Blogger Jateng

Pembentukan Terumbu Karang dan Syarat Hidupnya

Anda tentu suka bermain ke pantai bukan?. Nah bila ke pantai yang ada terumbu karang tentu akan lebih asyik lagi. 

Terumbu karang merupakan endapan neritis yang sangat penting.Terumbu karang dibentuk oleh hewan koral.

Indonesia ialah negara yang berada di sabuk cincin terumbu karang dunia lho!. 

Oleh jadinya negeri kita banyak terdapat terumbu karang yang manis-cantik memesona dari Sabang hingga Merauke. Tidak semua bahari bisa ditumuhi terumbu karang, lantaran ada syaratnya.

Eh ngomong-ngomong nih, terumbu itu bukan masuk flora lho melainkan binatang. Hewan yang berasal dari mahluk spons. Baru tahu ya!

Syarat hidup binatang ini ialah suhu air maritim yang lebih dari 18 derajat C dan kedalaman kurang dari 40 meter, air maritim jernih dan kadar garamnya normal. Karena itu termbu karang ini hanya di jumpai di perairan maritim tropis.

Binatang koral tidak dapat hidup dalam air tawar atau payau, oleh lantaran itu terumbu karang tidak di dapatkan erat muara sungai. 

Daerah perairan yang sekitarnya terdapat vulkan aktif yang sering mengadakan eksplosi juga tidak ditemukan adanya terumbu-terumbu karang.


Jenis pula terumbu karang
Perluasan koloni terumbu karang utamanya menuju ke jurusan laut terbuka. Hal ini disebabkan masakan  hewan  koral diperoleh dari siraman dikala bahari terbuka mengalami pasang dan surut. 

Pada pantai yang stabil, tebal terumbu karang tidak akan lebih dari 40 meter.
Terumbu karang mampu dibedakan menjadi 4 macam, ialah:

1)    Karang pantai (fringing reef) ialah terumbu karang yang melekat pada  pantai. Lebarnya berkisar antara be erapa meter sampai 1 km.
2)    Karang penghalang (barrier reef) ialah termbu karang terbentuk pada jarak tertentu dari pantai.
3)    Atol, adalah suatu pulau yang terdiri dari terumbu karang berupa gelang yang di belahan dalamnya berbentuklaguna yang pada  lazimnya   dangkal. Mengenai terbentuknya atol ini Darwin beropini bahwa pada awalnya koral membentuk termbu karang, pantai yang melingkari suatu pulau. Pulau tersebut kemudian tenggelam, sementara itu hewan koral terus membangun rumahnya terbentuklah atol.
4)    Karang papan (platform reef), ialah terumbu karang yang datar dan sejajar dengan permukaan air maritim.