Blogger Jateng

Contoh Pidato Peringatan HUT RI ke-75 Tahun 2020

HUT Kemerdekaan RI tahun 2020 dalam waktu erat akan diperingati di tengah kondisi pandemi Covid- 19. Meskipun begitu kita tetap mesti semangat mengisi kemerdekaan dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Berikut ini acuan pidato singkat perayaan HUT RI ke-75 tahun 2020 yang mampu dijadikan referensi untuk anda. Indonesia bersatu dan besar lengan berkuasa, Corona minggat!.
Logo HUT RI ke-75
Assalamualaikum wr.wb

Hadirin yang berbahagia
Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkat kuasa, rahmat dan hidayahNya, di hari ini kita mampu memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Kita tahu bahwa ketika ini dunia tengah mengalami krisis alasannya pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 telah merubah tata kehidupan kita selaku manusia dalam beberapa bulan terakhir. Masyarakat dunia tak terkecuali kita bangsa Indonesia tengah berjuang melawan virus yang dapat melumpuhkan badan dan menyebabkan kematian.

Hadirin yang berbahagia
Melihat lagi ke era kemudian, kemerdekaan bangsa Indonesia bukan digapai tanpa adanya perlawanan dan pengorbanan. Kemerdekaan tidak akan diraih tanpa adanya semangat perjuangan, semangat kekeluargaan dan semangat persatuan seluruh rakyat Indonesia.

Oleh karena itu kerabat, dikala ini kita mesti kembali bersatu, berjuang pundak-membahu melawan Covid-19. Perjuangan kita kini tidak lagi lewat senjata melawan para penjajah tetapi dikala ini kita melawan virus yang tak terlihat.

Perjuangan kita ketika ini yakni melawan ego masing-masing untuk senantiasa patuh terhadap aturan-aturan protokol kesehatan sehingga penyebaran virus mampu ditekan secepat mungkin.

Hadirin yang berbahagia
Indonesia dibangun dari akar persatuan dan kekeluargaan yang berpengaruh, oleh akibatnya kita harus tetap menjaga marwah prinsip dasar berbangsa dan bernegara tersebut supaya NKRI tetap berdiri tegak, berdaulat dan besar lengan berkuasa selaku sebuah bangsa yang merdeka.

Sudah saatnya kita memberikan sumbangsih konkret, menelurkan karya-karya terbaik bagi penduduk dan bangsa supaya negara yang kita cintai ini makin jaya di mata dunia. Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir niscaya sungguh bikin capek dan melemahkan ekonomi negara.

Namun kini saatnya kita kembali bangkit dan kembali merajut asa, merangkai mimpi yang tertunda sesaat alasannya adalah pandemi tersebut.

Hadirin yang berbahagia
Kemerdekaan bukanlah suatu selesai melainkan sebuah awal dari perjalanan sebuah negara. Marilah kita isi perjalanan NKRI yang kita cintai ini dengan sarat kedamaian, prestasi, dan kejayaan.

Semoga di HUT RI yang ke 75 dengan tema Indonesia Maju, kita betul-betul menjadi sebuah negara yang unggul dan bergerak menuju negara yang maju dalam hal ekonomi dan maju secara peradaban.

Akhir kata selamat ulang tahun Indonesia yang ke-75, jayalah Indonesia. Wassalamualaikum wr.wb.