Blogger Jateng

Ide Kegiatan Inspiratif Awal Semester Pertama Masuk Kelas

Tak terasa tahun pedoman gres sudah di depan nih guru-guru sekalian. Nah tentu saja banyak sahabat-sobat yang gundah kan nyari kegaitan apa aja sih yang tepat dilakukan dikala awal tahun fatwa baru alias pertama masuk kelas?. 

Apakah gaspol pribadi ngasih materi?. Idealnya sih jangan dahulu ya, alasannya siswa dan guru nya pasti belum panas, masih hawa-hawa liburan kan.

Nah berikut ini aku akan berikan acuan pandangan baru program kelas saat awal tahun pemikiran baru biar siswa gak borong dan guru nya gak resah. 

Sebelumnya jangan lupa share ke teman-teman ya dan dukung terus blog ini dengan klik tombol like di bawah.

Contoh kegiatan kelas permulaan semester
1. Perkenalan 
Nah hal pertama yang niscaya akan kita kerjakan yaitu perkenalan. Buatlah sesi perkenalan ini sebaik mungkin sehingga siswa mampu have fun dan dalam satu hari sudah bisa mengenal satu sama lain, meskipun tentu saja gak bakal langsung semua kenal ya.

Ada banyak jenis games perkenalan yang mampu kamu cari di google. Kalau nyambung geografi misal mampu dengan mengenalkan nama, daerah tanggal lahir, alamat tetapi pakai google earth di depan kelas. 

Wah keren tuh. Jadi siswa sudah diminta nanti menawarkan lokasi alamat, tempat lahir dengan google map. Secara tidak pribadi siswa sudah dikenalkan dengan SIG, dan ini pasti membuat mereka tertegun. 

Kita bisa tahu juga mereka paham ga ihwal lokasi-lokasi di Indonesia. Kalau yang gak tahu niscaya nanti di bully. ups. Lumayan kan 2x45 menit bisa seru-seruan di kelas. Pasti kau akan jadi guru yang digemari siswa nanti.
Kegiatan permulaan tahun ajarna baru inspiratif
2. Ice Breaking
Ice breaking yakni salah satu aktivitas yang mampu dilaksanakan di awal masuk kelas semester gres. Carilah model-model ice breaking yang aplikatif di google sehingga bawah umur bisa berpartisipasi langsung dan tidak statis. 

3. Motivasi
Pemberian motivasi juga mampu menjadi salah satu acara permulaan tahun fatwa gres yang menarik. Tapi jangan 2 jam pelajaran full guru ceramah, alasannya niscaya tidur. Buatlah sesi motivasi yang menciptakan terjadinya komunikasi dua arah. 

Kita mampu meminta siswa menulis motivasi di kertas tentang kenapa masuk sekolah ini? apa tujuan kau ke depan? apakah suka geografi atau engga?. Nah dengan begini pasti kita akan tahu kesanggupan tulis awal siswa. Lumayan kan?. 

4. Penyampaian Rencana Pembelajaran
Di permulaan tahun anutan gres juga lazimnya guru akan menunjukkan planning kegiatan belajar dalam satu semester. Guru menyampaian tata tertib pelajaran, cara pengerjaaan soal harian, kelompok atau remedial, kkm dan lainnya. Dengan begini siswa akan tahu perihal kebijakan guru masing-masing di sekolah.

Itulah 4 kiat program awal tahun ajaran baru di kelas. Pastinya sahabat-teman punya banyak lagi ide yang mampu dilaksanakan dan dishare. Selamat mendidik dan jangan mengalah.