Blogger Jateng

Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) 1 Lembar

Halo sahabat-sahabat guru sebangsa dan setanah air, kali ini kita akan bicara wacana lesson plan alias RPP yuk!. 

Bapak menteri kita Nadiem udah memberikan kebijkan tentang RPP yang akan disederhanakan sehingga tidak memberatkan guru.

Sebelumnya nih RPP ada 13 unsur, sungguh padat sekali dan membuang-buang waktu guru. 

Saya sendiri telah usang membuat ulasan perihal begitu buruknya format RPP Indonesia yang mampu berhalaman-halaman kaya novel, boros kertas. 

Beda halnya dengan RPP di luar negeri yang simple cukup 1 lembar saja bisa menyajikan pembelajaran mempesona. Baca juga: Pembahasan OSK Geografi 2019 Full 1-100

Kaprikornus yang dahulu-dulu pemangku kebijakan, helow kemana aja nih. Masa membuatkebijakan yang buat guru frustasi, ngaco ini. Kebijakan terbaru menyebutkan bahwa RPP cukup menampung 3 komponen saja yaitu tujuan pembelajaran, program pembelajaran dan evaluasi. 

Beda banget dengan yang dahulu harus nyantumin KI 1, KI 2 yang boros kata, konsep, prosedural, metakognitif dll gak berkualitas banget. 
RPP Satu Lembar Saja
Jujur saja aku gak paham dahulu ngapain pemerintah menciptakan kebijakan isi RPP yang jelimet gitu. Kaprikornus ketika ini dengan rancangan Merdeka Belajar, maka guru dan siswa akan menjadi lebih semangat lagi mencurahkan segala kreatifitas, yang penting sesuai fatwa dasar kurikulum.

Saat ini bantu-membantu banyak aplikasi online yang mempermudah guru untuk mendesain RPP, salah satunya ya MS Word. Saya biasa menjadikannya disana sebab bisa pilih template dan donwload sendiri. 

Di MS Word udah ada fitur template lesson plan, tinggal edit-edit aja. Kaprikornus jaman now itu RPP gak usah terlalu kaku kaya jaman orba aja semua dikelola sentralistik. 

Biarlah guru berkreasi asalkan komponen pembelajarannya terinput dalam RPP tersebut, kan gitu. 

Pengalaman dahulu ketika pelatihan K13 saya memberikan pendapat ke instruktur terkait RPP ini, eh dia malah murka-murka. 

Dalam hati, pelatih macam apa itu, gak bisa mendapatkan pertimbangan orang lain seolah paling benar sendiri. Kata-katanya pun memberikan keangkuhan dengan emosi. 

Kaprikornus mari merdeka merancang aktivitas belajar. Berikut ini pola RPP 1 lembar yang aku desain di MS Word. Download di bawah. Baca juga: Contoh Soal UP PPG Daljab dan Kunci Jawaban

-Link Pembahasan UNBK Geografi
Soal No 1-5
Soal No 6-10
Soal No 11-15
Soal No 16-20
Soal No 21-25
Soal No 26-30
Soal No 31-35
Soal No 36-40
Soal No 41-45
Soal No 46-50

>>>RPP Geografi 6 Semester 1 Lembar CONTOH RPP 1 LEMBAR PEWILAYAHAN NEGARA
FORMAT RPP Permendikbud 14 Th 2019