Blogger Jateng

3 Cara Screenshot Laptop ASUS (Mudah & Simpel)

3 Cara Screenshot Laptop ASUS (Dan Laptop Lainnya) - Bagi kau yang sudah umummengorganisir dokumen, para penjual online, blogger ataupun pelopor grafis. Aktivitas screenshot tentu bukan suatu hal yang gila. Screenshot bahkan sudah menjadi salah satu wajib menu harian.

Jika kamu yakni salah satu makhluk yang gres mau melaksanakan screenshot atau baru membeli laptop ASUS namun belum tahu cara screenshot, di artikel ini saya akan bagikan caranya. Btw, bukan hanya satu..tetapi 3 sekaligus.
Bagi kamu yang terbiasa mengurus dokumen 3 Cara Screenshot Laptop ASUS (Mudah & Simpel)
Bukan apa-apa ini agar kau ada pilihan. Bisa menentukan mana yang menurut kamu tenteram. Saya sendiri telah nyaman menggunakan cara nomor 3 (yang akan saya bagikan nanti). Saya menggunakan screenshot cara 3 ini telah sekitar 4 tahun.

Dulunya aku telah menggunakan banyak sekali cara screenshot di laptop, tetapi saya rasa cara yang ada belum efektif. Secara, perhari saya mampu melakukan kegiatan screenshot hingga ratusan. Jadi jikalau mampu memperoleh cara screenshot yang efektif, pasti akan sangat meminimalisir waktu.

Jika acara screenshotmu tidak sebanyak aku, mungkin kau cukup memakai cara nomor 1 atau 2.

Dan eksklusif saja, berikut 3 cara screenshot laptop ASUS. Oya, btw...aku pengguna ASUS VivoBook Seri A442U.

1# Cara Screenshot Laptop Asus Dengan Keyboard

Cara screenshot dengan keyboard mampu dilakukan dengan beberapa cara. Bisa memakai tombol print screen, bisa memakai tombol prints creen dan logo Windows, mampu juga menggunakan variasi tombol print screen dan alt.

Namun di postingan ini, cara screenshot di laptop asus dengan keyboard hanya saya tampilkan dengan 3 cara. Mari saya jelaskan satu persatu.

1. Cara Print Screen Asus Laptop

Sebelumnya bagi kau yang belum tahu, print screen di keyboard Asus disimbolkan dengan gesekan pena prt sc sysrq. 

Untuk screenshot dengan print screen (prt sc sysrq) yang kamu kerjakan sebagai berikut:
  • Siapkan penampilan layar yang mau discreenshot
  • Tekan tombol prt sc sysrq yang ada di keyboard
  • Setelah menekan tombol prt sc sysrq, kau telah melaksanakan screenshot. Tapi kau gres mampu lihat alhasil jikalau kau mem-paste hasil screenshot di salah satu program office atau grafis.
  • Buka salah satu acara office atau grafis. Misal Ms.Word. 
  • Paste-kan hasil screenshotmu di acara yang kamu buka tadi. 
Sebagai teladan, aku men-screenshot layar detik sepakbola. Dan mem-paste nya di power point. Lihat gambar contoh di bawah.
Bagi kamu yang terbiasa mengurus dokumen 3 Cara Screenshot Laptop ASUS (Mudah & Simpel)

2. Cara Screenshot Asus Dengan Tombol Pint Screen dan Logo Windows

Untuk screenshot, prt sc sysrq juga mampu dikombinasikan dengan logo Windows.

Berbeda dengan cara sebelumnya, di mana hasil screenshot mesti di paste dahulu di acara office dan grafis. Cara screenshot ini, risikonya mampu pribadi kau lihat di folder screenshots,  di mana folder ini berada di folder picture.

Caranya screenshotnya sebagai berikut:
  • Tekan tombol prt sc sysrq dan tombol logo Windows
  • Setelah ditekan, layar laptop akan berkedip (tanda sedang screenshot)
  • Buka folder picture. Kemudian di dalam folder picture cari folder screenshots
  • Buka folder screenshots, di situlah hasil screenshotmu tersimpan

3. Cara Screenshot Laptop Asus Dengan Kombinasi Tombol Print Screen dan Alt

Cara screenshot ini, sama seperti cara pertama. Yaitu cara screenshot dengan tombol prt sc sysrq.

Caranya, tekan tombol prt sc syrq + tombol Alt - buka acara office/ grafis - paste hasil screenshot di program tersebut.

Yang membedakan yaitu, jikalau screenshot dengan cuma menekan tombol prt sc syrq akan meng-capture semua yang ditampilkan di layar laptop (termasuk taskbar Windows). Sedang screenshot dengan cara tekan tombol prt sc sysrq + Alt, bab yang ter-capture cuma yang aktif saja. Sementara task bar windows tidak ikut ter-screenshot.

2# Cara Screenshot di Laptop Asus Dengan Snipping Tool

Snipping tools adalah acara/ aplikasi bawaan Windows. Ada semenjak Windows masih versi vista. Namun jarang orang yang tahu aplikasi ini.

Untuk mendapatkan program ini bisa kamu cari Search acara Windows, denga mengetikkan "snipping tool". Lihat contohnya di gambar berikut.

Bagi kamu yang terbiasa mengurus dokumen 3 Cara Screenshot Laptop ASUS (Mudah & Simpel)
Kelebihan screenshot dengan snipping tool, kau bisa pribadi mengedit hasil screenshot. Sepeti memberi goresan pena, memberi highlight, mengcopy, men-save dll.
Cara screenshot snipping tools cukup gampang. Tinggal buka acara snipping tool. Kemudian klik hidangan new yang ada di taskbar snipping tool. Selanjutnya kamu klik kiri mouse, tahan dan tarik sesuai area yang hendak kau screenshot.

3# Cara Screenshot Dengan Aplikasi Lightshot Screenshot

Inilah aplikasi yang saya ceritakan di awal. Aplikasi screenshot yang sungguh ringan ini (ukuran file hanya 2.7 MB), udah aku pakai selama 4 tahun.
Aplikasi screenshot ini sangat cocok buat kamu yang acara screenshotnya tinggi. Mungkin puluhan hingga ratusan perhari.
Untuk menggunakannya, kau cuma perlu menginstalnya. Kemudian kau aktifkan. Setelah itu bisa kau gunakan.
Mengaktifkan aplikasi ini cukup sekali. Kaprikornus walaupun kau mematikan laptop Asusmu, lalu menyalakan lagi. Kamu tidak butuhmengaktifkan lagi aplikasi ini. Karena telah otomatis bisa dipakai lagi.
Tapi dengan catatan, kau dilarang exit dari aplikasi ini. Cara exit dari aplikasi ini sendiri yakni dengan mengarahkan cursor pada icon aplikasi ini. Kemudian klik kanan dan pilih sajian exit.
Oya, pemanis...keunggulan aplikasi ini mampu kau gunakan untuk Windows model berapapun. Bisa kau pakai juga di OS Mac. Dan juga bisa kau pakai di laptop non Asus ataupun PC.
Untuk mendowload softwarenya, mampu copy paste-kan link berikut di browsermu...
https://app.prntscr.com/en/download.html
Dan untuk isyarat rincian instalasi dan penggunaan, mampu kau baca di artikel berikut: 
KLIK DI SINI
Inilah 3 Cara Screenshot Laptop Asus. Btw...saya men-screenshot gambar-gambar yang ada di postingan ini dengan cara nomor 3. Selamat menjajal !