Blogger Jateng

Membuat E-Paspor Indonesia ? Pahami dulu Kelebihan Kelemahannya !

Membuat E-Paspor Indonesia ? Pahami dulu Kelebihan & Kelemahannya - Sebagai info bagi kau yang belum pernah keluar negeri, proses mendapat visa tiap negara tujuan berbeda-beda. Ada yang sungguh susah ada yang amat gampang.

Yang amat sulit ini, mampu berkurang tingkat kesusahannya kalau kau memakai E-Paspor dibanding paspor biasa.

E-Paspor diketahui juga selaku paspor elektro.

Sebagai info bagi kamu yang belum pernah keluar negeri Membuat E-Paspor Indonesia ? Pahami dulu Kelebihan  Kelemahannya !
Mayoritas negara-negara di dunia, memiliki tingkat doktrin lebih tinggi pada pemegang paspor elektronika. Sehingga mereka lebih mudah memberi ijin atau visa bagi para pemegang paspor elektronik dibanding pemegang paspor biasa. Termasuk pemegang E-paspor Indonesia.

Itulah makanya, banyak warga Indonesia (terutama para traveler) yang berbondong-bondong mengganti paspor lazimmereka dengan elektro paspor.

Itu !...salah satu laba mempunyai paspor elektro.

Tapi ok. Sebelum kamu memutuskan untuk menciptakan paspor elektro (bagi yang belum punya paspor) atau mau ganti paspor, dari paspor umumke paspor elektronik (untuk kamu yang sudah punya paspor), simak dahulu ulasan lengkap perihal E-Paspor Indonesia selaku berikut.

1# E-Paspor Indonesia, Apa Bedanya dengan Paspor Biasa ?

Keduanya sama-sama paspor. Yang bisa dipakai selaku tanda pengenal atau kartu identitas resmi dikala kamu berada di luar negeri.
Namun ada bedanya. Perbedaannya ada pada CHIP.
Paspor lazimtidak ada chip-nya. Sedangkan pada paspor elektronika terdapat chip yang terletak di bab cover depan.
Lebih jelasnya mampu kamu lihat gambar berikut.
Sebagai info bagi kamu yang belum pernah keluar negeri Membuat E-Paspor Indonesia ? Pahami dulu Kelebihan  Kelemahannya !
Kegunaan chip pada paspor elektronik selaku penyimpan data-data kamu. Di mana data-data di paspor lebih lengkap dari pada data diri kau yang tertera di paspor biasa.

Termasuk dalam chip paspor elektronika, tersimpan data biometrik, mirip data sidik jari dan bentuk paras si pemiliknya. Data ini bisa dibaca alat pemindai.

Dengan data yang lengkap, diikuti pula dengan data biometrik yang mampu dipindai dikala verifikasi paspor di imigrasi negara tujuan, maka paspor elektronik lebih mampu dipercaya dan lebih membuat lebih mudah petugas Imigrasi.

Inilah alasan mengapa pemilik paspor elektro lebih mudah disetujui dikala mengajukan seruan visa.

E-Paspor Indonesia ini tidak sembarang pilih.

Standar paspor yang dipakai selaku acuan E-Paspor Indonesia, sama dengan standar negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, Australia, Jepang, Swedia dan beberapa negara maju lain di bagian dunia.

Yaitu tolok ukur ICAO (International Civil Aviation Organization).


2# Kelemahan atau Kekurangan E-Paspor

Yaa... Mungkin di hatimu sudah bulat nyaris 100%, memutuskan untuk menentukan membuat paspor elektro daripada paspor biasa.
Tapi semestinya kau amati dahulu apa saja kelemahan dari paspor elektronik mirip di bawah ini.

E-Paspor Lebih Ekstra dalam Menjaganya

Karena paspor elektronik mempunyai chip yang letaknya di cover depan, otomatis kau harus lebih berhati-hati dalam menjaganya.
Chip itu dihentikan tergores.
Saat meletakkan chip di dalam saku atau tas, jangan dicampur dengan asesoris berbahan logam ataupun meterial plastik yang keras. Seperti mungkin duit logam, potong kuku, gunting. Benda-benda itu memungkinkan gesekan yang mampu menghancurkan chip.
Jika chip rusak, maka E-Paspor mampu ga berfungsi lagi.

Harga/ Biaya Bikin E-Paspor Lebih Mahal

Wajar saja bukan?
Dengan dilengkapi chip super mutakhir, pasti harganya lebih mahal kalau kamu bandingkan dengan paspor biasa.
Kalau total ongkos untuk membuatpaspor lazimyang jenis 48 halaman sebesar Rp.350.000, bila E-Paspor tarifnyaRp.650.000.

Bikin E-Paspor Tidak Bisa Di Sembarang Kantor Imigrasi

Tidak semua Kantor Imigrasi melayani pengerjaan E-Paspor.
Di Jakarta saja, Kantor Imigrasi yang melayani bikin E-Paspor (per goresan pena ini terbit) ada 7, adalah : Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Tanjung Priok, Jakarta Utara dan Bandara Soekarno-Hatta.
Untuk dikala ini, per 2019 Januari, di seluruh Indonesia, ada sekitar 27 Kantor Imigrasi yang melayani pembuatan E-Paspor.
Daftar lengkap Kantor Imigrasi di Indonesia yang menerima pembuatan paspor elektronik (E-Paspor) bisa kau baca di selesai paragraph nanti ya. 
Masih setia kan, pantengin artikel ini ?...heheheh

3# Kelebihan E-Paspor dibanding Paspor Biasa

Setelah kamu tahu kehabisan E-Paspor, yuk kita let's go, baca-baca apa saja keunggulan E-Paspor.

Lebih Gampang Saat Pengajuan Visa

Negara-negara mirip Amerika, Eropa tempat barat dan Australia populer amat galak.
Mereka sangat ketat memberi ijin warga negara lain masuk kawasannya. Terutama bagi WNI dan warga negara dari daerah Timur Tengah.
Jika kamu netijen sejati, pasti tahulah gosip apa yang membuatmereka phobi pada WNI dan warga negara dari Timur Tengah.
Namun, tingkah kesulitan pengajuan visa untuk negara-negara macam Amerika itu mampu dikurangi dengan menggunakan paspor elektro.

E-Paspor Sangat Susah Dipalsu

Bahkan jikalau boleh dibilang, bukan cuma sungguh sulit, namun tidak mampu dipalsu. Berbeda dengan paspor umumyang beresiko pemalsuan.
Untuk itu tingkat doktrin negara-negara tujuan lebih tinggi bagi pemilik paspor elektronik daripada pemilik paspor biasa.

Lebih Cepat & Praktis Saat Masuk Imigrasi Negara Tujuan

Pas kau hingga di bandara atau pelabuhan negara tujuan, kamu tentu dilarang asal slonong masuk ke daerah negara tujuan.
Kamu mesti lewat yang namanya pintu imigrasi. Bagi pemegang E-Paspor, investigasi di pintu imigrasi lebih cepat dan gampang.
Petugas imigrasi cukup memindai/ men-scan E-Paspor. Kemudian kamu diizinkan lewat pintu imigrasi.
Sedangkan pemegang paspor biasa, pemeriksaan lebih lama. Karena petugas imigrasi akan memeriksa paspormu secara manual.
Mereka akan melihat data dirimu, kemudian mengecek halaman demi halaman yang ada di paspormu. 
Tuuh...lama kan ?

Pemegang E-Paspor Indonesia Gratis Visa ke Jepang

Nah itu, salah satu bentuk iktikad pemerintah Jepang kepada pemerintah Indonesia. Bukan cuma mempermudah WNI yang mau ke Jepang untuk mendapatkan visa. Bahkan gratis.
Pemilik E-Paspor Indonesia, mampu mengajukan permintaan visa gratis ke Jepang. Visa ini sering disebut dengan Visa Waiver Jepang.
Sebetulnya hal ini saling menguntungkan. Warga Indonesia yang suka jalan-jalan ke Jepang tidak butuhribet. Dan bagi pemerintah Jepang, akomodasi ini mengembangkan kunjungan pelancong asal Indonesia.
Btw...pelancong Indo termasuk 5 besar lho dalam hal jumlah wisatawan abnormal yang berkunjung ke Jepang.

4# Cara Membuat E-Paspor 


Sebagai info bagi kamu yang belum pernah keluar negeri Membuat E-Paspor Indonesia ? Pahami dulu Kelebihan  Kelemahannya !

Sebetulnya, cara menciptakan E-Paspor hampir sama dengan membuat paspor biasa. Hanya saja ongkosnya yang berlawanan.
Dan juga untuk formulir pengerjaan E-Paspor di beberapa Kantor Imigrasi ada yang diberi cap E-Paspor namun ada juga yang tidak (alias sama saja dengan formulir paspor biasa).
Langkah paling kondusif, kalau di Kantor Imigrasi yang kamu datangi tidak membedakan formulir E-Paspor dengan paspor biasa, kamu harus bilang ke petugas bahwa paspor yang mau kau bikin yaitu E-Paspor. Bukan paspor biasa.

Berikut langkah-langkah menciptakan E-Paspor :

  1. Siapkan semua dokumen tolok ukur permohonan paspor. Paspor lazimdan E-Paspor sama saja.
  2. Daftar antrian paspor online. Ya, untuk membuat paspor, sekarang ini hampir semua Kantor Imigrasi wajib mendaftar antrian secara online. Jika kau eksklusif datang ke Kantor Imigrasi tanpa menjinjing nomor antrian yang didapat secara online, kamu mampu ditolak. Nomor antrian ini berupa barcode yang harus kamu screenshoot atau dibuat pdf dan disimpan di HP-mu.
  3. Antrian paspor online bisa kamu susukan melalui aplikasi android atau lewat situs web imigrasiSaat mendaftar antrian paspor online, kau harus menentukan Kantor Imigrasi yang melayani pembuatan E-Paspor. Karena ingat ! tidak semua Kantor Imigrasi menerima pembuatan E-Paspor.
  4. Datang ke Kantor Imigrasi. Setelah mendapatkan antrian pendaftaran paspor online, datangi Kantor Imigrasi sesuai opsi kau dan sesuai acara yang kamu mampu.
  5. Penyerahan dokumen patokan dan wawancara. Sesampai Kantor Imigrasi, kamu datangi bab customer service, tunjukkan barcode (nomor antrian paspor online). Dan ingat ! bilang, kau mau membuatE-Paspor bukan paspor biasa. Setelah itu, proses wawancara dan rekam sidik jari.
  6. Proses pembayaran. Kemudian kamu akan mendapat resi pembayaran biaya paspor. Pembayaran mampu kau lakukan melalui transfer bank atau eksklusif melalui kendaraan beroda empat box POS Indonesia yang nongkrong di luar Kantor Imigrasi.
  7. Pengambilan E-Paspor. Simpan resi pembayaran dan bukti pembayaran (bukti transfer/bukti bayar dari POS). Ini harus dibawa dikala pengambilan E-Paspor nanti.
Agar kau paham betul bagaimana cara mendapat kuota antrian paspor online baik melalui aplikasi maupun website imigrasi, kau mesti baca postingan berikut.

Wajib Baca : 
  1. Cara Mendaftar Antrian Paspor Online : Panduan, Kendala & Solusi
  2. Daftar Kantor Imigrasi Yang Melayani Pembuatan E-Paspor 
Sungguh terpaksa, cara mendaftar/ mendapatkan kuota antrian paspor online mesti kamu baca di postingan lain (no.1 di atas). Begitu juga daftar Kantor Imigrasi yang melayani Pembuatan E-Paspor (no.2 di atas).
Bukan apa-apa, kalau semuanya aku tulis di artikel ini "Membuat E-Paspor Indonesia ? Pahami dahulu Kelebihan & Kelemahannya !" .. Bisa panjang kali lebar artikel ini. Dan kamu bisa ngantuk sebelum waktunya.