Blogger Jateng

Soal PPG Geografi Daljab Pendekatan Geografi (Keruangan, Kelingkungam Kewilayahan)

Halo sahabat-sahabat guru seperjuangan, kali ini lanjut lagi kita akan berikan pola soal PPG Dalam Jabatan Geografi tentang materi pendekatan geografi. 

Silahkan dishare ke teman-sobat yang lain dan jangan lupa untuk terus berlatih dan berjuang untuk mendapatkan akta profesional guru
Indikator : Mampu menguasai dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan bahan geografi secara luas dan mendalam
Soal PPG Daljab Pernyataan berikut yang memberikan kajian geosfer dengan pendekatan ekologi adalah ...
A. Pemanasan global terjadi tamat massifnya industrialisasi, pembakaran hutan, dan polusi dari kendaraan bermotor sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran tanah, air, dan udara.
B. Tanah yang terletak di pinggir jalan raya mempunyai harga lebih mahal dibandingkan yang di pedalaman
C. Rumah yang dibangun di pegunugan relatif berlawanan dengan yang di pesisir sebab lingkungannya berlawanan
D. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakatkota sangat kompleks alasannya adalah undangan harus memenuhi keperluan sehari-hari dan menghadapi tantangan lingkungan
E.  Sebagai negara riskan bencana, pendidikan mitigasi insiden perlu diberikan terhadap siswa semenjak SD

Jawaban: A
Geografi adalah imu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan, kewilayahan, dalam konteks keruangan. Di dalam pengkajian geografi secara terintegrasi, terdapat tiga pendekatan utama dalam kajian ilmu geografi, ialah sebagai berikut.
1. Pendekatan Spasial (Keruangan). 
Analisis keruangan ialah pendekatan yang khas dalam geografi alasannya ialah studi perihal keragaman ruang muka Bumi dengan menelaah masing-masing faktor-faktor keruangannya. 
Aspek-aspek ruang paras Bumi mencakup aspek lokasi, keadaan alam, dan kondisi sosial budaya masyarakatnya. Dalam mengkaji aspek-aspek tersebut, spesialis geografi sungguh memperhatikan aspek letak, distribusi (persebaran), interrelasi, serta interaksinya. 
Salah satu acuan pendekatan keruangan yakni selaku berikut. Sebidang tanah harganya mahal sebab tanahnya subur. Sebidang tanah harganya mahal alasannya letaknya di pinggir jalan. 

Pada acuan tersebut, yang pertama ialah menganggap tanah menurut produktifitas pertanian, sedangkan yang kedua menilai tanah menurut nilai ruangnya yakni letaknya yang strategis.
Pemanasan global mengakibatkan pergeseran iklim
2.    Pendekatan Ekologi (Lingkungan).  Pendekatan lingkungan didasarkan pada salah satu prinsip dalam disiplin ilmu biologi, yakni interrelasi yang menonjol antara makhluk hidup dengan lingkungannya. 

Di dalam analisis lingkungan, geografi menelaah tanda-tanda interaksi dan interelasi antara unsur fisikal (alamiah) dengan nonfisik (sosial). 
Pendekatan ekologi melakukan analisis dengan menyaksikan pergeseran bagian biotik dan abiotik dalam keseimbangan ekosistem suatu daerah. 

Misalnya, suatu padang rumput yang ditinggalkan oleh kawanan binatang pemakan rumput akan mengakibatkan terjadinya perubahan lahan dan kompetisi penghuninya. 

Simpulannya adalah pendekatan kelingkungan menekankan pada efek interaksi mahluk hidup bagi perubahan susunan sebuah ruang.
3.    Pendekatan Regional (Kompleks Wilayah). 
Analisis kompleks daerah membandingkan aneka macam kawasan di paras Bumi dengan memperhatikan aspek-aspek keruangan dan lingkungan dari masing-masing daerah secara komprehensif. 

Contohnya, daerah kutub pasti sungguh berlawanan karakteristik wilayahnya dengan daerah khatulistiwa. Pendekatan kompleks kawasan yakni variasi aspek keruangan dan kelingkungan.