Blogger Jateng

Petrichor Penyebab Tanah Bau Harum Saat Hujan

Teman-sahabat tentu saja bahagia sekali mencium amis hujan saat pertamakali menjamah tanah bukan?. 

Mengapa ketika pertamakali hujan umummuncul anyir harum tersebut?. Itu adalah petrichor teman-teman sekalian.

Bau khas hujan ketika pertama kali menyentuh tanah sungguh menjinjing "mood" bangga bagi kita insan, baiklah bukan?. 

Namun hujan intinya tidak memiliki aroma, namun kuncinya ada pada saat-ketika sebelum hujan.

Sebuah wangi khas yang dikenal selaku petrichor tidak menembus udara, berbau segar dan menyenangkan hati. Bau hujan ini pundak-membahu berasal dari tanah yang menjadi lembab saat terkena butir hujan pertama kali.

Ilmuwan Australia pertama kali mendokumentasikan proses pembentukan petrichor pada 1964 dan Ilmuwan Massachusetts Institute of Technology mempeljaari prosedur prosesnya kemudian di tahun 2010an.

Petrichor adalah kombinasi senyawa kimia yang harum. Beberapa jenis minyak sihasilkan oleh tumbuhan. Kontributor utama dari petrichor ialah aktinobacteria. Mikroorganisme kecil ini bisa didapatkan di daerah pedesaan dan perkotaan serta di perairan bahari. 

Mereka ialah hasil pembusukan materi organik atau jasad mati menjadi senyawa kimia sederhana kemudian menjadi nutrisi untuk kemajuan flora dan organisme lain.
Bau hujan yang menggembirakan
Sebuah produk sampingan dari proses ini yaitu senyawa organik yang disebut geosmin yang menghasilkan aroma petrochor. Geosmin adalah sejenis alkohol, mempunyai aroma besar lengan berkuasa namun struktur kimia kompleks geosmin membuatnya tercium pada tingkat sangat minim. Hidung manusia bisa mendeteksi cuma beberapa serpihan dari geosmi per triliun molekul udara.

Selama abad kekeringan panjang laju acara dekomposisi melambat. Tepat sesaat sebelum hujan terjadi, udara menjadi lebih lembab dan tanah mulai mengalami pelembaban. Proses ini menolong mempercepat aktivitas aktinobakteria dan geosmin terbentuk.

Ketika tetesan air hujan jatuh di tanah, utamanya permukaan berpori seperti tanah yang longgar atau beton agresif, mereka akan terpercik dan mengeluarkan partikel kecil yang disebut aerosol. 

Geosmin dan senyawa petrichor yang lain yang mungkin ada di tanah atau dilarutkan dalam tetesan hujan dilepaskan dalam bentuk aerosol dan dibawa oleh angin ke kawasan sekitarnya. 

Jika curah hujan cukup tinggi, aroma petrichor dapat melaksanakan perjalanan dengan segera oleh perlindungan angin dan mengingatkan orang bahwa hujan secepatnya di jalan. Aroma ini akan cepat menghilang saat hujan usai. Ayo siapa yang sedang menanti aroma khas hujan hari ini?