacana apa yang ada di lokasi tersebut.

Berikut kucni tanggapan evaluasi geografi erlangga tetapi pastikan untuk baca lagi materinya karena belum tentu 100% kunci ini benar. Jadilah siswa yang bijak.
Kunci Jawaban Evaluasi Erlangga
Kunci Jawaban Evaluasi Geografi Erlangga Kelas X
A. Pilihan Ganda
1. A 2. C 3. B 4. C 5. D 6. D 7. A 8. C 9. C 10. D 11. C 12. B 13. B 14. A 15. C 16. C 17. A 18. B 19. A 20. B

B. Isian
1. Eratosthenes
2. biosfer
3. hidrosfer
4. geologi
5. lokasi relatif
6. diferensiasi area
7. keruangan
8. korologi
9. deskripsi
10. observasi

Baca juga: Kunci erlangga kelas 12 geografi interaksi desa kota

C. Uraian
1. Karena geografi mempelajari semua gejala yang ada pada ruang permukaan bumi. Mempelajari struktur ruang bumi mampu menggunakan analisis lokasi, sebaran dan interelasi. Bumi sebagai planet kehidupan merupakan suatu ruang yang berisikan beberapa lapisan dengan gejala yang khas di tiap lapisan.
2. Bisa lantaran dalam geografi ada pendekatan ekologi dimana pendekatan ini memfokuskan kajian pada imbas aktifitas insan kepada pergeseran struktur sebuah ruang. Contohnya tempat perbukitan mampu dirubah menjadi pemukiman atau industri oleh manusia.
3. Banjir di Jakarta sungguh berhubungan dengan keadaan Sungai Ciliwung yang mengalir dari Bogor sampai Jakarta. Debit air Ciliwung dipengaruhi keadaan curah hujan di hulu dan bantaran sungai. Kondisi bantaran Ciliwung sungguh padat pemukiman sehingga menghemat volume tampung sungai.
Perilaku insan disekitar sungai yang mencampakkan sampah sembarangan ke sungai juga menjadikan pendangkalan sungai. Dampaknya dikala musim hujan tiba banjir senantiasa melanda Jakarta.
4. Aspek yang dipelukan ialah aspek fisik seperti keadaan jalan, kontur jalan, arah.
5. Observasi yaitu kemampuan mengetahui desain geografi dengan melaksanakan penjelajahan dan pengamatan perihal ruang bumi.
Deskripsi adalah kemampuanmenjelaskan fenomena geosfer yang terdapat di wajah bumi secara detail.
Klasifikasi yaitu mengelompokkan fenomena-fenomena geosfer dengan syarat tertentu.
Pemetaan yakni kesanggupan menciptakan dan membaca peta dengan baik.
Analisis yaitu kesanggupan menganalisa relasi alasannya balasan antara fenomena geosfer satu dan lainnya.

Baca juga: Rangkuman Bab Hakikat Geografi