Blogger Jateng

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 91-95

Oke gan kita diskusikan lagi ya kunci balasan soal OSK Geografi 2019 nomor 91-95. Jangan lupa share dan like blognya. 

Ajak teman-sobat mencar ilmu bareng supaya lebih rame. Jangan lupa kunjungi channel ILMUGURU di youtube.

91.    Terracotta yakni situs peninggalan sejarah ternama yang berasal dari kebudayaan ...
a.    Andes
b.    Mesir
c.    Lembah Sungai Huang Ho
d.    Romawi
e.    Inca


Pembahasan:

Tentara terakota ialah kumpulan koleksi dari 8.099 terakota berupa tokoh prajurit dan kuda dengan ukuran asli yang terletak di erat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin,Qin Shi Huang. Tokoh serdadu itu ditemukan pada tahun 1974 di Lintong District, Xi`an, Provinsi Shaanxi oleh para petani setempat. Terakota dibangun tahun 210 SM–209 SM selaku bentuk seni pemakaman dengan maksud untuk melindungi Kaisar Qin sehabis kematiannya. Pada tahun 1987 Bangunan ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. 
Situs Terakota di Cina
92.    Peleburan kebudayaan di kawasan Kanada tanpa menghilangkan komponen bab budaya yang dibawa pada mulanya lazim disebut dengan ...
a.    akulturasi
b.    asimilasi
c.    mozaik budaya
d.    mangkuk salad
e.    kuali peleburan


Pembahasan:

"Mosaik budaya" (bahasa Prancis: "la mosaïque culturelle canadienne") yakni perumpamaan yang dipakai untuk mendeskripsikan percampuran etnis, bahasa dan budaya yang ada pada penduduk Kanada.

93.    Setelah kehadiran penduduk Eropa, pergeseran berikut manakah yang terjadi pada penduduk orisinil (indigenous people) Amerika?
a.    Bertambah drastis karena rute perdagangan dan industri baru.
b.    Berkurang perlahan alasannya adalah mulai mengenal jenis komoditas pertanian baru.
c.    Tetap sama, sebab bahu-membahu cuma beberapa warga Eropa yang pindah kesana.
d.    Berkurang drastis alasannya adalah terjadinya penyakit-penyakit baru.
e.    Berkurang perlahan-lahan karena peningkatan kompetisi lahan.


Pembahasan:

Setelah era penjelajahan yang dijalankan oleh negara-negara besar di Eropa, permukiman pertama diresmikan pada 1607. Orang Eropa menjinjing kuda, sapi, dan babi ke benua Amerika, dan menjinjing jagung, kalkun, kentang, kacang, tembakau, dan labu ke Eropa. 

Lingkungan berpenyakit terbukti mematikan bagi banyak penjelajah dan para pemukim awal menderita penyakit-penyakit baru. Dampak penyakit gres bahkan lebih jelek bagi penduduk orisinil Amerika, terutama penyakit cacar dan campak. Banyak sekali penduduk asli yang meninggal, lazimnya sebelum permukiman Eropa berskala besar dimulai.

94.    Istilah difusi kebudayaan (cultural diffusion) merujuk pada …
a.    penyesuaian permukaan bumi balasan kegiatan manusia.
b.    integrasi kebiasaan-kebiasaan suku suku dalam suatu kalangan penduduk .
c.    persebaran wangsit atau inovasi dari kawasan asalnya.
d.    asimilasi kultur minoritas pada wilayah gres.
e.    relasi antara kebudayaan manusia dengan alam.


Pembahasan:
Difusi artinya penyebaran, jadi bisa diartikan penyebaran pandangan baru, ilham, penemuan dari kawasan asal ke wilayah yang lain. 

95.    Wilayah dibawah ini yang mengalami linguistic fragmentation paling besar ialah ...
a.    Korea
b.    Skandinavia
c.    Kaukasus
d.    Argentina
e.    Quebec


Pembahasan:
Para mahir geografi abad pertengahan pasti tercengang juga, karena salah satu dari mereka menggambarkan tempat itu​—Kaukasus—​selaku ”kawasan segunung bahasa”.

Kawasan ini, yang terhampar di Pegunungan Kaukasus antara Laut Hitam dan Laut Kaspia, berada di persimpangan benua dan peradaban sehingga Kaukasus punya sejarah yang panjang dan kebudayaan yang kaya. Orang-orangnya populer merespek orang yang lebih bacin tanah, suka menari, dan amat ramah. Tetapi, bagi banyak pelancong, hal yang paling menawan dari Kaukasus ialah golongan etnik dan bahasanya yang sangat bermacam-macam—bahkan lebih banyak daripada jumlah bahasa yang digunakan di kawasan Eropa lain yang sama luasnya. 


Sejarawan Yunani yang lain, Strabo, menulis tentang 70 suku di daerah itu. Tiap suku punya bahasanya sendiri dan mereka berniaga di Dioskuria, kini kota terbaru Sukhumi, di Laut Hitam. Puluhan tahun kemudian, Plinius Tua, seorang sejarawan Romawi, menulis bahwa orang Romawi butuh 130 juru bahasa untuk berjual beli di Dioskuria.
[News] Baca juga: Try Out Online Gratis OSN Geografi
Link Pembahasan Soal OSK Geografi
Kunci jawaban OSK No 86-90
Kunci tanggapan OSK No 81-85