Blogger Jateng

Tips Lulus Uji Pengetahuan (UP) PPG Daljab

Halo sobat-sahabat guru sebangsa se tanah air, gimana nih udah siap UP?. UP alias Uji Pengetahuan yaitu salah satu tes uji terakhir dalam acara sertifikasi guru atau pendidikan profesi guru. Nah UP ini yaitu salah satu yang paling krusial dan wajib ditaklukan.

Sebelumnya anda tentu sudah melaksanakan tes Uji Kinerja alias Ukin di sekolah kawan. Nah bagaimana kemudian dengan UP ini?. Adakah trik khusus mengerjakannya?. Saya akan berikan sedikit kiat saja biar anda tidak grogi dan khawatir berlebihan dalam melaksanakan soal ini sebab anda seorang guru yang udah sering menyampaikan materi di kelas.
Tips Mengerjakan Soal UP PPG
Berikut ini tips melakukan soal UP PPG dengan mudah.
1. Jaga Kesehatan
Nah yang pertamakali mesti anda siapkan tentu adalah kesehatan. Tidak mungkin anda mampu menjalankan soal UP jika anda sakit bukan?. Jangan hingga anda begadang terlalu usang sehari sebelum UP, dijamin saat melaksanakan soal akan chaos.

Ingat ada orang yang tidak belajar, tetapi alasannya dikala tes ia sehat dan rileks maka mampu berfikir mencari akhir dengan benar. Beda dengan yang belajar mati-matian sampai hari H sakit maka udah pasti akan sulit berfikir. Makara kesehatan hati dan fikiran yaitu kuncinya.

2. Download Kisi-Kisi
Download kisi-kisi dan latihan soal yang ada di web sergur, pelajari dengan sebaik-baiknya. Karena soal-soal gak jauh beda karakternya dengan di kisi-kisi. Semakin anda mengetahui teladan soal maka akan kian baik dalam mengerjakannya nanti.

3. Buka Latihan Formatif di Daring
Nah soal-soal UP itu mirip bahkan ada yang sama dengan soal formatif di modul daring profesional. Makara buka lagi latihan-latihan soal tersebut untuk mengenang kembali soalnya. Saran saya jangan terlalu berguru teori-teori mencar ilmu pedagogik karena gak bakalan keluar. Soal UP bertipe studi masalah jadi bukan teoritis khusus yang pedagogik.

Kaprikornus anda akan diminta untuk memilih jawaban seideal mungkin sesuai kompetensi anda selaku guru. Makara gak usah takut, kan anda sering menjumpai duduk perkara-problem itu di sekolah jadi niscaya paham gak mencar ilmu juga. Contoh soal UP gini "Anda ditunjuk selaku ketua kegiatan outdor learning di sekolah, tetapi pas hari H ada anggota keluarga yang terkena musibah. Apa yang anda kerjakan?". Pasti tahu kan, jadi gak usah cemas. Perbanyak latihan soal profesional aja.

4. Sesi Diskusi
Nah jangan mencar ilmu sendiri-sendiri ya, gabung di grup WA atau lainnya dengan teman-sahabat anda se perjuangan. Diskusilah sebanyak-banyaknya untuk memperbesar wawasan antar teman. Ini sungguh bermafaat dikala melakukan soal UP. Kalau perlu hubungi dosen untuk selenggarakan sesi diskusi bareng.

5. Berdoa
Nah yang terakhir sesudah ikhitiar yaitu tawakal. Berdoalah kepada Tuhan agar masalah anda dapat dikerjakan dengan baik dan mendapatkan tunjangan dari Tuhan. Jangan lupa juga sedekah kepada yang memerlukan semoga hati anda tenteram dan mampu jadi menjadi jalan memperlancar rezeki anda. Jangan lupa habis lulus PPG dan mampu sertifikasi untuk traktir teman-sobat anda.  

Baca juga
Soal UP Geografi  2019 + Pembahasan
Soal UP Kepribadian dan Jawaban