Blogger Jateng

Perbedaan Definisi Ruang, Wilayah dan Kawasan

Dalam geografi pastinya kita niscaya akan menyampaikan tentang suatu daerah atau region. Region yaitu bagian penting geografi.

Meskipun kita hidup dalam satu bola ruang yang dinamakan bumi, akan tetapi permukaan bumi ini tidak sama alaias tidak seragam seluruhnya.

Ada perumpamaan ruang, kawasan dan daerah dalam geografi. Pada dasarnya semua adalah bagian dari ruang permukaan bumi namun ada beberapa faktor yang membedakannya. Berikut ini makna ruang, daerah dan daerah berdasarkan geografi.

1. Ruang
Konsep ruang ialah wadah atau kawasan tinggal insan yang meliputi ruang darat, laut, udara berserta sumber daya yang ada di dalamnya. Unsur pembentuk ruang ada 4 yakni tanah air, udara, sumber daya.
- Tanah
Tanah yaitu bahan bentukkan alam hasil pelapukan batuan yang sungguh bermanfaat bagi kehidupan. Tanah tersusun atas mineral, bahan organik, air dan udara
- Udara
Udara tersusun atas aneka macam macam gas mulai dari nitrogen, oksigen, karbon dioksida, argon, helium dan gas lain dalam persentase kecil
- Air
Air adalah bagian esensial yang penting bagi terciptanya kehidupan. Air terdistribusi di bumi dalam wujud padat, cair maupun gas. 
Ruang, daerah dan tempat

2. Wilayah
Wilayah yakni sebuah ruang dengan batas-batas administrasi atau mempunyai kenampakan khas yang berlainan satu sama lain. Contoh wilayah yakni wilayah DKI Jakarta, daerah hutan bakau, kawasan Taman Nasional dan yang lain.

Wilayah terbagi menjadi daerah formal dan wilayah fungsional.
a. Wilayah Formal
Wilayah formal dibentuk dari keseragaman atau kesamaan ciri pada kawasan tersebut. Contoh kawasan formal ialah daerah pedesaan, wilayah karst, kawasan hutan tropis, kawasan sabana.
b. Wilayah Fungsional
Wilayah fungsional dibuat dari heterogenitas dan mempunyai fungsi contohnya daerah perkotaan, daerah industri, wilayah konservasi.

3. Kawasan
Kawasan adalah ruang dengan batas fungsional selaku pemisah. Contoh daerah yaitu kawasan ekonomi khusus, kawasan konservasi penyu, kawasan berikat, daerah pemukiman elit.

Gimana udah mampu bedakan mana ruang, kawasan atau tempat?. Jangan lupa untuk like blognya ya dan share ke sobat-teman lainnya.