Blogger Jateng

Mengapa Geografi Penting Dipelajari?

Teman-sahabat pasti sudah tidak aneh dengan yang namanya geografi kan?. 

Itu dia pelajaran yang suka ngapalin negara, kota dan pastinya peta. Lalu memang geografi itu ilmu penting ya?. 

Pasti banyak anak-anak yang tanya hal tersebut dalam hati atau mungkin pernah tanya pada gurunya.
Oke baiklah kali ini aku akan kupas sedikit ihwal arti penting geografi selaku sebuah ilmu kehidupan. Pertama nih, jaman now pastinya kau hobi buka google map kan? Pesan ojek online, go food dan lainnya?. Secara tidak sadar kamu udah mengaplikasi ilmu geografi peta dalam kehidupan.
Ah cuma baca peta doang apa susahnya?. Eh jangan salah lho pengalaman membuktkan masih banyak tukang ojol yang masih sukar baca peta. Pasti jikalau salah arah yang disalahin mapnya, "ini map nya ngaco nih,,,,bla,,bla". Padahal beliau sendiri yang gak bisa membaca arah utamanya dalam peta.
Semua itu ada ilmunya dan bila kalian mencar ilmu geografi dengan baik dan serius maka kamu mampu mengerti ruang sekitar kau dengan baik. Kecerdasan spasial atau spatial intellegence ialah salah satu kemampuan dasar dalam pembelajaran ilmu geografi.
Geografi pelajaran penting jaman now
Kamu tidak hanya sekedar tahu ihwal suatu lokasi atau wilayah tapi mesti tahu mengapa lokasi tersebut unik, mengapa mampu ada disana, mengapa peristiwa itu tidak terjadi di lokasi lain, apa yang mesti aku kerjakan di tempat ini dan yang lain.
Jadi jika kau bisa menguasai ruang maka kamu bisa menghasilkan sesuatu dan tentu saja mesti sesuai dengan keadaan daerah yang bersangkutan. Coba lihatlah kota-kota di Indonesia, semrawutnya bukan main, khususnya Jabodetabek. Mengapa hal ini terjadi?
Karena sejak kemerdekaan, blue print ruang Indonesia tidak terang. Akhirnya pertumbuhan pembangunan sebuah ruang sembarangan. Pemukiman padat, kumal , sampah, jalan sempit dimana-mana. Ini yakni bukti dari tidak adanya kecerdasan ruang dalam mengelola suatu daerah. 
Kecerdasan ruang sering dianggap hal sepele, karenanya ya kita rasakan sendiri kan jadinya. Sampah dimana-mana, pemukiman semakin semrawut, kemacetan dan lainnya. Bandingkan dengan tata daerah di negara maju seperti Singapura, Jepang, apalagi Eropa Amerika jauh banget ya. 

Lah kok bandingkan dengan negara lain?. Ya ga papa lah, jika pembandingnya lebih baik kenapa tidak ambil pelajaran. Toh mereka semua juga sama manusia kan?.
Jadi geografi bukan cuma pelajaran sepele sahabat-sahabat, konsep geografi mampu kamu terapkan dalam hal sederhana misal menata meja di kamar atau mendesain rumah yang nyaman, kondusif dan yang lain. Makara mari berILMUGURU dengan sebaik mungkin agar Indonesia berubah lebih baik.