Blogger Jateng

Pembahasan KSK Geografi 2020 No 51-55

Halo sahabat-sobat sekalian pejuang olimpiade, kali ini saya akan coba berikan lagi pembahasan KSK Geografi 2020. 

Jangan lupa untuk share blognya ke sahabat-sahabat lain dan tetap semangat. KSP 2020 ini akan dilaksanakan bulan Agustus secara daring. 

51.    Jenis tanah pada soal nomor 50 (aluvial) di atas, persebarannya di Indonesia antara lain banyak terdapat di:
a. Jawa bagian selatan  
b. Jawa penggalan utara   
c. Sumatera potongan timur

d. Sumatera cuilan selatan
e. Papua potongan tengah


Kunci

Tanah aluvial umumtimbul di daerah hilir atau dataran rendah karena di kawasan hilir topografi rendah sehingga menjadi kawasan akumulasi/sedimentasi hasil pengikisan sungai. Daerah Jawa penggalan utara yaitu tempat dataran rendah aluvial sehingga menjadi salah satu lumbung padi nasional. 

52.  Perhatikan gambar berikut ini!
Soal OSK Geografi

Gambar di atas ialah gambaran satelit Quickbird yang menunjukkan beberapa objek di permukaan bumi. Objek- objek yang membuktikan sungai, kolam, jalan raya, stadion, dan perumahan berturut-turut ditunjukkan oleh nomor
a.    (1), (2), (3), (4), (5)   
b.    (2), (3), (4), (5), (1)  
c.    (3), (4), (5), (1), (2)
d.    (4), (5), (1), (2), (3)

e.    (5), (1), (2), (3), (4)

Kunci
Dalam soal ini kita diminta menginterpretasi objek pada suatu gambaran. Maka menurut panduan 8 unsur spasial citra yakni rona, tekstur, bentuk, ukuran, bayangan, acuan, situs, perkumpulan maka akan didapat:

1 = bak
2 = jalan raya
3 = stadion
4 = perumahan
5 = sungai

53. Salah  satu  versi  pengolahan  lahan  untuk  mempertahankan  kesuburan  lahan  guna  mendukung
konservasi lahan oleh penggunaan komoditi pertanian tunggal yakni:

a. terasering 
b. konturing
c. pergiliran tanaman
d. agroforestry

e. wind breaker

Crop rotation atau pergiliran tumbuhan adalah salah satu versi konservasi tanah yang sering dijalankan pada kegiatna pertanian model monokultur atau pertanian tunggal. Misalnya dalam satu tahun tanam kita bagi atau rotasi. 4 bulan pertama tanam padi, 4 bulan kedua tanam kacang kedelai, 4 bulan ketiga tanam padi lagi. Model seperti ini banyak dikerjakan di wilayah Jawa (karena keluarga saya di Jawa petani).

54. Perusakan dalam usaha pertanian sering terjadi dalam metode perladangan maupun perjuangan-perjuangan untuk mengembangkan produksi pertanian sendiri, misalnya pembasmian hama, pemupukan, penyeleksian bibit unggul, pembangunan bendungan, dan lain-lain. Sejarah pertanian pertanda era ini dimulai pada:
a.    revolusi pertanian pertama   
b.    revolusi neolitik  
c.    revolusi hijau    

d.    revolusi pertanian kedua
e.    revolusi pertanian berkelanjutan

Kunci
Revolusi hijau yaitu perubahan tata laksana pertanian dari versi subsiten ke arah industri atau modern. Salah satu teknik yang dikenalkan ialah panca perjuangan tani yang salah satunya yakni intensifikasi pertanian. Didalamnya terdiri dari pembasmian hama, pemupukan, tata cara penyeleksian bibit unggul, pembangunan dam dan yang lain. Tujuannya ialah meningkatkan profuktifitas lahan pertanian.

55. Berikut ini adalah beberapa tata cara pertanian di Indonesia, kecuali:
a.    tata cara ladang   
b.    tata cara sawah   
c.    metode tegal pekarangan   
d.    tata cara pengairan

e.    tata cara perkebunan

Kunci
Sejak jaman dahulu penduduk Indonesia sudah mempunyai kebudayaan agraris. Beberapa metode pertanian yang dijalankan penduduk Indonesia dikenal ada 5 adalah bersawah, berladang, bertegal, dan berkebun. Sementara metode pengairan yaitu salah satu pendukung pertanian (teknis pengairan) jadi bukan tergolong sistem pertaniannya. 

Lanjut>>>Soal no 56-60

Baca juga: Soal Simulasi KSN + Kunci