Blogger Jateng

Cara Screenshot SAMSUNG J2 Prime dan J2 (KOMPLIT)

Cara Screenshot SAMSUNG J2 Prime dan J2 (Screenshot Biasa & Panjang) - Samsung Galaxy J2 Prime tergolong kelompok HP samsung yang terlaris. Banyak penggunanya di Indonesia.

 Prime termasuk golongan HP samsung yang terlaris Cara Screenshot SAMSUNG J2 Prime dan J2 (KOMPLIT)

Semua tahu, bahwa J2 Prime yakni generasi penerus dari Samsung J2.

Menyasar pelanggan kelas low-end, harga ponsel berilmu ini dibanderol cukup murah. Saat rilis pertama kali di tahun 2016, ponsel ini dibanderol dengan harga kisaran 1.5 Juta rupiah. Dan di tahun 2019, harganya berkisar di 800 ribuan rupiah.

Namun tampaknya, meski sudah beredar di Indonesia sejak 2016, hingga saat ini masih banyak peminatnya.

Tapi sayang..

Di antara banyak pemilik Samsung J2 Prime (mungkin kamu salah satunya) masih banyak yang belum bisa menggunakan salah satu fitur dasar, adalah fitur screenshot. Ini dibuktikan dengan adanya 5.500 an penelusuran di google dengan keyword "Cara Screenshot di Samsung J2 Prime".

Dan selamat kau berada di halaman yang tepat !

Karena dalam waktu erat saya akan tunjukin cara screenshot pada ponsel arif Samsung J2 Prime. Plus bonus bagaimana cara screenshot panjang, fitur screenshot istimewa yang dimiliki Samsung J2 Prime.

Cara screenshot SAMSUNG J2 or J2 Prime sama saja, jadi tinggal ikuti salah satu cara di bawah.

Cara Screenshot Samsung J2 Prime dan J2 (Screenshot Biasa)


Untuk melaksanakan screenshot biasa, screenshot yang biasanya banyak diandalkan pemakai  ponsel pandai, di Samsung J2 Prime caranya cukup mudah.

Cara screenshot di HP Samsung J2 Prime hanya perlu menenkan tombol Power dan tombol Home secara bahu-membahu.

Biar kau  lebih gampang paham,berikut langkah-langkahnya secara lebih mendetail :

1. Buka Layar Samsung J2 Prime Milik Kamu

Ya, sebelum di-screenshot pasti layar HP kau mesti tebuka lebih dulu. Alias sedang kondisi aktif. Setelah layar terbuka, selanjutnya kamu atur letak/ posisi bagian yang mau di-screenshot.

Untuk hasil screenshot yang lebih cantik, kau juga bisa mengatur intensitas cahaya layar apalagi dahulu. Bila tingkat informasi cahaya telah pas, baru kau kerjakan screenshot

2. Tekan Tombol Power + Tombol Home Bersamaan

Untuk screenshot Samsung J2 Prime, caranya cukup dengan menekan tombol power dan tombol home secara berbarengan. Lihat gambar di bawah:

 Prime termasuk golongan HP samsung yang terlaris Cara Screenshot SAMSUNG J2 Prime dan J2 (KOMPLIT)

Ingat ya, mesti bersamaan !

Bukan bergiliran. Karena kalau bergiliran, layar tidak akan ter-screenshot.

Bagi sebagian pengguna ponsel cerdik, ada yang agak kesusahan kalau mesti menekan tombol Home dan Power secara serentak. Alasan inilah yang biasanya menjadi dasar besar lengan berkuasa, kenapa mereka menggunakan aplikasi screenshot dari google playstore.

3. Sesaat Setelah Screenshot, Layar Berkedip Dan Muncul Suara "Cekrek"

Sesaat sehabis kamu tekan tombol Power dan tombol Home secara serentak, layar Samsung J2 Prime akan berkedip. Dan juga muncul bunyi "cekrek", mirip suara orang memotret.

4. Hasil Screenshot Samsung J2 Prime

Setelah layar samsung J2 Prime ter-screenshot, maka akan muncul notifikasi di bab layar atas. Kamu bisa men-tap notifikasi tersebut untuk pribadi menyaksikan hasil screenshot. Kamu juga bisa melihat hasil screenshot di sajian Gallery.

Kekurangan Cara Screenshot Samsung Dengan Tombol

Tidak disanggah, cara ini ialah cara yang paling gampang. Tidak usah setang-seting, tinggal pencet saja.
Namun tetapi sayangnya...
Jikalau kamu termasuk insan yang bersungguh-sungguh screensat screenshot, penggunaan tombol bisa membuatcepat rusak tombol tersebut.
Bayangin kalau tombolnya mulai sering error, jadi susah sendiri kan ?

Cara Screenshot Panjang Samsung J2/ J2 Prime

Apa Itu Screenshot Panjang ?

Bagi kau yang belum tahu, apa itu screenshot panjang, berikut gambarannya...

Kadang untuk menyaksikan isi WA (whatsapp) atau sebuah halaman situs web, kau perlu hingga men-scrollnya. Karena isinya yang panjang, tidak muat dalam satu layar. Sehingga kau harus men-scroll untuk bisa membaca seluruh isinya.

Nah, dikala kamu ingin men-screenshot isi whatsapp atau isi halaman website yang panjang itu. Yang kau kau perlu men-scrollnya itu. Itulah yang disebut screenshot panjang.

Tidak semua smartphone mampu melakukan screenshot panjang. Samsung J2 Prime ini dibekali dengan salah satu kelebihan ini, mampu screenshot panjang.

Makara dengan screenshot panjang ini, seluruh isi whatsapp atau suatu halaman web mampu ter-screenshot seluruhnya tanpa terpotong. Lihat misalnya di bawah ini:

 Prime termasuk golongan HP samsung yang terlaris Cara Screenshot SAMSUNG J2 Prime dan J2 (KOMPLIT)

Untuk melakukan screenshot panjang Samsung J2/ J2 Prime, berikut caranya:

  • Kamu mesti membuka terlebih dulu menu Setting atau Pengaturan.
  • Selanjutnya cari dan pilih hidangan Advance Features.
  • Setelah itu, aktifkan sajian Smart Capture.
  • Saatnya kamu melakukan screenshot, ialah dengan mempersiapkan halaman yang akan di-screenshot terlebih dahulu.
  • Tekan tombol Power dan Home secara serentak dan tahan selama beberapa detik.
  • Layar akan berkedip dan muncul bunyi "cekrek". Hasil screenshot akan tampil diikuti dengan hadirnya beberapa hidangan: Capture More/ Scroll Capture, Crop dan Share.
  • Untuk melakukan screenshot panjang, pilih hidangan Capture More atau Scroll Capture. Lalu kau akan diinstruksikan untuk melaksanakan beberapa screenshot lagi.
  • Setelah proses screenshot panjang tamat, akan timbul notifikasi di atas layar. Kamu mampu tap notifikasi tersebut untuk melihat hasil screenshot.
  • Kamu juga bisa menyaksikan hasil screenshot di sajian Gallery.

Demikian 2 cara screenshot Samsung J2 Prime: Screenshot umumdan Screenshot panjang. Semoga bermanfaat.

Eeeh, ini mungkin mampu dijadiin alternatif....

Alternatif Screenshot SAMSUNG J2 ataupun J2 Prime

Selain memakai fitur bawaan dari SAMSUNG, selaku pengguna OS Android, Samsung juga bisa menggunakan aplikasi pihak ke-3 untuk aplikasi screenshot.
Silakan search di kolom pencarian google playstore, "Screenshot". Setelah timbul banyak aplikasi, piih aja yang rating bintangnya di atas 4.5 dengan jumlah download minimal 100K.