Blogger Jateng

Cara Screenshot Samsung A50 / A50S/ A51- Tombol or Fitur

Cara Screenshot Samsung A50, A50S, A51 (Tombol or Fitur) - Samsung Galaxy A50 rilis di bulan Maret 2019 dan  6 bulan setelahnya A50S hadir sebagai generasi penyempurnanya. Kemudian di Januari 2020 timbul penerusnya, Samsung A51

Samsung Varian A50-an ini menyasar segmen pasar kelompok menengah dan anak muda, ponsel cerdik ini diperkuat fitur-fitur khas anak muda.

an ini menyasar segmen pasar kalangan menengah dan anak muda Cara Screenshot Samsung A50 / A50S/ A51- Tombol or Fitur

Fitur yang menonjol seperti kamera, diberi spek yang tergolong tinggi. Tidak tanggung-tanggung, kamera belakang yang dihadirkan langsung 3 buah, dengan resolusi 25 MP (kamera utama), 8 MP (kamera ultrawide) dan 5 MP (kamera depth lens).

Kamera selfie pun dihadirkan dengan spek tinggi 25 MP dengan aperture f1.7. Plus dilengkapi screen optimizer, yang mampu membuat objek gambar sesuai objek yang diketahui.

Didukung prosesor Exynos 9610 octa-core dengan RAM 4/ 6 GB, penampilan cukup membuat puas untukk para gamer. Dicoba untuk main PUBG, sama sekali tidak nge-lag. Sangat tanpa kendala.

Plus dilengkapi baterai 4000 mAh, kapasitas ini cukup besar, sehingga gamer tidak perlu bolak-balik nge-charge ponsel pintar ini.

Tidak cukup dengan spek yang super gahar, Samsung lalu merilis Samsung A50S yang lebih ajal dari segi spek dibanding A50.

Tapi Sayang....

Jika dengan performa sekuat itu, kau (para pemilik Samsung A50 / A50s/ A51), tidak tahu bagaimana memakai salah satu fungsi dasar, ialah fungsi "Screenshot".
Untuk itu simak cara screenshot di HP Samsung A50/ A50S/ A51 berikut ini, di mana bisa kamu lakukan dengan 2 cara:

Btw, meski untuk masalah screenshot tidak ada beda antara Samsung A50, A50S ataupun A51. Simak di bawah ini tutorialnya...

1# Cara Screeshot Smartphone Samsung A50/ A50S/ A51 (Pakai Tombol)

Cara screenshot HP Samsung A50 tanpa aplikasi sangat gampang. Kamu cukup tekan secara gotong royong tombol power dan volume down (volume yang untuk memperkecil bunyi).
Lihat gambar di bawah berikut ini...
an ini menyasar segmen pasar kalangan menengah dan anak muda Cara Screenshot Samsung A50 / A50S/ A51- Tombol or Fitur

Cara Screenshot HP Samsung A50/ A50S Dengan Tombol Power & Volume Down

  • Tekan secara bersama-sama Tombol Power + Volume Down 
  • Saat kamu screenshot, layar samsung A50 akan berkedip
  • Setelah penampilan di layar ter-screenshot, akan timbul notifikasi di pojok kiri atas. Kamu bisa menyaksikan hasil screenshot dengan meng-klik notifikasi itu.
  • Kamu  juga mampu lihat hasil screenshot di Gallery

2# Screenshot Samsung A50/ A50S Dengan Fitur Palm Swipe Gesture (Tanpa Tombol)

Cara ini terbilang lebih simpel. Namun di permulaan, kau mesti mengaktifkan dulu fitur ini. Jika kau ingin menggunakan cara ini setiap kali screenshot, kamu mesti biarkan fitur ini aktif selamanya.

Salah satu keunggulan menggunakan fitur ini adalah tidak mudah mempercepat kerusakan tombol power dan tombol volume HP Samsung.

Bagi orang yang mirip aku, yang berprofesi selaku tukang dokumen dan tukang grafis, dilema screenshot ialah masakan sehari-hari. Makara bila mengandalkan pencat-pencet tombol, mungkin 2 bulan tombol HP Samsung Saya yang A50 udah mampu jebol. Rusak tidak berfungsi lagi.
Kaprikornus setelah mengaktifkannya, kamu biarkan (tanpa perlu me-nonaktifkan). Sehingga jikalau kamu butuh untuk screenshot lagi, kau tidak perlu melaksanakan pengaktifan fitur ini lagi.

Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot Samsung A50/ A50S/ A51 "Palm Swipe Gesture"

  • Buka menu Setting atau Pengaturan
  • Selanjutnya buka sajian Advance Features
  • Lalu buka menu Motion and Gestures
  • Setel fitur "Palm Swipe to Capture" dalam mode ON

Cara Melakukan Screenshot Samsung A50/ A50S/ A51

Setelah fitur Palm Swipe Gesture aktif, kamu bisa melakukan screenshot. Lihat gambar di bawah ini, semoga kau gampang memahaminya...

an ini menyasar segmen pasar kalangan menengah dan anak muda Cara Screenshot Samsung A50 / A50S/ A51- Tombol or Fitur


Cara melaksanakan screenshot sungguh mudah. Tempelkan samping telapak tangan pada layar samsung A50. Kemudian buat gerakan sapuan dari kanan ke kiri. Nanti layar akan berkedip. 

3# Bisakah Screenshot Panjang Di Smartphone Samsung A50/ A50S/ A51 ?

Bagi sebagian kamu yang belum tahu apa itu screenshot panjang, begini gambarannya...
Misal pada halaman web yang akan kita screenshot. Kan kadang ada tu halaman web yang kita buka cukup panjang. Yang untuk melihat semua isinya (dari paragraph permulaan sampai selesai) perlu di-scroll.
Nah kadang di antara pengguna ponsel pintar ada yang butuh men-screenshot 1 halaman situs web secara sarat tanpa terpotong. Jadi proses screenshot sambil men-scroll. Sehingga ter-screenshot 1 halaman website sarat tanpa terpotong.
Inilah yang disebut screenshot panjang !
Tapi sayang, pada Samsung A50 atau A50S, tidak dilengkapi fitur untuk mampu screenshot panjang. Mungkin inilah salah satu kekurangan dari Samsung A50 dan A50S.
Tapi...
Bukan bermakna kamu tidak dapat melakukan screenshot panjang di Samsung A50/ A50S. Kamu tetap mampu melakukannya. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi android yang mampu kamu unduh di google playstore.
Salah satu aplikasi screenshot panjang yang aku rekomendasikan yaitu LongShot
Kalau kamu punya inisiatif sendiri untuk mencari yang lain, cukup ketikkan "Long Screenshot" di kolom penelusuran google playstore.
Semoga artikel cara screenshot Samsung A50/ A50S ini bisa menolong kau yang lagi kebingungan untuk melakukannya.