Blogger Jateng

Mengapa Kelapa Tumbuh Subur di Daerah Pesisir?

Halo teman-sahabat sekalian, kali ini saya coba berikan menu gres di blog ini yakni perihal mengapa?. 

Ya, pertanyaan mengapa yakni pertanyaan hots yang memerlukan tanggapan detail. Tentunya ada banyak fenomena geosfer yang sungguh mempesona diulas.

Kali ini kita akan diskusikan wacana pohon kelapa. Kelapa yakni salah satu pohon yang semua penggalan tubuhnya bisa dimanfaatkan dari mulai buah, daun, batang hingga serabut kelapanya. 

Kelapa biasanya banyak dijumpai di pinggir pantai atau pesisir. Namun kelapa juga bisa berkembang di kawasan dataran tinggi, tetapi kandungan isi buahnya pasti akan bertentangan dengan yang di dataran rendah. Mengapa demikian?.

Kelapa pada umumnya tumbuh dengan baik pada tempat sedikit asin. Kelapa juga berkembang di kawasan bukan pantai. Kelapa mulanya berasal dari kepulauan Pasifik dan bijinya lalu tersebar melalui arus bahari ke aneka macam daerah di bumi. 

Berikut ini kondisi tempat yang tepat untuk tumbuh kembang pohon kelapa:
1. Tanah berpasir halus
2. Suhu hangat sekitar 30 derajat C
3. Kelembaban tinggi
4. Curah hujan tinggi
5. Benih menyebar dengan santunan gelombang maritim
6. Perairan air asin
Syarat hidup pohon kelapa
Kelapa adalah tumbuhan tipe palm yang berbuah sepanjang tahun. Kelapa meningkat baik di daerah tropis lembab dataran rendah pesisir hingga 1000 mdpl. 

Kelapa banyak dimanfaatkan untuk banyak sekali kepentingan mulai dari materi baku bangunan, minyak, minuman, santan hingga minyak kelapa.

Angin sungguh berperan penting dalam penyerbukan kelapa dan transpirasi. Tumbuhan kelapa tumbuh baik di dataran rendah 0-400 mdpl sementara jika diatas 400 mdpl maka kelapa akan berbuah lambat, buatan sedikit dan kadar minyaknya rendah.

Jenis tanah yang tepat untuk meningkat kembang kelapa antara lain aluvial, vulkanik, laterit, tanah liat, tanah berbatu. 

Kelapa memerlukan kandungan air tanah yang sama dengan laju evapotranspirasi dengan solum tanah 80-100 cm dan kemiringan lereng 0-3%.