Blogger Jateng

Contoh Soal UNBK Geografi 2020 Tipe HOTS Litosfer

Soal unbk geografi intinya yakni soal-soal patokan dengan komposisi 60% soal gampang dan sisanya menengah dan hots. 

Kali ini aku bagikan acuan soal UNBK level hots dari 3 tahun terakhir yang mempunyai daya serap siswa yang rendah.

Artinya soal ini paling banyak yang tidak mampu dijawab oleh siswa alias salah. Materinya yaitu ihwal perkembangan bumi. Bagi siswa yang daya nalarnya rendah maka niscaya akan kesulitan mengenali soal di bawah ini. 

Faktornya yakni siswa belum paham rancangan fenomena geosfer dan belum mampu menganalisis keterkaitan lokasi sesar/patahan yang ada di Indonesia.

Kaprikornus variasi teori dan pengetahuan lokasi mutlak diperlukan oleh siswa dan harus sering baca fenomena kekinian dan latihan soal. Perhatikan soal berikut ini:
Soal HOTS Geografi Dinamika Litosfer

Perhatikan 3 tipe soal diatas yang merupakan soal bahan litosfer 3 tahun terakhir. Pola soal sama hanya pertanyaan saja yang diarahkan bertentangan. Saya akan ulas kunci tanggapan soal hots satu per satu.

Tahun 2017
Gambar pada soal menerangkan fenomena geosfer berupa lipatan permukaan bumi. Lipatan ini mampu terjadi sebab adanya tekanan yang berasal dari gaya endogen. Lipatan pegunungan misalnya Pegunungan Himalaya yang ialah hasil ukiran lempeng Eurasia dan India. Kaprikornus lipatan pegunungan pada gambar adalah hasil lempeng yang bertabrakan atau konvergen.

Tahun 2018
Gambar menujukan lempeng yang saling berpapasan aliasn transform, dari arah panah pun mampu kelihatan. Dampak yang ditimbulkan dari adanya gerak transform adalah terbentuknya sesar mendatar.

Tahun 2019
Gambar membuktikan batas lempeng yang saling berpapasan atau transform. Pertanyaan kali ini diarahkan untuk mengidentifikasi daerah Indonesia yang terdapat sesar ialah Sesar Palu Koro di Sulawesi Tengah. Soal umumnya menerangkan fenomena update alias kontemporer, jadi di tamat tahun 2018 terjadi gempa dan tsunami alasannya adalah pergerakan sesar Palukoro di Sulawesi Tengah.

Itulah pola kombinasi soal hots geografi unbk bahan dinamika litosfer. Jadi perhatikan contoh soal dan terus berlatih, niscaya kamu akan bisa dan paham dengan sendirinya. Jangan lupa share ke sobat-teman lain.   

Lanjut>>>Soal hots litosfer part 2