Blogger Jateng

Jenis Iklim dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan

Iklim ialah keadaan yang kompleks dari atmosfer. Kondisi yang kompleks tersebut ialah campuran dari aneka macam komponen-unsur iklim. 

Masing-masing unsur iklim tersebut di setiap kawasan berbeda-beda intensitasnya yang mana intensitas di setiap kawasan ini salah satunya dipengaruhi oleh letak astronomis sehingga letak astronomis berpengaruh dalam memilih corak iklim negara yang bersangkutan.

Ada 4 jenis iklim yang efeknya serba membatasi bagi daerah tinggal insan serta kemajuan kekuasaan politiknya yakni: iklim masbodoh, iklim tropika lembap, iklim panas (sabana) dan iklim kering (stepa dan gurun).

1. Iklim Dingin: Tundra dan Taiga

Tundra dan Taiga
Zona iklim yang terlampau cuek ialah terdapat di kawasan sekitar kutub dan di pengunungan tinggi. Pada umumnya tanah di kawasan tersebut dingin beku sebab tertutup oleh salju dan es. 

Hanya dibagian tepinya saja yang menawarkan kemungkinan isu terkini semi yang pendek bagi kemajuan jenis-jenis rumput dan lumut tipis. 

Wilayah padang lumut yang disebut tundra tidak dapat menampung masyarakatbanyak dan cuma dimanfaatkan untuk ternak rusa kutub.

Di samping daerah tundra diketahui pula kawasan taiga, yang suhu udaranya tidak begitu ekstrem dinginnya. Musim dinginnya di kawasan ini amat panjang sedangkan demam isu bagi kemungkinan tumbuhnya tumbuhan bahan pangan terlalu pendek. 


Penduduknya jarang. Hasil hutan dan tambang ialah satu-satunya sumber ekonomi. Di situ dengan sendirinya tidak akan timbul pusat-pusat negara yang penting, meskipun memiliki kekayaan alam taiga.

2. Iklim Basah Tropika

Tropika yakni wilayah di permukaan Bumi, yang secara geografis berada di sekeliling ekuator, ialah yang dibatasi oleh dua garis lintang 23. 5°LS dan 23. 5˚ LU: Garis Balik Utara (GBU, Tropic of Cancer) di utara dan Garis Balik Selatan (GBS, Tropic of Capricorn) di selatan. Tropis yakni bentuk ajektivanya. 

Area ini terletak di antara 23. 5° LU dan 23. 5° LS, dan meliputi seluruh potongan Bumi yang dalam setahun mengalami dua kali dikala matahari tepat berada di atas kepala (di utara GBU dan di selatan GBS matahari tidak pernah mencapai ketinggian 90° atau tepat di atas kepala).
 

Tumbuhan dan binatang tropis yaitu spesies yang hidup di daerah tropis tersebut. Istilah tropis juga adakala digunakan untuk menyebut tempat yang hangat dan basah sepanjang tahun, meskipun tempat itu tidak terletak di antara dua garis balik.
Hujan berair tropik
Tumbuhan kawasan tropis biasanya berdaun lebar dan hijau kekal (tidak menggugurkan daun), atau bila mempunyai perilaku peluruh mereka tidak dipengaruhi oleh suhu atau durasi radiasi matahari melainkan oleh ketersediaan air di tanah. 

Wilayah tropis di seluruh dunia dimengerti dalam biogeografi sebagai wilayah pantropis (”seluruh tropis”), untuk dipertentangkan dengan wilayah per benua, mirip Amerika tropis, atau Asia tropis.

Indonesia ialah salah satu negara yang terletak pada iklim tropis. Dengan curah hujan dan kelembapan relatif besar yang didukung tingginya kesuburan tanah, memiliki potensi besar untuk mengakibatkan negara Indonesia sebagai negara dengan kekuatan pada bidang agraris.

Walaupun Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah, Indonesia masih termasuk ke dalam gugusan negara miskin. Iklim di Indonesia merupakan salah satu aspek yang memengaruhi etika bangsa Indonesia. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia merupakan salah satu dari sekian yang berdomisili di daerah Tropis. 


Negara yang bertempat tinggal di daerah Tropis juga bisa dikatakan negara yang bertempat tinggal di kawasan yang mempunyai iklim seragam. Yang dimaksud iklim seragam di sini ialah iklimnya hambar saja atau panas saja. 

Kondisi iklim yang mirip itu sungguh memengaruhi pertumbuhan suatu bangsa. Bangsa yang meninggali tempat ini condong memiliki abjad yang berlawanan dengan daerah yang berada di kawasan subtropis.

3. Iklim Panas: Sabana

Iklim panas merupakan komponen kedua yang fungsinya membatasi kemajuan politik. Zona iklim panas ini terdapat di sepanjang garis ekuator dan kawasan yang memiliki batas dengan ke arah kutub.

Dataran-dataran rendah tropika di dunia udaranya selalu panas tetapi basah. Sifatnya yang serba monoton ( panas dan berair tanpa selingan) itulah yang menjadikan wilayah tersebut tidak baik untuk tempat tinggal manusia. 


Hujan yang turun sehari-hari dapat mencuci tanah (soil leaching) sehingga tidak subur bagi pertanian.
Padang sabana di Afrika
Udara yang terik serta basah juga melemahkan badan insan untuk bekerja keras, vitalitasnya lekas menurun drastis dalam banyak sekali bisnisnya. Hanya di daerah-kawasan pantai dan lereng-lereng pegununggan saja, Karena dampak angin laut atau angin gunung yang suhunya mampu sedikit sejuk, disitu penduduk dapat mengadakan kehidupannya yang patut.

Bagian kedua dari kawasan tropika yakni yang bermusim kering, ini lebih menunjukkan kemungkinan pada manusia. Musim kering fungsinya seperti mematahkan monotoni tropika. Disitu logika manusia mampu diasah untuk menyanggupi kebutuhan hidupnya.

Kondisi maksimal secara klimatis bagi manusia di wilayah tropika kedua ini, berupa trend kemarau (kering) yang agak pendek, seperti di India, Srilanka, Jawa dan Kuba. Penduduk di kawasan ini amat padat: dibandingkan dengan tempat lain di bumi, justru paling padat. 

Hasil pertanian bahan pangan mirip padi dan jagung ditanam sebanyak-banyaknya. Namun kian ke pinggiran di mana isu terkini keringanya lebih panjang dan curah hujannya cenderung langka, di situ timbul bentang alam berbentukstepa dan sabana.

Wilayah-wilayah yang iklimnya terlalu terik menurut pengalaman sejarah, mampu menghambat hadirnya perkembangan politik yang terbaru.

4. Iklim Kering: Stepa

Unsur keempat yang fungsinya menghambat perkembangan politik adalah kekeringan. Wilayah-wilayah dipermukaan bumi yang terdiri atas gurun-gurun bisa menyajikan penghidupan bagi insan bila bisa menyajikan air dalam jumlah yang cukup untuk mendukung perjuangan pertanian masyarakatatau menawarkan sumber daya tambang yang mampu dimasak.

Pada kawasan yang memiliki irigasi yang luas disitu mampu lahir sebuah satu kesatuan politik yang penting. Wilayah yang mempunyai terusan irigasi paling menguntungkan bagi lahirnya peradaban insan, jika dibandingkan dengan daerah tropika yang monoton panas iklimnya.

Stepa merupakan cuilan dari wilayah beriklim kering (semi-arid). Penduduknya yaitu kaum Nomad yang bertahan hidup beradad-abad di daerah beririgasi di antara stepa itu. Menurut sejarah perpindahan bangsa Nomad ke stepa-stepa itulah yang mendorong serbuan-serbuan masuk negara agraris.

Kondisi iklim kering (semi-arid) dalam sejarahnya, menciptakan penduduk Nomaden yang serba faktual mentalitasnya serta jasmaninya dan bisa menggerakkan datangnya kekuasaan penting setempat dan di wilayah sekitarnya yang jauh.

Padang stepa