Blogger Jateng

Langkah-Langkah Menyusun RPP Model Saintifik Abad 21

Lesson plan alias rencana pelaksanaan pembelajaran alias RPP merupakan sebuah script pembelajaran yang hendak dilaksanakan. 

Menyusun RPP yang anggun butuh bekal ilmu dan jam melayang sehingga tidak asal kopas saja. Model RPP era 21 yaitu model saintifik. 

Model saintifik adalah pembelajaran yang membuat siswa untuk berfikir memecahkan suatu problem. 

Guru tidak lagi seorang orator tukang pidato di kelas, namun sekarang menjadi sutradara alias fasilitator pembelajaran.

Guru jaman now adalah guru yang bertentangan dan melek digital. Budaya guru abad 21 ialah mengganti konvensional kearah digital online. 

Tidak ada lagi ceramah full di kelas, ulangan kertas, tugas nulis di papan tulis. Semua diarahkan ke online mirip Ujian online, pembelajaran berbasis dilema kolaboratif, Diskusi online dll.
Langkah-Langkah Menyusun RPP Model Saintifik Abad 21

Berikut ini langkah-langkah penyusunan RPP saintifik era 21
1. Menyiapkan materi yaitu silabus, buku sumber yang berhubungan, sintak dari urutan versi-versi pembelajaran yang dipilih, menginventarisasi sumber mencar ilmu lain yang mungkin aplicabel dan bisa dimanfaatkan selaku akomodasi pembelajaran. 

2. Setelah merencanakan silabus dan bahan lalu: menyelidiki silabus mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar (KD), memilih tujuan berbagi pembelajaran, klasifikasi jenis evaluasi, menentukan alokasi waktu, memilih sumber berguru.

3. Langkah pembelajaran versi saintifik ada 5 ialah: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan. Kelima tahapan ini wajib timbul di RPP jadi kekhasan dari RPP masa 21 saintifik yaitu pada kelima faktor ini bapak/ibu.

4. KD-KD diorganisasikan ke dalam 4 KI. KI -1 bekerjasama  dengan sikap diri kepada Tuhan. KI - 2 berhubungan dengan karakter diri dan sikap sosial.  KI - 3 berisi KD perihal wawasan terhadap bahan latih, sedangkan KI - 4 berisi KD perihal penyuguhan keahlian.

KI - 1dan KI -2 harus dikembangkan dan ditumbuhkan lewat proses pembelajaran setiap materi pokok yang tercantum dalam KI - 3 maupun KI - 4 untuk semua mata pelajaran. KI - 1 dan KI - 2 tidak diajarkan langsung namun indirect teaching pada setiap kegiatan pembelajaran.  

Baca juga: Contoh RPP Geografi Abad 21