Blogger Jateng

Tips Lulus UKIN (Uji Kinerja) PPG Daljab

Assalamualaikum wr wb sobat-sobat guru, sudah lama nih aku tidak kisah wacana aktivitas sertifikasi alias PPG Daljab karena aktivitas mahir. 

Beberapa hari ini karena sudah UKIN maka acara udah agak longgar jadi mampu ngeblog lagi.

Oke kali ini saya akan coba berikan kiat menghadapi UKI atau Ujji Kinerja PPL PPG Daljab. Uji Kinerja adalah salah satu ujian praktik mengajar di sekolah kawan PPG Daljab. 

Uji Kinerja dikerjakan sesudah 3 minggu praktikan mengajar di kelas.

Lalu mirip apa sih UKIN itu dan bagaimana cara penilaiannya?. Pada dasarnya UKIN itu anda mengajar lalu dinilai eksklusif oleh dosen dan guru penguji yang sudah memiliki kapabilitas untuk menguji. 

JIKA anda selalu mengajar dengan baik di kelas/sekolah aku percaya UKIN tidak menjadi problem, paling grogi-grogi dikit masih ada lantaran yang namanya diuji ya tentu saja beda atmosfir.
UKIN PPG Daljab Geografi
Berikut ini tips dari saya bagi kalian yang sedang akan menghadapi UKIN, gampang-mudahan memiliki kegunaan.

1. Jaga Kesehatan
Nah ini guys yang pasti kalian utamakan, jaga kesehatan. Jangan sampai esok UKIN kemudian anda begadang semalaman sebelumnya buat beresin itu perangkat KBM. 

Usahakan beres 2 hari sebelumnya, dan kalaupun H-1 masih ada pekerjaan maka jangan sampai larut malam, dijamin esok akan KO. 

Banyak sahabat saya seperti ini, jadi administrasi waktu adalah suatu hal krusial. Sebagus apapun perangkat pembelajaran, kalau manusianya (pengurus) KO ya di kelas juga akan KO. Kaprikornus jangan main-main dengan kesehatan.

2. Persiapkan Perangkat Pembelajaran Terbaik
Saat UKIN, tentukan anda siapkan materi berguru yang paling dikuasai. Kan hanya satu pertemuan saja, jadi gak sejalan dengan kurikulum sekolah juga gpp. Kalau saya sih begitu. 

Aplikasikan apa yang dipelajari saat workshop dengan baik, mulai dari penyusunan planning RPP, pemilihan kata dalam indikator, media, tata cara, sintak mencar ilmu, evaluasi dan lainnya. Pokonya harus lengkap alasannya penguji sungguh rincian baca itu RPP. 

Di final sesi juga saat refleksi tetap masih ada kesalahan, tetapi jikalau saya sih yang penting 80% bagian RPP dan pembelajaran terlaksana baik itu udah good lah. Pokonya jangan sampai ada hal dalam RPP yang tidak dilaksanakan di dikala UKIN. 

Karena teman saya juga alasannya adalah RPP kopas tidak diedit jadi tertangkap tangan. Ingat RPP itu dibaca ya oleh penguji, jadi tolong betul-betul diamati.

3. Komunikasi Dengan Dosen/Guru Penguji
Silahkan konsul dengan dosen dan guru penguji biar RPP anda makin baik dan semakin cetar membahana. Dengan begini kita tahu apa impian penguji sehingga bisa kita siapkan. Jangan sungkan pokonya untuk mendatangi dan diskusi dengan guru pamong/dosen penguji anda.

4. Diskusi Dengan Teman Seperjuangan
Salah satu penyemangat kita ialah sobat seperjuangan PPL PPG. Silahkan bangun komunikasi, saling menguatkan dan diskusi model mencar ilmu terbaik dengan rekan-rekan anda, karena siapa lagi yang mampu menolong selain sahabat anda. Jangan ada yang perorangan, namun kolaborasi.

Di akhir sesi UKIN lazimnya akan ada refleksi dan kita akan diberitahu kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jadi umumsaja dan oleh sebab itu makanya anda harus pahami setiap acara berguru dari mulai pembuka, inti sampai penutup.

 Ikuti sesuai instrumen penilaian yang telah diberikan ketika workshop. Untuk kiat lengkapnya tentang pembuatan RPP dan aktivitas belajar, akan aku upload di artikel selanjutnya dan di channel youtube. Pastikan like dan follow blog ini!.