Blogger Jateng

Pengertian Urban Sprawl, Faktor Penyebab dan Dampaknya

Dalam kamus perkotaan sekarang terdapat perumpamaan urban sprawl, mau tau tentang fenomena tersebut?. Urban Sprawl pada dasarnya ialah kata lain untuk urbanisasi.  

Urbanisasi ialah proses perpindahan masyarakatdari wilayah pedesaan ke wilayah perkotaan. 

Dampak dari pergerakan penduduk ini yakni adanya penyebaran kota di batas pinggiran bersahabat perdesaan.

Urban sprawl didefinisikan selaku hadirnya perumahan dengan kepadatan rendah dan akomodasi komersial lain diatas lahan yang belum berkembang. 

Banyak orang yang datang dan menetap di daerah urban sprawl untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Daerah pinggiran kota dikala ini makin sesak karena kawasan kota utama yang sudah overpopulasi sehingga kota akan berupaya mendesak wilayah batas terluar dan hadirnya fenomena urban sprawl. 

Contoh fenomena ini mampu dilihat dari menjamurnya zona pemukiman gres di luar Jakarta mirip arah Citayam, Maja, Bekasi Utara, Cileungsi dll.
Urban sprawl pinggiran kota
Faktor Penyebab 
Ada banyak aspek yang menjadikan fenomena urban sprawl timbul final-akhir ini diantaranya:
1. Harga Tanah Murah
Biaya pembelian tanah di pinggiran kota umumnya lebih rendah sehingga banyak para pengembang atau penduduk mengincar tempat pinggiran selaku sasaran perluasan bisnis gres. Developer pemukiman juga banyak mengincar wilayah mirip ini.

2. Pembangunan Infrastruktur
Pembangunan kawasan yang pesat seperti jalan raya, tol, kereta api, bandara dan yang lain menjadi pembukan jalan berkembannya kawasan pinggiran. Kehadiran jalan raya membuka jalan bagi penduduk untuk melintas dan tentu saja akan sungguh menguntungkan bila mempunyai fungsi bisnis di daerah tersebut.

3. Kenaikan Standar Hidup
Adanya kenaikan kesejahteraan khususnya pemasukan seseorang maka ia punya kesanggupan membayar lebih untuk berpergian bolak-balik jarak jauh untuk melakukan pekerjaan dan kembali ke tempat tinggal. Kaum mirip ini lebih menentukan punya rumah agak jauh dari kota. 

4. Perencanaan Kota Kurang
Ada kota-kota yang sangat buruk dalam hal mutu hidup seperti macet, polusi, tidak ada pohon, panas dan lainnya. Sehingga orang akan mencari lokasi gres untuk memperoleh kedamaian di tempat pinggiran. 

5. Tarif pajak rumah rendah

Kota biasanya akan memiliki pajak properti tinggi, dan biasanya Anda dapat menyingkir dari pajak ini dengan tinggal di pinggiran luar alasannya adalah pajak umumnya lebih rendah ketimbang mereka akan berada dalam pusat bisnis atau CBD.

6. Peningkatan kemajuan penduduk

Faktor lain yang berkontribusi kepada urban sprawl yaitu pertumbuhan penduduk yang tinggi. Seiring bertambahnya jumlah penduduk kota yang tumbuh di luar kapasitas, masyarakat lokal terus menyebar lebih jauh dari pusat kota.

7. Preferensi konsumen

Orang dalam golongan berpenghasilan tinggi memiliki preferensi lebih besar lengan berkuasa terhadap rumah yang lebih besar, lebih banyak kamar, balkon yang lebih besar dan rumput yang lebih besar. 

Hal ini juga menyebabkan perkotaan karena pilihan ini tidak tersedia di kota-kota ramai. Orang umumnya melihat keluar untuk daerah pemukiman low-density di mana mereka mampu menerima rumah sesuai dengan preferensi mereka.

Dampak Urban Sprawl diantaranya yakni:
1. Peningkatan biaya hidup, pergeseran infrastruktur dan bangunan akan memperbesar beban pengeluaran harian. Pajak akan meningkat kemudian biaya transportasi ke tempat kerja dan lainnya.

2. Kemacetan, kian padat pemukiman maka kemudian lintas diputuskan kian ramai dan ini akan mengakibatkan kemacetan di beberapa titik, polusi dan kecelakaan di jalan raya.

3. Kesehatan, ketika memakai kendaraan bahkan untuk jarak bersahabat, maka orang akan lebih rentan terkena obesitas dan kepadatan kendaraan juga akan menyebabkan darah tinggi dan penyakit degeneratif lain.

4. Lingkungan, saat pengembang mulai gencar mematok tanah di wilayah pinggiran maka mereka tidak menyadarai perihal kehidupan tumbuhan fauna diatasnya yang mau terganggu. 

5. Sosial, ketika orang sering bergerak jauh ke daerah kerja maka umumnya banyak ketimbang mereka tak memiliki tetangga akrab alasannya pergi pagi buta dan pulang malam hari. Ada beberapa masalah mirip itu dan ini pastinya menjadi dilema sosial yang serius.

Seperti yang mampu Anda lihat, Urban Sprawl yakni sesuatu yang mau terus terjadi selama kita hidup di bumi ini.  

Ini bukan sesuatu yang akan berganti, namun seiring waktu tempat pedesaan akan menjadi lebih padat sebab pembangunan dan pergantian. 

Ada yang menilai ini baik dan ada pula yang menilai ini jelek. Pertumbuhan penduduk yakni suatu keniscayaan dan lahan akan menjadi taruhannya.

Populasi membutuhkan ruang tempat tinggal dan wilayah-daerah yang tadinya koson antah berantah mampu jadi di abad depan disulap menjadi pemukiman penduduk.