Blogger Jateng

Soal UNBK Hots Geografi Sebaran Sumber Daya

Halo sahabat-sahabat sekalian, kali ini lanjut kita akan diskusikan acuan soal unbk geografi yang daya serapnya rendah di tahun kemudian. 

Materinya seputar sumber daya alam dan sebarannya. Sumber daya alam ialah segala sesuatu di alam yang bisa didayagunakan untuk kesejahteraan hidup manusia.

Dalam materi geografi kelas 11, materi sumber daya alam akan dipelajari dari sisi sebaran, jenis hingga pemanfaatannya. Perhatikan jenis soal berikut ini.
Soal UNBK Sebaran SDA
Siswa yang tidak memiliki wawasan dan daya akal keruangan cukup baik pasti akan kesusahan dikala melakukan soal diatas. Kegiatan yang perlu dilaksanakan siswa adalah menciptakan peta sebaran sumber daya alam sehingga diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan keruangan yang baik.

UNBK 2017
Wilayah bertanda X ialah Sumatera Utara dan yang Y adalah daerah Kalimantan Selatan. Jawabannya adalah minyak bumi dan batubara.

UNBK 2018
Wilayah bertanda angka 1 ialah Kalimantan Timur dan kawasan bertanda 2 yakni Sualwesi Barat. Jawabannya ialah minyak bumi dan bijih besi. Kenapa tidak aspal?. Karena aspal yaitu di Buton Sulawesi Tenggara. Posisi angka 2 ada pada wilayah Sulawesi Barat.

UNBK 2019
Wilayah bertanda P yaitu Papua yang artinya yakni tambang emas dan tembaga milik Freeport. 

Jadi untuk menguasai soal ini tidak ada cara lain selain kamu tekun menciptakan dan melihat peta sebaran SDA di tiap pulau Indonesia. Semakin sering dilihat pasti kamu akan paham dengan sendirinya.