Blogger Jateng

Kaitan Wilayah Pewilayahan dan Tata Ruang

Geografi yakni ilmu yang mempelajari fenomena dalam sebuah ruang. Ruang yang mana yang dimaksud?. Tentu ruang permukaan bumi, jadi batas-batas ruang geografi adalah bumi sebagai planet.

Dalam geografi ruang didefinisikan selaku satu kesatuan wilayah, daerah insan dan mahluk hidup lainnya melaksanakan acara untuk menyanggupi kebuthan hidupnya.

Dalam ruang bumi ini juga terjadi aneka macam interaksi baik antara unsur fisik maupun sosial. Setiap ruang mempunyai fenomena berbeda-beda.

Konsep region atau daerah ini sungguh penting dalam geografi alasannya menjadi sarana hebat geografi dan merupakan unit studi dasar dalam geografi deskriptif. Pada risikonya kita akan mencoba memeriksa perbedaan antar wilayah dan dianalisa lebih dalam.

Konsep kawasan berawal di abad ke 19 dikala Paul Vidal de la Blache (andal geografi Perancis) mempelajari bagaimana alam dan lingkungan menentukan suatu batasan geografi dan memengaruhi aspek sosial dan politik sebuah kawasan.

Hasil pengamatannya berada di daerah homogen kecil di Perancis yang mempunyai metode pertanian yang dipengaruhi persediaan tanah dan pasokan air.

Wilayah homogen ini kemudian berinteraksi satu sama lain dan fenomena inilah yang menjadi tujuan dasar geografi menurutnya.

Konswp kawasan dan pewilayahan sungguh penting bagi geografi atau perencana kota supaya pembangunan sesuai dengan huruf wilayah tersebut. Tujuan mempelajari rancangan kawasan dan pewilayahan adalah untuk mengenali abjad dari tiap-tiap kawasan lewat pemahaman wacana banyak sekali fenomena geografi, interaksi biotik dan abiotik, serta realitas, seperti korelasi sosial dan budaya, kondisi ekonomi dan politik sehingga permukaan bumi secara keseluruhan bisa diketahui.

Setiap kawasan intinya memiliki kesempatanuntuk berkembang dan berubah menjadi sebuah pusat pertumbuhan. Coba lihat kota Dubai di Uni Emirat Arab, siapa yang menduga bahwa sedekade kemudian kota terbaru tersebut ialah gurun pasir gersang tak bertuan.

Kini kawasan gurun pasir tersebut disulap menjadi sebuah kota terbaru terbaik di dunia dengan ratusan gedung pencakar langit dan kemudahan modern nomor wahid di dalamnya. Itulah mengapa kita penting mempelajari wilayah biar pemimpin mampu mengurus ruang tersebut sehingga mampu ditinggali manusia dengan tenteram.
Kota Dubai dahulu ialah gurun pasir gersang