Blogger Jateng

Cara Cek Status NUPTK Aktif GTK

Halo kawan-kawan yang berbahagia sebangsa dan se tanah air Indonesia, kali ini aku akan coba berikan sedikit tutorial cara cek aktif tidaknya NUPTK di Kemdikbud.

Apa sih NUPTK itu dan seberapa besar keuntungannya bagi seorang pendidikan?.

Dikutip dari halaman kemdikbud, Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) ialah Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS. 

Guru yang memenuhi kriteria dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK menerima NUPTK selaku Nomor Identitas yang resmi untuk kebutuhan identifikasi dalam aneka macam pelaksanaan acara dan aktivitas yang bekerjasama dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.

NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berganti meskipun yang bersangkutan sudah berpindah tempat mengajar, pergeseran riwayat status kepegawaian dan atau terjadi pergeseran data lainnya.

GTK dapat mempunyai NUPTK dengan cara memutuskan data yang bersangkutan telah di-input dengan lengkap, benar dan valid dalam aplikasi Dapodikdasmen atau dapodikpauddikmas sesuai dengan keadaan yang bantu-membantu. 


Setelah melalui proses verifikasi dan validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan – Kemendikbud, bagi GTK yang memang belum mempunyai NUPTK akan direkomendasikan ke sekolah induk GTK secara tata cara untuk dilengkapi dokumen-dokumen yang sesuai patokan untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota lokal lewat tata cara Aplikasi Verval GTK untuk di verifikasi. 

Setelah lolos verifikasi oleh Disdik berikutnya secara sistem akan diverifikasi oleh LPMP dan bila berikutnya dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK akan mempublikasikan NUPTK bagi GTK tersebut. 
Cara memeriksa status NUPTK

Lalu bagaimana caranya mampu dapat NUPTK?. Silahkan cek di link berikut
ALUR PENGAJUAN NUPTK BARU

Apa saja keuntungan jika guru telah punya NUPTK?
1. Bisa ikut sertifikasi
2. Bisa ikut kontes-lomba skala nasional dan internasional
3. Diutamakan dikala daftar guru di sekolah kedubes SILN
4. dll

Saya sendiri mampu NUPTK sesudah hampir 9 tahun mengajar, dan dikala akan ikut PPG syaratnya adalah punya NUPTK. Jika kau sudah merasa punya NUPTK tapi tidak tahu status keaktifannya silahkan cek di link berikut: CEK STATUS NUPTK GTK