Blogger Jateng

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 41-45

Oke gan lanjut lagi ya gw akan bahas soal OSK Geografi nomor 41-45 nih. 

Jangan lupa like, share blognya dan datangi juga channel ILMUGURU di youtube biar update terus bahan geografi dari saya. Semoga mendapatkan ilmu yang berguna dan sukses OSN nya.

41.    Salah satu aspek penyebab pemanasan global yakni mengembangkan kadar gas rumah kaca di atmosfer. Gas manakah di bawah ini yang bukan ialah gas rumah beling?
a.    Uap air (H2O)
b.    Argon (Ar)
c.    Karbon dioksida (CO2)
d.    Metana (CH4)
e.    Ozon (O3)
 

Pembahasan:
Gas rumah kaca yaitu gas-gas yang ada di atmosfer yang mampu menjadikan efek rumah beling. Gas-gas tersebut bekerjsama timbul secara alami di lingkungan, namun mampu juga timbul balasan kegiatan insan mirip pabrik, rokok, knalpot. Gas rumah kaca yang paling banyak yaitu uap air yang menjangkau atmosfer tamat penguapan air dari maritim, danau dan sungai. Daftar gas rumah beling ada di tabel di bawah.

List gas rumah beling di atmosfer
42.    Salah satu upaya untuk pembangunan berkelanjutan yakni membangun sumber pembangkit listrik yang berbasiskan energi terbarukan. Dari sumber energi terbarukan yang tersedia di bawah ini, manakah yang paling besar kemungkinannya untuk diimplementasikan di Indonesia?
a.    panas bumi
b.    gelombang laut
c.    angin
d.    arus maritim
e.    materi bakar bio (biofuel)


Pembahasan:
Kayaknya gampang dianalisa, sebab Indonesia itu kawasan Ring of Fire alias berada di batas subduksi lempeng dan banyak gunung api. Maka tentu saja energi geotermal atau panas bumi cocok diimplementasikan di Indonesia dan terbesar kesempatanpengembangannya. Iya ora son?

43.    Implementasi pembangunan berkesinambungan melibatkan tiga aspek, yakni lingkungan, sosial dan ekonomi dengan tujuan derma lingkungan, kemakmuran sosial, dan kenaikan ekonomi seperti pada gambar di bawah ini.

Contoh implementasi kebijakan pembangunan Tol Laut di Indonesia yang berwawasan lingkungan yakni …
a.    Pembangunan pelabuhan di kota-kota besar pesisir di Indonesia.
b.    Pembangunan pelabuhan dengan memperhatikan faktor AMDAL.
c.    Pengembangan infrastruktur jalur pelayaran dengan memperbanyak jalur pelayaran antar pulau di Indonesia tanpa lewat daerah tangkapan ikan.
d.    Penambahan armada kapal untuk mengembangkan kapasitas angkut barang antar pulau.
e.    Pengembangan infrastruktur dan peningkatan promosi pariwisata bahari di seluruh daerah Indonesia.


Pembahasan:
Kata kunci di soal adalah pembangunan berwawasan lingkungan, maka cari aja opsi yang terkait desain pembangunan berkelanjutan ialah terkait AMDAL. Jadi kita bangkit pelabuhan mesti mempunyai AMDAL dulu jangan hingga nanti ada peluangkerusakan lingkungan sesudah pelabuhan terbangun.

44.    Pola pertanian subsisten yang dikomersialkan dan masih banyak dilakukan di daerah Asia Tenggara yakni …
a.    persawahan
b.    ladang berpindah
c.    tegalan
d.    peternakan
e.    perkebunan


Pembahasan:
Pertanian subsisten atau subsitence farming yaitu pertanian untuk konsumsi rumah tangga sendiri. Pastinya pola pertanian yang umum dilaksanakan di daerah Asia Tenggara adalah pesawahan ya guys. Coba aja kamu pulang ke desa kan tentu saja sawah-sawah terbentang luas dimana-mana.

45.    Dalam produksi flora, esensi geografi pertanian meliputi proses …
a.    mulai dari mengolah tanah hingga hasil dipanen
b.    mulai benih flora disebar sampai menjadi hasil yang siap dijual
c.    mulai dari membeli tanah sampai hasil siap dijual
d.    mulai dari menyediakan lahan pertanian sampai hasil dipanen
e.    mulai dari fase berkembang tanaman hingga hasil siap dijual


Pembahasan:
Geografi pertanian yaitu kombinasi antara faktor fisik dan sosial. Saya kurang paham untuk soal ini, belum menemukan literasi yang mengarah pada tanggapan e. Silahkan adik-adik cari dahulu sendiri nanti mampu diskusikan di komen. Lanjut>>>Soal 46-50

Link Pembahasan Soal OSK Geografi
Kunci balasan OSK No 36-40
Kunci jawaban OSK No 31-35