Blogger Jateng

5 Komponen Sistem Iklim dan Interaksinya

Geografer sebangsa se tanah air, kali ini kita akan sedikit membicarakan tentang bagian meteorologi dan klimatologi ya!. 

Kalian niscaya sudah tahu tentang apa itu iklim?. Iklim yakni suatu kondisi atmosfer dalam rentang waktu lama, biasanya dijumlah rata-rata dalam 30 tahun minimal.

Nah bahu-membahu apa aja sih yang membangun tata cara iklim di Bumi ini?. Mengapa jika dahulu waktu kita kecil, gosip terkini sungguh jelas dan mampu diprediksi sementara kini kayaknya telah susah dan banyak anomali-anomali atmosfer. Ada apakah gerangan di sistem iklim bumi kita, adakah yang berganti?

Sistem iklim adalah sebuah metode kompleks yang terdiri dari 5 komponen utama ialah atmosfer, hidrosfer, kriosfer, litosfer, biosfer serta interaksi diantara semua komponen tersebut. 

Sistem iklim meningkat seiring berjalannya waktu dibawah efek dinamika internalnya sendiri dan aspek eksternal mirip erupsi gunung api, variasi panas matahari, hasil antropogenik mirip pergantian atmosfer alasannya adalah perubahan tata guna lahan.
 kali ini kita akan sedikit membahas tentang bab meteorologi dan klimatologi ya 5 Komponen Sistem Iklim dan Interaksinya
Sistem Iklim Bumi
1. Atmosfer
Merupakan lapisan udara yang ialah rumah banyak sekali macam gas dan tempat terjadinya gejala-gejala cuaca dan iklim. Cuaca iklim lebih intens terjadi di troposfer. Lapisan udara bumi melindungi bumi dari bahaya benda abnormal yang jatuh. Berbagai kejadian seperti angin, hujan, badai, jetstream terjadi di atmosfer.

2. Hidrosfer

Komponen sistem iklim ini berisikan air permukaan dan air bawah tanah mirip lautan, bahari, sungai, danau, air bawah tanah, air dalam batang pohon dan yang lain. Air selalu mengalami siklus yang terorganisir dari mulai evaporasi, kondensasi, presipitasi, infiltrasi, run off hingga perkolasi.
3. Biosfer Biosfer adalah sistem Bumi yang tersusun atas semua ekosistem dan organisme hidup termasuk bahan organik yang mati seperti bangkai, materi organik tanah dan detritus samudera.
4. Kriosfer
Kriosfer ialah daerah di permukaan bumi maupun di lautan dimana air berada dalam bentuk padat termasuk es, es danau, es sungai, tutupan salju, gletser, permafrost dan yang lain. 5. Litosfer Litosfer marupakan serpihan Bumi yang padat baik benua dan samudera yang tersusun atas batuan kerak dan masbodoh. Litosfer berasal dari pembekuan magma di lapisan matel bumi.