Blogger Jateng

Mau Apply Visa China ? Perhatikan Hal-Hal Berikut

Mau Apply Visa China ? Perhatikan Hal-Hal Berikut - Selain paspor, untuk masuk suatu negara juga diperlukan visa. Termasuk ke China.

Bagi kamu yang pemula, maksudnya gres pertama kali mau ke China, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu menciptakan visa China.

 untuk masuk suatu negara juga dibutuhkan visa Mau Apply Visa China ? Perhatikan Hal-Hal Berikut

Di postingan ini, saya akan membahas hal-hal terkait visa seperti Validity, Number of Entries dan Duration of Stay.

Memahami hal di atas, kau terhindar dari beberapa problem seperti:

  • Visa ditolak alasannya expired
  • Visa China ditolak alasannya adalah sudah over kunjungan
  • Overstay di negara China
Baik, mari kita diskusikan satu per satu...

Validitas Visa China (Validity)

Validitas visa tujuannya yakni abad berlaku visa sebelum expired. Kamu diijinkan masuk China, jika visa kau masih dalam "era berlaku" sejak dikeluarkan.
Meski visa belum pernah digunakan, namun bila masa berlakunya habis, kamu tetap tidak diijinkan masuk ke China.
Contoh:
Visa China kau dikeluarkan oleh China Visa Center pada 10 Januari 2020. Punya kala berlaku selama 3 bulan, yakni hingga 10 April 2020.
Kemudian rencana piknik kamu ke China senantiasa mundur, sampai sesudah periode berlaku visa China habis, kamu baru bisa berangkat ke China. Katakanlah kamu gres bisa berangkat ke China di tanggal 12 April 2020.
Karena visamu valid hingga tanggal 10 April 2020, maka kamu akan ditolak untuk masuk ke tempat China. Visamu telah expired, walaupun belum pernah digunakan sama sekali. Maka kau mesti buat visa China yang gres.

Jumlah Kunjungan (Number of Entries)

Saat kamu hendak membuat visa China, kau harus amati apakah kamu ke sana cuma sekali masuk (misal selaku pelancong), apakah kau butuh 2 kali ke sana (misal untuk berobat), ataukah kau pengusaha yang perlu bolak-balik ke sana.
Ada 4 pilihan visa China yang bisa kau buat menurut jumlah kunjungan. Yaitu single entry, double entry, multiple entry 6 bulan dan multiple entry 12 bulan.
Syarat visa agar diterima oleh pihak imigrasi saat akan memasuki China, selain visa masih valid (belum expired), juga jatah jumlah kunjungan belum habis.
Contoh:
Kamu sakit dan berniat berobat ke China. Visa yang kamu apply yaitu visa single entry (jatah sekali masuk). Setelah visa China berhasil kamu mampu, kamu pergi ke China dan berobat di sana. Si dokter yang mengatasi kamu, minta supaya bulan depan balik lagi ke China untuk kontrol.
Karena visa yang kamu apply sebelumnya yakni visa single entry, maka kau akan ditolak kalau pakai visa tersebut. Kamu mesti mengajukan aplikasi visa China lagi untuk keperluan kendali pengobatan kamu ke China.
Baca Juga: Daftar Biaya Visa China Single, Double dan Multiple Entry

Durasi Tinggal di China (Duration of Stay)

 untuk masuk suatu negara juga dibutuhkan visa Mau Apply Visa China ? Perhatikan Hal-Hal Berikut
Jika kamu hendak pergi ke China dalam waktu yang lama, kamu mesti perhatikan durasi ijin tinggal yang kamu bisa.
Ketika jatah durasi tinggal hendak habis, maka kau mesti secepatnya keluar dari China. Meskipun visa kamu masih valid dan jatah jumlah kunjungan (entry) belum habis.
Jika kamu tinggal di China melebihi abad durasi yang diijinkan atau Over Stay, kamu bisa dikenai denda atau eksekusi lainnya.
Misal:
Kamu memiliki visa China multiple entry 12 bulan. Artinya kamu bebas bolak-balik China dengan visa tersebut dalam jangka waktu 12 bulan.
Jika ijin tinggal yang kamu dapatkan yaitu 30 hari, maka kamu cuma boleh tinggal di sana selama 30 hari. 
Jika kau ingin periode tinggal diperlama (mungkin kau punya urusan di sana yang belum tamat), kau mampu mengajukan perpanjangan ke pihak imigrasi China sebelum periode tinggal kau habis.
Kalau ternyata tidak diijinkan, kamu mesti balik ke Indonesia. Dan baru berangkat lagi ke sana untuk menuntaskan permasalahan kamu yang belum kelar itu.

Wajib Baca: Contoh Pengisian Formulir Visa China
Dengan mengerti Validity, Number of Entries dan Duration of Stay, mampu menjadi materi pertimbangan dikala kau hendak apply visa China.