Blogger Jateng

Soal UNBK Geografi HOTS Daya Serap Rendah (Litosfer)

Halo kawan-mitra seluruhnya, masih semangat untuk belajar geografi kan dengan blog ILMUGURU?. 

Kali ini lanjut lagi kita akan coba berikan pola soal hots unbk geografi dengan daya serap rendah 3 tahun sebelumnya. 

Soal geografi di unbk intinya secara umum dikuasai tipe soal gampang dna yang merepotkan cuma 30% saja. Soal kali ini masih ihwal dinamika litosfer. 

Nampaknya siswa kita masih belum mengenali fenomena geosfer dengan baik terutama tentang tenaga endogen dan eksogen. Perhatikan 3 soal unbk geografi tipe hots berikut ini.
Soal unbk level hots dinamika litosfer
Nah untuk menjawab ketiga soal tersebut maka kamu wajib mengerti wacana proses siklus batuan dan fenomena tenaga endogen dan eksogen. 

Jika kamu tidak paham desain ini maka akan kesulitan menjawabnya. Kita diskusikan satu per satu ya.

Tahun 2017
Gambar di soal menandakan salah satu fenomena di gua kapur ialah stalaktit dan stalagmit. Fenomena ini dihasilkan oleh aktifitas eksogen berbentukpengikisan dan pendendapan. 

Kapur yang mengalai abrasi oleh air kemudian larut dan kesannya mengendap di dinding gua membuat bentukan mirip pada gambar. Stalaktit menggantung dari atas gua sementara stalagmit berkembang dari dasar gua.

Tahun 2018
Gambar menandakan proses siklus batuan. Batuan angka 3 adalah batuan sedimen. Perubahan dari batuan 2 (beku) ke batuan 3(sedimen) dihasilkan oleh pengangkutan dan pengendapan (eksogen).

Tahun 2019
Gambar menunjukan siklus batuan, namun kali ini diminta memperlihatkan contoh batuan. Tanda x ialah proses eksogen yaitu erosi, pengangkutan dan sedimentasi maka jenis batuan yang tepat yakni batupasir. 

Gabro, granit, obsidian dan batuapung tergolong batuan beku. Untuk lebih lengkpanya perihal siklus batuan silahkan cek diagram di bawah. Lanjut>>>Soal daya serap rendah atmosfer UNBK
Siklus batuan dan prosesnya