Blogger Jateng

Contoh - Contoh Pembuatan Daftar Pustaka (Tinggal Contek)

Contoh - Contoh Pembuatan Daftar Pustaka  (Tinggal Contek)  - Mengapa, apa sih perlunya kita membuat daftar pustaka ? Seberapa penting kita mencantumkan rujukan penulisan di daftar pustaka ?

 apa sih perlunya kita membuat daftar pustaka  Contoh - Contoh Pembuatan Daftar Pustaka  (Tinggal Contek)

Ya..salah satu prinsip yang selalu disertai oleh penulis utama blog ini (Agan Dores, red) adalah selalu mulai sesuatu dari "Why". Untuk setiap hal, hampir senantiasa aku tanyakan..

Mengapa ?

Buat Apa ?

Apa pentingnya ?

Apa karena ?

Termasuk dilema daftar pustaka ini. Makara apa sih fungsi dari Daftar pustaka itu sendiri ?

Di postingan ini akan saya ungkap secara lengkap semua hal tentang daftar pustaka. Dari mulai pemahaman, gaya-gaya penulisan daftar pustaka, hukum penulisan daftar pustaka.

Dan di simpulan postingan aku kasi teladan-teladan daftar pustaka, yang mampu jadi materi wangsit kalian dalam pengerjaan daftar pustaka.

0# Pengertian Daftar Pustaka dan Fungsinya

Lihat gambar berikut ini...

 apa sih perlunya kita membuat daftar pustaka  Contoh - Contoh Pembuatan Daftar Pustaka  (Tinggal Contek)
Seperti itulah yang dimaksud dengan daftar pustaka. Kaprikornus yang namanya daftar pustaka itu yaitu suatu daftar yang berisi sejumlah rujukan atau acuan yang digunakan untuk suatu karya tulis.

Terutama karya ilmiah, untuk penulisannya tidak boleh asal tulis. Misal ada teori-teori atau data-data observasi terkait dengan karya tulis tersebut, mesti merujuk dari sumber-sumber yang valid, yang terbukti kredibilitasnya.

Misal kita akan menciptakan karya tulis dengan tema kenaikan omzet UKM kabupaten Cirebon dengan memakai digital marketing. Terus dalam karya tulis tersebut kita menunjukkan data-data terkait UKM.

Data-data terkait UKM yang kita cantumkan tersebut harus ada sumbernya dari mana. Misal bersumber dari Dinas UMKM & Koperasi Kabupaten Cirebon.

Nah sumber tumpuan itu nantinya harus kita masukkan ke dalam daftar pustaka bareng dengan sumber-sumber referensi yang lain.

Selain untuk menunjukkan dapat mengemban amanah karya tulis kita, daftar pustaka juga selaku bentuk penghargaan terhadap sumber acuan yang kita ambil datanya atau kita kutip beberapa tulisannya. Sehingga kita terbebas dari yang namanya plagiarism atau tukang plagiat.

Misal di karya tulis kita ada sejumlah foto-foto atau gambar yang berasal dari orang lain, maka kita mesti mencantumkan sumber orisinil dari gambar tersebut. Atau mampu juga kita meminta ijin dari si pemilik gambar. Untuk memperlihatkan sumber acuan, kita mampu mencantumkan sumber acuan tersebut di dalam daftar pustaka.

Makara kesimpulannya, fungsi penting adanya daftar pustaka itu ada 2:
  1. Menjaga dapat diandalkan goresan pena kita, dengan menawarkan bahwa ukiran pena kita merujuk ke sumber terpercaya yang terdaftar di daftar pustaka.
  2. Menghindari adanya tuduhan plagiarisme, karena kita memakai karya pihak lain tanpa menyebutkan sumbernya.

Jika kalian saat ini sedang membuatsuatu karya tulis, mungkin itu skripsi, jurnal ataupun buku, maka wajib bagi kalian untuk merencanakan halaman daftar pustaka. Yang umumnya ditaruh di halaman kepingan tamat dari sebuah karya tulis ilmiah ataupun buku.

Format penulisan daftar pustaka tidak sembarangan. Ada aturannya. Berikut ini sistem penulisan daftar pustaka atau acuan dari banyak sekali sumber.

1# Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Jurnal

Yang namanya jurnal sendiri terbagi 2, ialah: Jurnal Cetak dan Jurnal Online. Masing-masing tentu beda cara menuliskan daftar pustakanya.

Jurnal biasanya digunakan untuk sumber rujukan penulisan karya tulis ilmia mirip thesis, skripsi ataupun jurnal itu sendiri.

Penulisan daftar pustaka dari jurnal lazimnya mengikuti 2 model baku, ialah versi APA dan MLA. Sekilas tentang keduanya...

APA (American Psychological Association), mirip namanya, patokan penulisan daftar pustaka mengikuti gaya yang diterbitkan oleh perkumpulan psikologi Amerika ini.

MLA (Modern Language Association), forum ini juga sama-sama berasal dari Amerika.

Aturan Daftar Pustaka Dari Jurnal - Standar APA

Format penulisan daftar pustaka - persyaratan APA: Nama Terakhir, Inisial. (Tahun). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume(edisi jikalau ada), Range Halaman. https://doi.org/yyyy (jika ada)

Maksud dari doi dari https://doi.org/yyyy yaitu Digital Object Identifier. Karena beberapa jurnal ada yang punya DOI dan ada yang tidak.

Contoh Daftar Pustaka Dari Jurnal - APA Style

Berikut ini beberapa acuan penulisan daftar pustaka APA Style mulai dari 1 penulis dan 2 penulis lebih...
Contoh Daftar Pustaka Jurnal 1 Penulis

 apa sih perlunya kita membuat daftar pustaka  Contoh - Contoh Pembuatan Daftar Pustaka  (Tinggal Contek)
Contoh Daftar Pustaka Jurnal 2 Penulis
 apa sih perlunya kita membuat daftar pustaka  Contoh - Contoh Pembuatan Daftar Pustaka  (Tinggal Contek)
Contoh Daftar Pustaka Jurnal 4 Penulis

Penulisan Daftar Pustaka Jurnal - Standar MLA

Dibanding APA Style, MLA tentu lebih praktis, ga ribet. Berikut ini formatnya...

Format Daftar Pustaka MLA Style: Nama Terakhir, Nama Pertama."Judul postingan". Nama Jurnal Volume.edisi(Tahun publikasi):Media Penerbitan (cetak/online).

Langsung kita lihat beberapa contohnya...

 apa sih perlunya kita membuat daftar pustaka  Contoh - Contoh Pembuatan Daftar Pustaka  (Tinggal Contek)
Daftar Pustaka 1 Penulis
 apa sih perlunya kita membuat daftar pustaka  Contoh - Contoh Pembuatan Daftar Pustaka  (Tinggal Contek)
Daftar Pustaka MLA Standar - 2 Penulis
 apa sih perlunya kita membuat daftar pustaka  Contoh - Contoh Pembuatan Daftar Pustaka  (Tinggal Contek)
Daftar Pustaka Jurnal Gaya MLA - 3 Penulis Lebih

2# Bikin Daftar Pustaka Sumber Dari Internet (Website)

Tak bertentangan dari sumber jurnal, cara menulis daftar pustaka dari internet kali ini akan menggunakan 2 format. Yaitu, Standar APA dan MLA.

Format Penulisan Daftar Pustaka Dari Website - Standar APA

Nama Website. Tanggal Posting Artikel. Judul Artikel. Waktu Akses. URL Website
Contoh...

makalalahfiqih.blogspot.com. (2020, 25 April). Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Berbagai Sumber. Diakses pada 20 Juni 2020, dari https://makalalahfiqih.blogspot.com/


Format Daftar Pustaka Dari Website - Standar MLA

Judul Artikel. Nama Situs. Tanggal Artikel Diposting. Waktu Akses. URL Situs 
Contoh...

Cara Membuat Kaya Raya Dengan Rebahan. makalalahfiqih.blogspot.com. (2020, 21 April). Diakses pada 21 Juli 2020, dari https://makalalahfiqih.blogspot.com/


3# Bagaimana Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Format penulisan daftar pustaka dengan sumber dari suatu buku selaku berikut..
Nama Terakhir, Nama Awal. Tahun Terbit. Judul Buku (Ditulis Miring): Tempat Terbit (Nama Kota). Nama Penerbit.
Untuk teladan penulisannya seperti di bawah ini...

Handoyo, Mohamad Rusdi. 2009. Teknik Pemrograman Komputer Bahasa C. Cirebon: Publishing Company.

4# Membuat Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar Dari Makalah

Bagi kalian yang belum tahu, membuat daftar pustaka dari makalah itu berlawanan dengan daftar pustaka dari buku. Hal yang mencolok yakni, penulisan nama di daftar pustaka dengan sumber dari makalah tidak dibalik.

Untuk lengkap formatnya mirip ini...
Nama. Tahun. Judul Makalah. Makalah
Biar lebih gampang, misalnya bisa kamu contek...

Agan Dores. 2020. Tips Praktis Maintenance Komputer. Makalah 

Perlu kamu ingat, di setiap akhir senantiasa sematkan kata "Makalah". Seperti pola di atas. Ini memperlihatkan bahwa sumber daftar pustaka dari makalah. Bukan dari buku.

5# Membuat Daftar Pustaka Dari Artikel Blog

Sebetulnya antara blog, situs, website itu beda-beda tipis. Jadi untuk format penulisan daftar pustaka yang bersumber dari blog sama dengan sumber website.

Jadi...baik format ataupun contohnya, bisa kamu lihat lagi di nomor 2. Yang membahas tata cara menciptakan daftar pustaka dengan sumber dari internet atau situs web.

6# Penulisan Daftar Pustaka Dari Modul Kuliah

Penulisan daftar pustaka dari modul kuliah tak jauh beda (bahkan sama persis dengan penulisan dari buku). Hanya saja kadang modul kuliah tidak tercantum nama penerbitnya. Sehingga yang ditulis yakni nama universitas atau kampus yang mengeluarkan modul tersebut.

Untuk formatnya seperti berikut...
Nama Terakhir, Nama Depan. Tahun Penerbitan. Judul Modul Kuliah (tulis miring ya..). Kota Tempat Terbit: Nama Universitas/ Kampus.
sebagai teladan...

Al-Cireboni, Ahmad Miftah. 2019. Modul Mata Kuliah Digital Marketing. Cirebon: Cirebon Institute of Technology.


7# Pembuatan Daftar Pustaka Otomatis Pakai Ms Word 

Nah, sesudah kamu-kamu sekalian tahu bagaimana format daftar pustaka dari aneka macam sumber, saatnya kamu membuatnya di MS Word.

Agar tidak capek, saya akan berikan caranya yang otomatis. Di mana, selain ga melelahkan, juga dijamin ke-tepatan-nya. Alias, niscaya baik dan benar karenanya.

Karena tinggal kau input data-data sumber daftar pustaka, maka si MS Word ini akan secara otomatis yang menyusun formatnya. Selain itu juga akan mengurutkan otomatis sesuai urutan aksara.

Karena cukup panjang lebar pembahasannya, bisa langsung kau cek di artikel "Cara Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word Secara Otomatis"