Blogger Jateng

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 66-70

Oke gan gimana masih semangat kan belajar buat OSN nya?. Kali ini pribadi bahas lagi soal nomor 66-70 dengan topik materi OSK Geografi seputar geografi ekonomi. 

Jangan lupa share dan like blognya ya!. Kunjungi channel ILMUGURU di youtube dan subscribe juga supaya update bahan terus dari aku.
[News] Baca juga: Try Out Online Gratis OSN Geografi

66.    Pada biasanya negara meningkat (LEDC) memiliki keberlimpahan sumberdaya alam, namun belum bisa dikontrol dengan optimal. Kendala utamanya adalah …
a.    kelemahan modal yang tersedia
b.    mutu sumberdaya alam yang tidak begitu baik
c.    mutu sumberdaya manusia yang masih rendah 

d.    penguasaan pasar global yang tidak begitu baik
e.    penguasaan teknologi yang masih rendah


Pembahasan:

Negara meningkat memiliki masalah pada kualitas sumber daya insan yang skillnya berada di bawah rata-rata negara maju. Oleh alasannya itu negara berkembangan cuma bertumpu pada ekspor bahan mentah yang bernilai jual rendah. Negara maju lebih terhadap ekspor materi jadi sudah ada pertambahan nilai dari produk mentah sehingga cepat kaya. Gitu son!

67.    “Setiap pergerakan di dalam ruang selalu menghadapi hambatan atau tahanan, karena itu pergerakan dalam ruang membutuhkan pengorbanan berupa ongkos”. Filosofi itu oleh para mahir pembangunan disebut …
a.    Land rent
b.    Location rent
c.    Movement cost
d.    Richardian rent
e.    Transportation cost

 
Pembahasan:

Kata kunci di soal ialah pergerakan dalam ruang, niscaya ini dinamakan angkutanya bro!. Biaya angkutantidak bisa dihilangkan dalam aspek bikinan.

68.    Pola dan program jual beli yang didominasi oleh industri di wilayah yang lebih maju (core) menimbulkan daerah pinggiran (periphery) sulit untuk berbagi pasar bagi hasil-hasil industrinya. Hal tersebut membuat fenomena …
a.    backwash effect
b.    brain drain
c.    capital out flow
d.    spread effect
e.    trickle down effect


Pembahasan:
Back wash effect yaitu efek pencucian wilayah belakang oleh kawasan inti. Konsep ini dikemukakan Myrdal. Suatu tempat yang tumbuh pesat akan menguras sumber daya disekitarnya (modal, pekerja, bahan mentah) dan lainnya sehingga daerah pinggiran condong susah bersaing dengan wilayah inti.

69.    Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar

Salah satu indikator yang mampu digunakan dalam mengukur tingkat pembangunan sebuah negara yaitu …
a.    daya beli penduduk
b.    jumlah jam kerja
c.    jumlah kedai makanan cepat saji
d.    pendapatan/gaji/upah
e.    selera konsumsi masyarakat


Pembahasan:
Dimana coba kata kuncinya?. Itu lihat perumpamaan "working time needed to buy a Big Mac". Artinya data diatas mengambarkan jumlah jam kerja yang dibutuhkan di tiap negara untuk membeli sebuah Burger Big Mac, gitu bro. Makara ya artinya daya beli penduduk yang diukur. Jadi banyak baca kamus bahasa Inggris aja ya, semoga ga shock lihat kaya ginian lagi di soal OSK nanti.

70.    Formulasi karena-karena bertambah buruknya ketimpangan pertumbuhan ekonomi antar wilayah dikemukakan oleh …
a.    Christaller
b.    Gunnar Myrdal
c.    Losch
d.    Von Thunen
e.    Weber


Pembahasan:
Nah itu nyambung dengan soal sebelumnya, adalah perihal teori backwash effect yang dikemukakan oleh Myrdal. Profesor Gunnar Myrdal beropini bahwa pembangunan ekonomi menciptakan sebuah proses sebab-menyebab sirkuler yang menciptakan si kaya mendapat laba kian banyak, dan mereka tertinggal di belakang menjadi makin terhambat.

Dampak Balik (Backwach Effect) condong lebih meluas dan Dampak Sebar (Spread Effect) condong mengecil. Secara kumulatif kecenderungan ini kian memperburuk ketimpangan internasional dan menimbulkan ketimpangan regional di antara negara-negara bodoh. Lanjut>>>>Soal 71-75


Link Pembahasan Soal OSK Geografi
Kunci balasan OSK No 61-65
Kunci jawaban OSK No 56-60