Blogger Jateng

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 61-65

Oke gan kita lanjut lagi untuk bahas soal OSK Geografi yang makin seru aja nih materinya. 

Jadi tentukan untuk like, follow blognya dan share ke sobat-teman yang lain ya. Kunjungi channel ILMUGURU di youtube juga dan subscribe.
[News] Baca juga: Try Out Online Gratis OSN Geografi

61.    Konsepsi yang harus diketahui, dihayati, dan diterapkan semoga NKRI mampu berperan dan bertahan selaku suatu kekuatan ekonomi yaitu …
a.    Wawasan Budaya Pancasila
b.    Kawasan Ekonomi Khusus
c.    Kawasan Konservasi Ekonomi
d.    Wawasan Nusantara
e.    Wawasan Ekopoleksosbud


Pembahasan:

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia kepada rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mencakup darat, maritim, dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan.

62.    Organisasi Negara-negara yang sukses melaksanakan embargo minyak pada tahun 1973 adalah …
a.    OKI
b.    APEC
c.    ILO
d.    ICA
e.    OPEC

 
Pembahasan:

OPEC kependekan dari The Organization of the Petroleum Exporting Countries. Krisis minyak 1973 terjadi pada 15 Oktober 1973 hinga 1975. Naiknya harga minyak yang ditetapkan oleh OPEC dan tingginya ongkos yang dikeluarkan AS pada Perang Vietnam  menyebabkan terjadinya stagflasi di Amerika Serikat. Anggota OPEC sepakat untuk memakai pengaruh mereka atas dunia-harga minyak untuk pengaturan prosedur untuk menstabilkan pemasukan bagi mereka dengan menyebarkan harga minyak dunia. Embargo yakni pelarangan perniagaan dan perdagangan dengan sebuah negara.

63.    Karakteristik teori lokasi industri yakni upaya menimbang-nimbang aneka macam aspek untuk kesuksesan industri. Faktor-aspek tersebut ialah sebagai berikut, kecuali …
a.    materi baku
b.    tenaga kerja
c.    bahan bakar
d.    pemerintahan
e.    teknologi


Pembahasan:

Prinsip teori loakasi industri Weber adalah bahwa penentuan lokasi industri ditempatkan di daerah-tempat yang resiko biaya atau ongkosnya paling murah atau minimal (least cost location) yaitu daerah dimana total biaya angkutandan tenaga kerja di mana penjumlahan keduanya minimum, kawasan dimana total biaya angkutandan tenaga kerja yang minimum yang condong identik dengan tingkat keuntungan yang maksimum. 

Pemerintahan tidak termasuk dalam aspek lokasi industri, yang masuk yakni perangkat hukum.


64.    Teori lokasi untuk penetapan hierarki sentra-sentra permukiman yang dikenali dengan perumpamaan
Central Place Theory dikembangkan oleh …
a.    Von Thunen
b.    Christaller
c.    Weber
d.    Losch
e.    Isaard


Pembahasan:

Udah terang ya Teori Tempat Sentral dikemukakan oleh Walter Christaller dimana Menurut Christaller, kota sentral merupakan sentra bagi kawasan sekitarnya yang menjadi penghubung jual beli dengan wilayah lain. Selanjutnya, Christaller menyebutkannya sebagai daerah sentral alasannya tempat yang sentral tersebut tidaklah semata-mata hanya bergantung kepada faktor permukiman penduduk.

Dalam teori in digambarkan bahwa kawasan sentral ialah sebuah titik simpul dari suatu bentuk heksagonal atau segienam. Daerah segienam ini merupakan kawasan-wilayah yang penduduknya mampu terlayani oleh kawasan yang sentral tersebut. Ada 3 tingkatan hierarki toeri daerah sentral adalah K3, K4 dan K7.


K3 disebuh pasar optimum, K4 disebut kemudian lintas optimum, K7 disebut pusat manajemen optimum.
Teori Tempat Sentarl
65.    Model pemasaran internasional-global yang paling bacin tanah, paling banyak dilaksanakan yaitu …
a.    produksi di negara tujuan
b.    licensing
c.    ekspor-impor
d.    franchising
e.    international corporation


Pembahasan:
Ini ialah bentuk koordinasi ekonomi antar negara, dan yang paling banyak dijalankan tentu ialah ekspor impor yang ialah tukar barang barang antar negara. Komoditas antara negara berbeda-beda sehingga muncul perdagangan karena adanya ajakan dan penawaran. Lanjut>>>Soal 66-70

Link Pembahasan Soal OSK Geografi
Kunci jawaban OSK No 56-60
Kunci akibat OSK No 51-55