Blogger Jateng

Pidato Idul Adha 2020 Keutamaan Qurban di Masa Pandemi Covid-19

Berikut ini acuan pidato singkat idul adha 2020 tentang keistimewaan mengembangkan di tengah pandemi COVID-19. Perayaan idul adha tahun ini agak berlainan dengan tahun sebelumnya alasannya pandmei Covid menciptakan ibadah haji dibatalkan atau ditangguhkan demi keamanan bareng . Haji cuma diperbolehkan untuk penduduk setempat Saudi dan ekspat yang telah usang menetap disana. Semoga kita diberikan keteguhan dalam cobaan ini dan yakinlah Allah akan menawarkan yang terbaik buat umatnya.

Assalamualaikum wr.wb.

Hadirin jamaah idul adha yang berbahagia
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT alasannya adalah hari ini kita masih bisa merayakan idul Adha di tengah situasi pandemi Covid-19 yang melanda dunia tak terkecuali Indonesia, negeri kita tercinta. Sholawat serta salam marilah senantiasa kita panjatkan terhadap junjunan kita nabi besar Muhammad SAW beserta para keluarga, sobat dan tabiin yang telah menjinjing kita dari jaman jahilyah ke jaman sarat kecerahan dalam bingkai Islam.

Hadirin jamaah idul adha yang berbahagia
Hari ini kita merayakan hari Idul Adha di bulan Dzulhijah atau haji. Namun berlainan dari tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini jamaan haji dunia terutama Indonesia tidak mampu menunaikan ibadah haji mirip umumnya karena pandemi Covid-19. Pemerintah Saudi Arabia menetapkan untuk menutup ibadah haji dari negara luar alasannya pandemi Covid yang belum kunjung reda.

Tentu ada kesedihan dibalik tertundanya jamaah haji kita berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci. Akan namun dibalik semua itu senantiasa ada pesan yang tersirat dan tidak ada sebuah takdir terjadi tanpa adanya campur tangan Allah SWT. Yakinlah semua yang ditakdirkan Allah SWT yaitu yang terbaik bagi insan.
Contoh pidato idul adha singkat 2020
Hadirin jamaah idul adha yang berbagia
Ibadah haji ialah suatu keharusan bagi umat Islam bagi yang bisa dan sehat secara jasmani dan rohani sebagaimana Allah sebutkan dalam QS. Al Imran 97

فِيْهِ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبْرٰهِيْمَ ەۚ وَمَنْ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ۗ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًاوَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ ۗ 
"Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah ia. Dan (di antara) keharusan manusia terhadap Allah yaitu melakukan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu menyelenggarakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (keharusan) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak membutuhkan sesuatu) dari seluruh alam."

Semoga kita semua diberikan fasilitas oleh Allah untuk mampu menjalankan ibadah haji di kala yang mau tiba. Selain ibadah haji di bulan Dzulhijah ini tepatnya tanggal 10 Allah menyuruh kita untuk menyembelih hewan kurban semoga kita selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memupuk sifat gemar memberi dan membuatkan terhadap sesama. Terlebih di periode pandemi Covid tahun ini, sebagian besar masyarakat khususnya yang kurang mampu tentu terkena imbas signifikan dari wabah penyakit ini. Jadikanlah pandemi Covid 19 ini selaku penyemangat kita untuk lebih sering berbagi, bederma kepada sesama umat. Karena sedekah ialah salah satu amalan yang tidak akan putus sampai dengan yaumil akhir nanti. Insaallah sedekah Qurban kita akan memberikan syafaat di hari pembalasan kelak.

Disinilah tugas Qurban dibutuhkan sebagain kemudahan mengembangkan manfaat, berbagi kasih kepada sesama manusia. Allah SWT berfirman dalam QS. Al Hajj ayat 37

لَنْ يَّنَالَ اللّٰهَ لُحُوْمُهَا وَلَا دِمَاۤؤُهَا وَلٰكِنْ يَّنَالُهُ التَّقْوٰى مِنْكُمْۗ كَذٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَاهَدٰىكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِيْنَ 

"Daging (binatang kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan hingga kepada Allah, namun yang sampai terhadap-Nya ialah ketakwaan kau. Demi-kianlah Dia menundukkannya untuk-mu supaya kamu mengagungkan Allah atas isyarat yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar bangga terhadap orang-orang yang berbuat baik."

Hadirin jamaah idul adha yang berbagia
Demikianlah sambutan idul adha kali ini, mudah-mudahan apa yang disampaikan mampu memperlihatkan manfaat bagi diri eksklusif dan umat muslim kebanyakan. Jadikanlah hari raya Qurban kali ini selaku ketika-ketika mempererat tali persaudaraan sesama umat di Indonesia. 

Wassalamualaikum wr. wb.