Blogger Jateng

Wacana Mendikbud Nadiem Hapus Ujian Nasional

Beberapa hari ini dunia pendidikan kembali menerima isu heboh terkait wacana penghapusan ujian nasional alias UNBK. 

Tagline informasi mulanya muncul di Tempo sementara waktu kemudian. Lantas seperti apa pertimbangan mendikbud menghapus cobaan nasional dan kapan pembatalan itu mulai dilaksanakan?.

Dalam beberapa sumber berita dimengerti bahwa kemendikbud masih tengah mengkaji wacana perlu tidaknya UNBK dihapus. 

Tentunya akan ada plus minus jikan unbk dihapus dari struktur kurikulum. Pak menteri tengah berusaha menciptakan sinergi antara pendidikan dengan dunia industri 4.0.

Kita tahu bahwa ketika ini jumlah pengangguran terdidik lulusan Sekolah Menengan Atas dan Perguruan Tinggi masih sangat tinggi. Jika dibiarkan maka ini akan berbahaya bagi bangsa Indonesia. Diperlukan deregulasi dan debirokratisasi untuk menciptakan dunia pendidikan sikron dengan keperluan pasar.

Yang pasti Nadiem akan melaksanakan penyederhanaan kurikulum dan lebih memprioritaskan kompetensi dibandingkan sekedar menghapal bahan untuk ujian. Gebrakan kurikulum perlu dilaksanakan untuk menciptakan program belajar dan pendidikan lebih terarah sesuai jamannya.

Nadiem juga akan fokus membereskan kompetensi guru di semua jenjang pendidikan. Strategi peningkatan kualitas guru ini tengah digodog biar matang dan siap dilaksanakan tahun depan. 

Saat ini pendidik lebih terbebani dengan manajemen yang bejibun. Mendikbud akan mencoba mempersempit hidup seorang pendidik biar fokus mengolah siswa bukan mengolah manajemen.

Pastinya akan ada beberapa imbas bila UNBK dihapus. Misal bimbel-bimbel yang banyak fokus marketing di UNBK pasti mesti memutar otak supaya forum bisnis nya tetap jalan. Semua menanti dahulu kebijakan kurikulum mirip apa yang diperlukan menteri. 

Asalkan semua mengarah pada kebaikan pendidikan nasional pasti harus disokong sepenuhnya oleh seluruh stakeholder pendidikan. 

Pendidikan tidak sebatas manajemen tetapi lebih penting lagi bagaimana membuat semua siswa mendapatkan pergeseran dan kenaikan kompetensi hidup selama ia mengenyam bangku pendidikan. Setujukah bapak ibu guru terkait peniadaan UNBK?. Baca: Contoh RPP Geografi 1 Lembar
UNBK dihapus di tahun 2020