Blogger Jateng

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia (CHINA BERPERAN)

 arti dari kata sepak bola itu sendiri ialah gerakan menyepak atau memukul bola dengan kak Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia (CHINA BERPERAN)
Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia – Olahraga atau permainan? Atau mungkin pertandingan? Hayoo apa sih sepak bola itu?

Ringkasan Materi Sepak Bola

Kalau difikir secara gampang, arti dari kata sepak bola itu sendiri ialah gerakan menyepak atau memukul bola dengan kaki.
Caranya dengan mengayunkan kaki dan menendang ke arah mana yang akan kita tuju.
Lalu bagaimana jikalau dibilang selaku olahraga sepak bola?
Apakah pemahaman sepak bola itu masih utuh?
Jawabannya tentu YA.
Mengapa demikian? 
Dikatakan sebagai olahraga sepak bola tentu saja karena poin utamanya yaitu sepak bola itu sendiri, yakni gerakan menyepak atau memukul bola dengan kaki.
Hanya saja, disebut olahraga karena dalam sepak bola itu sendiri terdapat gerakan tubuh yang menguatkan dan menyehatkan badan. Selain gerakan menendang dan mengayun, dalam sepak bola juga terdapat gerakan berlari.
Disamping sepak bola dianggap selaku olahraga, sepak bola juga masuk dalam kategori permainan.
Mengapa?
Permainan yaitu suatu tindakan yang dilakukan dengan tidak sangat-sunggguh, jadi hanya untuk main-main saja. Tujuannya untuk menghibur diri, mengisi waktu luang ataupun selaku kegemaraan atau kegemaran. Kaprikornus bukan sesuatu yang menjadi mirip pekerjaan utama.
Nah, kemudian apa relevansinya sepak bola dengan pertandingan?
Selain untuk olahraga dan permainan, sepak bola juga bisa dijadikan ajang pertarungan.
Pertandingan merupakan perlombaan dalam olahraga yang menghadapkan dua pemain atau regu untuk bertanding (Sumber: KBBI).
Di dalam pertandingan sepak bola, kompetisi dikerjakan oleh dua regu atau tim yang masing-masing tim terdiri dari 11 orang.
Peralatan yang diharapkan dalam sepak bola juga tidak begitu neko-neko, hal ini yang menyebabkan sepak bola sungguh disenangi untuk dilaksanakan.
Tidak hanya para lelaki saja yang menjadi penggemar sepak bola loh. Beberapa kaum wanita juga ada yang menggemari sepak bola.
Alasan lain mengapa sepak bola banyak disukai yaitu ya tadi, karena sepak bola termasuk olahraga yang menggerakan seluruh anggota badan. Pergerakan seluruh anggota badan pastinya memiliki manfaat yang sangat baik.
Berbagai macam faedah mampu kamu peroleh dari olahraga sepak bola. Mulai dari menyebarkan kekuatan otot, menolong melatih jantung agar tetap sehat dan melatih kerjasama tubuh serta melatih kekuatan tulang.

Sejarah Sepak Bola Dunia

 arti dari kata sepak bola itu sendiri ialah gerakan menyepak atau memukul bola dengan kak Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia (CHINA BERPERAN)
Dulu bermain sepak bola memakai bola kulit yang gawangnya juga sungguh sempit tanpa adanya jaring-jaring. Lapangannya pun masih belum rapih. Kondisi tanahnya yang naik turun dan diselimuti rumput hijau masih cukup menggembirakan.
Jauh bertentangan dengan keadaan lapangan sepak bola sekarang ini yang rapih, higienis, tenteram dan aman.
Seiring  berjalannya waktu, olahraga sepak bola ini pun mulai dibawa ke Eropa, tepatnya Inggris. Nah, di Inggris sepak bola menjadi meningkat dengan sangat cepat. Kemudian mulai ditetapkan peraturan-peraturan.
Setelah Inggris menetapkan peraturan-peraturan dasar , permainan sepak bola terbaru mulai meningkat dan menjadi begitu disukai oleh berbagai golongan. Lalu mulai diadakan pembangunan lapangan-lapangan sepak bola dan sering mengadakan pertarungan sepak bola.

Tidak lama  sehabis itu, sepak bola pun menjadi kian terkenal sampai pada kesannya memiliki persaingan sendiri.
Federasi Sepak Bola Internasional atau yang sering kita kenal dengan nama FIFA dibentuk sesudah sepak bola meningkat di Inggris dan Eropa, pada tahun 1904.
Setelah terbentuknya FIFA, olahraga sepak bola kian menyebar meluas. Kemudian FIFA juga menertibkan metode dan struktur yang bagus untuk berjalannya persaingan. 
Seperti persaingan-kompetisi sepak bola yang selama ini kita saksikan, ada Liga Champions, Liga Inggris, Liga Spanyol , Liga Italia dan yang terbesar adalah Piala Dunia.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

 arti dari kata sepak bola itu sendiri ialah gerakan menyepak atau memukul bola dengan kak Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia (CHINA BERPERAN)
Sejarah masuknya sepak bola di Indonesia di duga karena bangsa Tiongkok. Bangsa Tiongkok menjadi pemain film utama dalam masuknya olahraga sepak bola ke Indonesia. 
Tapi tidak sedikit juga yang menyebutkan bahwa Belandalah yang menjadi pihak pertama memperkenalkan masyarakat pribumi dengan sepak bola.
Terdapat banyak anggota suatu perkumpulan sepak bola yang didirikan di tahun 1915 oleh warga Tionghoa. Kemudian tahun 1920 berdiri klub lagi mirip UMS Surabaya dan Jakarta yang menjadi anggota perkumpulan hebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda.
Untuk mengatur jalannya tata cara dan struktur permainan sepak bola, balasannya diresmikanlah Federasi Sepak Bola Indonesia yang berjulukan PSSI.

Kemunculan (PSSI)

Pada tanggal 19 April 1930 Organisasi PSSI didirikan. Sebelum Timnas Indonesia berpartisipasi di ajang Piala Dunia 1938 di Perancis. 
Minat  penduduk kepada sepak bola makin tinggi sejak dibentuknya PSSI, sehingga karenanya PSSI membentuk sebuah kompetisi yang bernama Kompetisi I Perserikatan. 
Kompetisi sepak bola utama yang ada di Indonesia yang dibawah naungan PSSI terdiri dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.
Demikianlah bahasan sejarah sepak bola dunia dan Indonesia. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung. .