Blogger Jateng

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 36-40

Halo gan lanjut lagi yuk kita diskusikan soal OSK Geografi 2019 no 36-40. Jangan bosan untuk share blognya dan follow fanspagenya supaya update terus materi geografi. 

Ajak sahabat-sahabat untuk diskusi bareng biar lebih seru belajarnya. Baca juga: Soal pelatnas KSN Kebumian + kunci

36. Tipe pencemaran lingkungan dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis pencemarnya, adalah pencemar biologi, kimia dan fisik. Contoh pencemar biologi adalah: 
a. pupuk 
b. deterjen 
c. sampah plastik 
d. bakteri berbahaya 
e. sedimen tersuspensi 

Pembahasan: Pencemar biologi pastinya yang berhubungan dengan mahluk hidup contohnya kuman berbahaya. Pencemar fisik berasal dari bahan-bahan alami seperti sedimen lumpur, pencemar kimia berasal dari limbah pabrik atau rumah tangga misalnya. 

37. Aliran energi dan bahan yang terjadi pada interaksi di suatu ekosistem terjadi lewat rantai dan jaring masakan. Perbedaan paling utama dalam proses ajaran energi dan materi tersebut yaitu … 
a. Energi mengalir dari konsumen ke produsen sementara materi mengalir dari produsen ke konsumen. 
b. Materi mengalir dalam bentuk siklus (tidak ada yang hilang dalam rantai masakan), sementara energi bisa hilang dalam alirannya. 
c. Energi permulaan yang dibuat oleh produsen dalam rantai masakan berasal dari pengurai, sementara materi berasal dari matahari. 
d. Seluruh energi akan hingga ke dekomposer sementara cuma sebagian bahan yang hendak hingga ke pengurai. 
e. Sebagian bahan akan keluar atau terbuang dari sebuah jaring makanan, sementara tidak ada energi yang mau terbuang dalam jaring masakan tersebut. 

Pembahasan: Energi tidak mampu diciptakan dan dimusnahkan, tetapi mampu berganti dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya. Berdasarkan hal tersebut maka energi matahari yang sudah dipakai oleh makhluk hidup tidak akan kembali ke matahari lagi, tetapi akan lepas ke alam bebas alasannya peristiwa radiasi dan tidak mampu dimanfaatkan oleh kehidupan. 

Peristiwa perpindahan energi dalam ekosistem disebut pemikiran energi, dan alasannya adalah perpindahan energi cuma satu arah saja, maka pada energi tidak ada siklus energi. Cek diagramnya dibawah. Aliran materi dan energi 

38. Pada siklus karbon, baik atmosfer, hidrosfer, litosfer, maupun biosfer merupakan media penyimpan karbon. Proses yang dapat menjadikan karbon yang tersimpan di atmosfer terpindahkan ke biosfer ialah … 
a. penebangan hutan 
b. pembakaran bahan bakar fosil 
c. hujan 
d. fotosintesis 
e. proses pernafasan pada insan dan binatang 

Pembahasan: Ketika matahari bersinar, vegetasi melaksanakan fotosintesis untuk mengubah karbon dioksida menjadi gula atau karbohidreat dan melepas oksigen ke atmosfer. Proses ini akan lebih banyak menyerap karbon pada hutan dengan flora yang gres saja tumbuh atau hutan yang sedang mengalami kemajuan yang cepat. 

39. Baku Mutu Udara Emisi ialah batas kadar yang diperbolehkan bagi zat atau materi pencemar untuk dikeluarkan dari sumber pencemar ke udara, sehingga tidak menimbulkan dilampauinya baku kualitas udara ambien.
Berikut yakni zat atau bahan pencemar yang dikelola kadarnya, kecuali 
a. Oksigen (O2) 
b. Karbon monoksida (CO) 
c. Nitrogen dioksida (NO2) 
d. Sulfur dioksida (SO2) 
e. Timbal (Pb) 
Pembahasan: Oksigen itu bukan zat pencemar ya gan, jadi udah pasti gak problem bagi lingkungan. 

40. Adanya konversi lahan dari ekosistem mangrove menajadi lahan tambak dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan kerugian antara lain, kecuali … 
a. meningkatnya abrasi pantai 
b. berkurangnya penyerapan karbon di atmosfer 
c. tidak adanya tempat pemijahan ikan secara alami
d. tidak adanya sabuk hijau peredam gelombang tinggi dan tsunami 
e. meningkatnya banjir pada saat verbal lebih banyak didominasi hujan 

Pembahasan: Banjir lazimnya diakibatkan oleh penggundulan di tempat hulu bukan di pantai. Lanjut>>>Soal No 41-45
[News] Baca juga: Try Out Online Gratis OSN Geografi

Link Pembahasan Soal OSK Geografi
Kunci balasan OSK No 31-35  
Kunci balasan OSK No 26-30