Blogger Jateng

Soal UNBK Geografi Atmosfer Daya Serap Rendah

Kali ini kita lanjut lagi bahas soal unbk geografi tipe hots yang punya daya serap rendah di tahun sebelumnya. 

Salah satu materi yang ternyata dianggap susah dari hasil evaluasi soal unbk yakni dinamika atmosfer. Ada banyak desain-rancangan yang wajib dikuasai dalam materi dinamika atmosfer.
Atmosfer ialah lapisan selubung bumi berbentukgas-gas yang memiliki sifat dan fungsi masing-masing. 

Fenomena atmosfer sungguh erat dengan cuaca dan iklim. Kamu harus mengerti perihal bab-bagian cuaca dan iklim. 

Siswa yang daya nalarnya tidak tinggi akan kesulitan dalam memecahkan soal diatas. Artinya siswa belum bisa mengerti konsep dasar cuaca dan iklim dan karakteristik hujan. Berikut penjelasannya.

Pembahasan unbk hots atmosfer
Tahun 2017 Dalam soal dicantumkan paragraf yang menerangkan sebuah proses hujan karena adanya mass udara di kawasan tropis yang naik kemudian membentuk awan dan hujan. Hujan ini adalah hujan zenital atau konvektif. Kata kunci hujan konvektif atau zenital yakni konferensi dua massa udara hangat yang naik lalu mengalami kondensasi.
Tahun 2018 Soal ini mencantumkan ciri-ciri sebuah proses hujan. Kata kunci pundak-membahu ada pada tempat tropis yang biasa terjadi hujan zenithal atau konvektif.
Tahun 2019 Soal ini mencantumkan beberapa deskripsi ciri-ciri hujan kemudian siswa diminta memilih ciri yang cocok dengan hujan konvektif. Hujan konvektif ialah hujan yang terjadi alasannya adalah konferensi dua massa udara hangat lalu naik. Nah bergotong-royong jika gundah bisa dengan mengeleminasi jawaban yang salah dan paling mudah dimengerti yaitu (4) terjadi di lereng gunung, ini ialah hujan orografik. Jadi pilihan tanggapan niscaya antara opsi A dan C. Jawabannya yaitu A. 1, 2 dan 3. Baca juga: Pengertian hujan zenital, orografik dan frontal

Lanjut>>>>Soal HOTS Sebaran SDA