Blogger Jateng

Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi

Antrian Paspor Online : Cara Daftar, Kendala dan Solusinya ! - Dahulu masa, untuk bikin paspor (atau perpanjang paspor) mesti mengantri panjang sekali. Sampai-hingga jika ingin mendapatkan antrian awal, kita harus tiba subuh-subuh buta. 
Itupun kadang, ternyata banyak orang yang sudah berdiri antri di Kantor Imigrasi. Karena tidak sedikit yang bermalam “tidur di kendaraan beroda empat”  yang sengaja diparkir akrab Kantor Imigrasi supaya sebelum subuh bisa eksklusif ngantri pertama.


sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi

Nah, sekarang...di mana eranya semua telah serba online, Ditjen Imigrasi telah menciptakan tata cara antrian lebih mudah (katanya). Yaitu dengan membuat metode antrian paspor secara online.
Dengan sistem antrian online ini, untuk mengajukan registrasi permintaan paspor, mampu booking via online.
Saat mendaftar antrian online, kamu bisa memastikan Kantor Imigrasi mana yang kamu pilih. Kamu juga bisa memutuskan jadwal yang kau inginkan untuk datang ke Kantor Imigrasi.
Setelah sukses mendapat arahan booking antrian paspor via online, kamu tinggal mempersiapkan semua berkas/ dokumen patokan. Kemudian kamu tiba ke Kantor Imigrasi sesuai dengan acara (jam dan tanggal) yang telah kau bisa via online.
Membayangkan alur pendaftaran antrian paspor via online mirip di atas, kayaknya enak dan mudah banget ya. Datang ke Kantor Imigrasi sesuai opsi kamu. Jadwal juga sesuai jam dan tanggal yang kamu pilih.

Namun, Apa Benar Semudah Itu Mendaftar Antrian Paspor Online ?

Sayang..faktanya tidak segampang itu kawan !
Di postingan ini aku akan diskusikan semua, seluk beluk antrian online paspor, mekanisme dan permasalahan-permasalahannya. Tentunya akan saya diskusikan juga penyelesaian dari urusan tersebut.
Untuk membicarakan dengan komplit dan sejelas-jelasnya. Agar kamu paham dengan sepaham-pahamnya, sedetail-detailnya, postingan ini akan cukup panjang. Stay tune...

Berikut Daftar Bahasan Artikel “Antrian Paspor Online”  

    1# Cara Daftar Antrian Paspor Online

    2# Masalah Utama Antrian Online Paspor  (dan Solusinya)

    3# Info Tambahan Terkait Paspor Online


1# Cara Daftar Antrian Paspor Online (Wajib Tahu Detailnya)

Sebelum masuk ke detail cara mendaftar antrian paspor online, perlu saya jelaskan bahwa daftar antrian secara online berlaku bukan hanya untuk kau yang mau bikin paspor baru. Tapi juga berlaku bagi kau yang hendak memperpanjang paspor.
Namun untuk problem kehilangan paspor atau paspor rusak, tata cara antrian online ini tidak berlaku.
Daftar antrian paspor online ini berlaku baik untuk pembuatan/ perpanjangan paspor umumataupun e-paspor (paspor elektro).
Baik, kini mari saya bahas cara mendaftar antrian online paspor. Di mana cara mendaftar antrian paspor secara online mampu dilaksanakan 3 cara :
  1. Via Whatsapp (WA)
  2. Daftar lewat aplikasi ponsel pintar
  3. Daftar lewat situs web imigrasi


1.1# Daftar Antrian Online Paspor Via WA

Langkah-langkah cara memperoleh antrian online melalui whatsapp :
  • Tentukan dahulu di Kantor Imigrasi mana kau mau buat paspor.
  • Setelah itu cari berita no. whatsapp/ WA kantor imigrasi tersebut. Yang digunakan selaku nomor layanan paspor whatsapp gateway service.
  • Kirim WA ke nomor tersebut dengan format #Nama#TanggalBulanTahun lahir#Tanggal Kedatangan ke Kantor Imigrasi

Contoh Daftar Antrian Paspor Online Via WA: Budi mau daftar antrian online lewat WA. Budi lahir di tanggal 17 Agustus tahun 1992. Budi mau pilih acara kehadiran ke Kantor Imigrasi di tanggal 2 Januari 2020. Maka format WA yang harus diketik Budi : #Budi#17081992#02012020
Update per Agustus 2019 : Sebelumnya ada 26 Kantor Imigrasi yang menerima pendaftaran paspor melalui WA, tetapi kini Kantor Imigrasi Jakarta pusat mulai memindahkan metode pendaftaran melalui WA ke registrasi via web dan via aplikasi. 
Untuk aplikasi pendaftaran antrian paspor bisa kamu unduh di playstore.
Jadi pendaftaran via WA (terutama di Imigrasi Jakarta Pusat) dihapus dan dialihkan ke registrasi via aplikasi atau web. Informasi resmi perubahan ini bisa kamu  cek di situs Dirjen Imigrasi di laman berikut:

https://jakartapusat.imigrasi.go.id/layanan-publik/registrasi-layanan-paspor-online

1.2# Cara Daftar Antrian Paspor Online Via Aplikasi

Berikut ini step by step menerima antrian paspor dengan menggunakan aplikasi ponsel pintar. Cuman, saat ini hanya tersedia di aplikasi android.
Buat kau pengguna iPhone, silahkan pinjam ponsel pandai android punya abang, adik atau kerabat. Tapi tidak usah cemas, kedepannya juga akan dikembangkan aplikasi pendaftaran paspor secara online berbasis iOS.
Langkah-langkah pendaftaran antrian online paspor melalui aplikasi ponsel pintar :
  • Buka google playstore dan ketikan di pencarian “layanan paspor online” (tanpa tanda petik), kemudian muncul mirip di bawah.
sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi

  • Kemudian pilih INSTALL. Tunggu proses download dan instal sampai final. Setelah terinstall, buka aplikasinya dan akan timbul seperti gambar di bawah.
sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi
  • Centang kotak “Saya baiklah” dan “izinkan” aplikasi layanan paspor online untuk ambil foto dan rekam.
sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi
  • Selanjutnya ada ketentuan ‘BACA TERLEBIH DAHULU”, kemudian pilih lanjutkan dan akan muncul gambar berikut.


  • Silakan daftar dengan akun google atau facebook yang kamu punya. Setelah daftar, kemudian login  dengan akun google atau facebook tersebut. Berikutnya kamu mesti mengisi form seperti gambar berikut. Isi data diri kamu sesuai KTP !

sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi
  • Setelah berhasil daftar, silakan PILIH KANTOR. Pilihlah Kantor Imigrasi yang mau kamu pakai untuk pengajuan permintaan paspor.

sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi


  • Kemudian isi jumlah pemohon (satu pendaftaran bisa untuk 5 pendaftaran) dan isi juga jadwal undangan yang tersedia.

  • Setelah sukses mendaftar, akan timbul barcode. Simpan barcode tersebut dengan cara di screenshoot atau di pdf-in dan bawa saat kau datang ke Kantor Imigrasi.


Langkah berikutnya kau datang ke Kantor Imigrasi sesuai acara yang sudah kamu dapat dengan menjinjing semua dokumen tolok ukur plus barcode antrian online.


1.3# Cara Daftar Antrian Paspor Online Via Website

Untuk proses kanal lebih gampang, sungguh dianjurkan memakai browser google chrome.
  • Buka browser chrome, datangi laman berikut,  https://antrian.imigrasi.go.id/
  • Kemudian masuk dengan akun atau password (jika telah punya) atau pilih salah satu untuk masuk, mampu lewat akun google atau akun facebook. Makara kamu mesti punya akun google atau facebook sebelumnya.
sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi
  • Saran aku, memakai akun google saja. Karena untuk aktivasi nanti mampu sekalian memakai email google itu.
  • Setelah masuk (dalam contoh ini aku memakai akun google) akan tampil pengumuman PERHATIAN !. Baca semuanya dengan detail dan ikuti apa yang tercantum di pengumuman tersebut. Setelah itu pilih “OK, Mengerti”
sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi
  • Selanjutnya timbul Registrasi Form. Isi semua data diri SESUAI DENGAN KTP !
  • Setelah semua Registrasi Form terisi lengkap, pilih "Simpan". Jika registrasi sukses pilih OK.
  • Dan sekarang saatnya, kamu tinggal menentukan kantor imigrasi yang akan kamu pakai untuk pengajuan pembuatan paspor. Caranya dengan pilih “Buat Permohonan” di Kantor Imigrasi yang kamu pilih.

  • Selanjutnya pilih agenda pengerjaan paspor (tanggal dan jam).

sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi


2# Antrian Paspor Via Online, Masalah Utama (dan Solusinya)

Kalau melihat sistem pendaftaran paspor online mirip pembahasan di atas, rasa-rasanya praktis sekali menciptakan paspor dengan menerima antrian-nya secara online. Tanpa harus datang pagi-pagi ke Kantor Imigrasi buat rebutan nomor antri.
Namun, perlu kamu ketahui ada problem utama yang nyaris selalu di alami para kandidat pendaftar paspor. Yang kadang membuatstres dan putus asa. Dan jadinya, ujung-ujungnya nyerah buat paspor sendiri, kemudian menyerahkan problem paspor ke Biro Jasa.
Kendala atau masalah utama yang sering (bahkan senantiasa) ada saat hendak mengambil antrian online adalah Susahnya Mendapatkan Kuota Antrian Paspor Online !
Mendapatkan kuota antrian online paspor  itu gampang-mudah sulit. Tapi hingga tulisan ini diterbitkan, lebih banyak susahnya….hehehe..ini positif. Suerrr....
Kalau lagi mujur, sekali daftar eksklusif mampu mendapatkan kuota. Tapi jika lagi apes, seminggu bahkan sebulan lebih, belum pasti kau mampu mendapatkan kuota antrian online.
Ketika hendak menentukan acara antrian online di Kantor Imigrasi yang akan kamu tuju, yang sering terjadi ialah KUOTA BELUM DIBUKA dan KUOTA HABIS.
Bahkan yang lebih parah, terkadang antrian online paspor baru buka, belum ada setengah jam sudah pribadi habis.

Sehingga antrian paspor online tidak bisa pilih tanggal !

Ya...sebab bagaimana mungkin kita akan pilih tanggal / program ? sementara antrian online kuotanya belum dibuka atau kuota habis.
sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal Antrian Paspor Online: Cara Daftar, Kendala & Solusi
Dalam seharinya, rata-rata tiap kantor imigrasi memberikan kuota sebanyak 200 pendaftaran paspor. Yang sering terjadi, begitu kuota antrian dibuka, dalam hitungan menit umumnya langsung habis.
Ini terjadi (mungkin) alasannya begitu banyaknya pendaftar paspor, sementara pihak imigrasi cuma menawarkan kuota 200/hari. Sehingga banyaknya pendaftar paspor tidak mampu tertampung semua.

Solusi Masalah Kuota Antrian Online Paspor 

Jika kau telah bolak balik buka website atau aplikasi registrasi antrian paspor, namun belum juga menerima kuota, berikut 2 cara yang harus kamu kerjakan.

Pertama, Pantau Terus Twitter Kantor Imigrasi

Ya,kamu bisa mengawasi twitter milik Kantor Imigrasi. Bagi kamu yang di Jakarta, silakan pantau twitter kantor imigrasi Jaktim, Jakut, Jakpus, Jakbar dan Jaksel. Masing-masing punya akun twitter sendiri.
Pantau status kapan kuota baru akan dibuka. Tapi anjuran terbaik dari aku yakni kamu yang proaktif, dengan menanyakan langsung via twitter, kapan kuota antrian baru akan dibuka lagi.

Kedua, Cek Tiap Jam Status Langsung di Website Pendaftaran Antrian Online

Cara kedua  ini lebih efektif. Caranya, dari mulai jam 5 Sore hingga jam 5 pagi, kau buka laptop dan tiap jam cek status kuota di BEBERAPA KANTOR IMIGRASI di tempat kamu.
Karena memperoleh kuota antrian online begitu susahnya, kau tidak usah sok-sok an, cuma mau mendaftar paspor di Kantor Imigrasi yang bersahabat dengan lokasi atau rumah kamu.
Misal kau di Jakarta, pantaulah status semua Kantor Imigrasi yang berada di Jakarta.


Detailnya ikuti langkah berikut :
  • Dari jam 5 sore, jikalau kamu gres pulang kerja malam, bisa mulai dari jam 8 malam, bukalah situs web registrasi antrian online dan login di akun antrian paspor yang sudah kamu punya.
  • Sebaiknya buka lewat laptop, bukan melalui HP. Karena lebih yummy di mata untuk menentukan-milih Kantor Imigrasi.
  • Di bagian search, seleksilah JAKARTA (aku lingkari mereah gambar di bawah). Lalu tampil semua Kantor Imigrasi yang ada di Jakarta.

  • Nah setiap jam sekali, cek status buat permohonan di tiap-tiap Kantor Imigrasi.
  • Tonkrongin itu website registrasi paspor online hingga jam 5 pagi. Kalau lagi mujur, sekitar jam 10 hingga jam 12 malam, kau sudah mampu mendapat satu slot kuota di salah satu Kantor Imigrasi.

3# Info Tambahan (Penting) Terkait Paspor Online

Berikut beberapa info terkait paspor yang kadang kurun menjadi watu sandungan bagi beberapa orang, karena ketidaktahuan mereka.

Hindari penghapusan antrian paspor online !

Kita telah diskusikan panjang lebar mekanisme mendapatkan kuota antrian online paspor dan Kita tahu betapa sulitnya mendapatkan antrian online.
Jika Anda telah mendapatkan antrian,maka sangat disayangkan kalau kemudian Anda membatalkannya.
Selain itu, jikalau Anda membatalkan antrian online atau tidak hadir ke Kantor Imigrasi dikala acara pengumpulan dokumen, foto dan interview maka selama 30 hari ke depan Anda tidak akan mampu mendaftar lagi.
Selama 30 hari akun Anda sama sekali tidak mampu digunakan untuk mendaftar. Jika Anda meng-akali dengan cara menciptakan akun baru, tetap saja tidak akan mampu mendaftar antrian online. Karena nomor KTP Anda sudah terdata.

Wajib Ikuti Aturan Pakaian Saat ke Kantor Imigrasi 

Jangan hingga Anda sudah kecapekan-kecapekan dan sukar-sukar berjuang menemukan kuota antrian online, giliran tiba waktunya pengumpulan berkas patokan, foto dan interview, Anda ditolak memasuki Kantor Imigrasi.
Dengan alasan, busana Anda tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan Kantor Imigrasi !
Di larang pakai sandal jepit. Tidak boleh pakai celana pendek. Tidak boleh pakai kaos tanpa kerah. Wanita dilarang pakai rok mini. Dilarang pakai baju tanpa lengan.

Membuat Paspor Online TIDAK SAMA Dengan E-Paspor

Beberapa orang salah kaprah. Dikira mendaftarkan paspor secara online, mempunyai arti nanti paspor yang dibuat yakni paspor elektronika atau E-Paspor.
Perlu aku tegaskan lagi, Paspor Online hanyalah tata cara cara mendapatkan antrian untuk membuat atau memperpanjang paspor. Di mana dahulu, orang harus antri di Kantor Imigrasi, sedang sekarang untuk memperoleh nomor antrian cukup secara online.
Adapun jenis paspor yang akan Anda peroleh, tergantu Anda mau menciptakan paspor jenis apa.

Perpanjang Paspor TIDAK SAMA Dengan Penggantian Paspor

Salah kaprah yang juga sering terjadi adalah memperpanjang paspor dianggap sama dengan mengganti paspor. Padahal hal ini ialah 2 hal berlawanan.
Perpanjang paspor memiliki arti nomor paspor Anda masih menggunakan paspor lama. Tetapi karena kala berlaku habis, maka Anda harus memperpanjangnya.
Sedangkan mengganti paspor, nomor paspor yang Anda dapatkan yaitu nomor paspor baru. Berbeda dengan nomor paspor Anda yang sebelumnya.

Mengurus Paspor Tidak Harus Sesuai Domisili

Banyak yang menduga bahwa membuatpaspor mesti sesuai domisili. Padahal, untuk membuat paspor bisa di luar domisili.
Tentunya bagi Anda yang membuat paspor di luar domisili, ada beberapa kriteria tambahan yang harus ditambahkan.
Semoga artikel “Antrian Paspor Online : Cara Daftar, Kendala dan Solusinya” mampu menolong memecahkan urusan kamu-kamu sekalian yang selama ini selalu kesulitan memperoleh kuota antrian online.